MejaKita, Website yang Bisa Bantu Kamu Belajar dan Bikin PR!

MejaKita

Di masa sekarang ini, ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk belajar dan saling berbagi ilmu di dunia maya. Salah satunya seperti sebuah startup yang diinisiasi oleh sepuluh pelajar SMA Indonesia yang bernama MejaKita ini.

MejaKita.com adalah sebuah platform interaktif yang dirancang khusus sebagai ruang bagi siswa-siswi di Indonesia untuk berbagi ilmu dan saling belajar bersama. Seluruh materi pelajaran di website ini tidak berbayar dan disajikan dengan gaya bahasa yang luwes dan mudah dicerna oleh anak muda. Dengan adanya MejaKita ini, kegiatan belajar mengajar tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Cukup dengan melakukan registrasi email atau login dengan akun media sosialnya, pengguna dapat bergabung dan belajar bersama dalam setiap forum MejaKita dari manapun dan kapanpun.

“Tak dapat dipungkiri bahwa kualitas bahan ajar dan teknik mengajar yang disampaikan setiap sekolah di Indonesia saat ini belum merata,” ungkap Sandiaga Salahuddin Uno, Social Entrepreneur seperti dikutip dari pernyataan resminya. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain keterbatasan biaya, keterbatasan sumber daya pengajar, keterbatasan akses, sarana dan prasarana. Persoalan-persoalan inilah yang berusaha dijembatani dengan cerdas oleh MejaKita,” lanjutnya.

“Kami percaya setiap anak bangsa bisa membuat perubahan untuk kemajuan Indonesia. Tekad ini diawali dengan berbagi apa yang kita miliki dan dengan melayani sesama,” tutur CEO & Co-Founder MejaKita.com, Aktsa Efendy. “MejaKita adalah langkah pertama kami dalam berbagi, melayani, dan mewujudkan cita-cita membangun bangsa yang cerdas, berwawasan, dan mandiri,” lanjutnya.

Saat ini MejaKita sudah menyajikan materi dari empat mata pelajaran untuk tingkat menengah pertama (SMP), yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi dengan forum diskusi yang dapat dimanfaatkan untuk tanya-jawab. MejaKita juga menyediakan fitur “Tanya PR” untuk memudahkan pengguna dalam bertanya soal Pekerjaan Rumah (PR) langsung dengan para kontributor.

MejaKita

MejaKita pun senada dengan konsep peer tutoring yang diimplementasikan di banyak negara maju. Peer tutoring memasangkan siswa dengan kemampuan akademik di atas rata-rata dengan siswa yang memiliki kemampuan akademik di bawahnya untuk saling membantu dan mentransfer ilmu. Hal ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif maupun kemampuan sosial pada anak-anak. Oleh karena itu, MejaKita hadir untuk memudahkan siswa dalam belajar dan melakukan online peer tutoring sehingga mereka dapat berkontribusi tanpa berbatas ruang dan waktu.

Pengembangan platform ini juga difasilitasi oleh Dicoding sebagai online platform yang menghubungkan kebutuhan publik akan teknologi dengan keahlian para developer di Indonesia. Sejak diumumkannya sebagai salah satu bagian dari challenge, pembuatan MejaKita langsung mendapat sambutan hangat dari para developer. “Kami bangga dapat bekerjasama dan mendukung tim MejaKita dalam mewujudkan ide membuat platform belajar mengajar interaktif bagi kemajuan pendidikan di Indonesia,” tutur CEO Dicoding, Narenda Wicaksono.

Tertarik untuk belajar bersama di MejaKita? Kamu hanya perlu mengunjungi website resminya dan mendaftarkan dirimu. Kamu bisa membuat akun baru, atau dengan mengkoneksikan akun media sosialmu seperti Facebook dan Google Plus.


SHARE
Previous articleMisteri Suicide Squad, dan Hubungannya dengan Pertarungan Batman V Superman!
Next articleUntuk Mengenang Jasanya, 5 Film Ini Cocok Banget Ditonton saat Hari Kartini
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.