Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!

Ternyata jasa-jasa Kartini telah menginspirasi beberapa karakter perempuan di Anime!

Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!

Siapa sih yang enggak kenal dengan sosok Raden Adjeng Kartini? Tokoh pahlawan asal Jepara ini memiliki jasa yang sangat besar dalam menuntut hak-hak kaum perempuan di masanya. Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya dalam mengangkat harkat derajat kaum perempuan, maka setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang notabene merupakan tanggal lahir beliau.

Nah ternyata sosok Kartini ini enggak cuma ada dalam sejarah bangsa Indonesia. Banyak juga karakter-karakter anime yang punya kesamaan dengan pahlawan perempuan Indonesia tersebut, seperti beberapa karakter anime perempuan ini:

1. Sakura - Naruto Shippuden

Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!Crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Mungkin banyak yang mengira kalau Kartini menjadi sosok yang sangat disegani dan memiliki pemikiran revolusioner karena ia mengenyam pendidikan yang cukup. Tapi nyatanya dia tidak pernah merasakan bangku sekolah. Wawasan luas itu, dia miliki dari hobinya yang sangat rajin membaca buku-buku dan surat kabar.

Sifat rajin inilah pada akhirnya mengantarkan Kartini menjadi pelopor hak-hak perempuan di Indonesia. Bisa dibilang, sifat rajin Kartini ini juga dimiliki oleh Sakura di anime Naruto Shippuden. Ketika masuk sekolah ninja, Sakura bukanlah murid yang memiliki keahlian bela diri yang baik. Namun berkat keuletannya berguru ninjutsu dan ilmu medis pada Tsunade, akhirnya Sakura bisa bertarung secara fleksibel dan efisien.

2. Shizuka - Doraemon

Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!alphacoders.com

Kartini juga memiliki sifat kasih sayang yang tinggi lho. Khususnya pada anak-anak perempuan didiknya. Ini dibuktikan ketika ia berkata kepada nyonya Abendanon “Moga-moga saya diperbolehkan memangku anak-anak itu dan saya akan mengasihi anak-anak itu”, ucap dia. Bisa dibilang sifat kasih sayang Kartini ini terdapat juga dalam karakter Shizuka dalam anime Doraemon. Sifat kasih sayang Shizuka bisa terlihat ketika ia sering sekali membantu Nobita dalam menghadapi berbagai masalah, terutama dalam hal mata pelajaran sekolah. Shizuka dengan sabar membimbing Nobita supaya tidak mendapatkan nilai nol lagi sewaktu ujian.

3. Ran Mouri - Detective Conan

Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!comicbook.com

Perjuangan Kartini untuk menjunjung tinggi hak-hak perempuan tidaklah gampang. Banyak halangan dan rintangan yang harus Kartini hadapi untuk menggapai cita-cita mulia tersebut. Untungnya dengan sifat optimis dan pantang menyerah, pada akhirnya Kartini bisa menggapai cita-cita kaum perempuan yaitu mendapatkan pendidikan yang setara dengan pria.

Nah, sama halnya dengan Ran Mouri yang memiliki rasa optimis tinggi dan pantang menyerah untuk kembali bertemu dengan Shinichi Kudo. Ran selalu berharap jika suatu saat nanti ia dapat melihat Shinichi Kudo yang telah lama meninggalkannya. Rasa optimis itu selalu ditunjukan Ran ketika teman-temannya membujuk untuk melupakan Kudo, namun Ran menanggapi jika Shinichi suatu saat pasti akan kembali. Oh, dan tentu saja keahliannya dalam karate juga mengukuhkan dia untuk masuk di daftar ini.

4. Bulma - Dragon Ball

Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!imdb.com

Kamu pasti tau dong Kartini berasal dari keluarga bangsawan. Tapi meskipun begitu, Kartini nggak mau diperlakukan spesial di lingkungannya. Ia ingin dipandang sebagai rakyat biasa yang hidup dengan status sama. Mungkin salah satu karakter anime perempuan yang punya sifat ini adalah Bulma. Di anime Dragon Ball, Bulma diceritakan sebagai anak dari seorang profesor jenius yang menciptakan berbagai peralatan canggih seperti Capsule Corp. Meski berasal dari keluarga kaya raya, enggak ada keangkuhan yang terpancar di dirinya. Bahkan Bulma membantu Son Goku ketika sama-sama mencari bola naga lewat alat penemuannya, radar dragon.

5. Riko Aida - Kuroko No Basket

Ternyata Sifat Kartini Juga Dimiliki oleh 5 Karakter Anime Perempuan Ini!crunchyroll.com

Kartini memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, terbukti ia tak segan mengungkapkan pendapat kaum minoritas meskipun banyak menerima tantangan dari berbagai pihak termasuk kedua orang tuanya. Jiwa kepemimpinan lainnya juga diperlihatkan ketika ia dapat mempengaruhi orang-orang untuk yakin dengan pemikiran-pemikiran dia mengenai hak kaum perempuan.

Nah sifat leadership ini juga dimiliki oleh Riko Aida, pelatih basket dalam anime Kuroko no Basket. Riko Aida berhasil memimpin klub basket yang diasuhnya menjadi salah satu tim basket terhebat. Ini tak lepas dari jiwa kepemimpinan Riko saat melatih. Ia tak segan untuk memberikan latihan yang sangat berat jika permainan timnya buruk atau juga memberikan ciuman jika tim memenangkan pertandingan.

Menurut kamu masih ada lagi enggak anime perempuan yang memiliki sifat seperti Kartini? bisa kasih tahu kita di kolom komentar ya!

Baca Juga: 15 Karakter Anime Terganteng Beserta Judul Animenya

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU