Produksi Xbox 360 Dihentikan Microsoft, Bagaimana Nasib Gamer-nya?

cover-xbox360

Ada yang baru, yang lama pun harus siap digantikan. Yap, setelah kurang lebih 10 tahun menemani gamer di seluruh dunia, semalam (20 April 2016) Microsoft mengkonfirmasikan bahwa mereka menghentikan produksi Xbox 360. Bukan hanya konsolnya saja, melainkan juga termasuk segala aksesorisnya.

Xbox 360 sendiri merayakan ulang tahunnya yang kesepuluh pada bulan November 2015 lalu. Setelah kehadiran Xbox One, Xbox 360 pun sudah mulai perlahan-lahan ditinggalkan, baik oleh developer maupun gamer yang ingin mencicipi teknologi game terbaru. Meskipun tidak bisa lepas dari pembajakan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Xbox 360 adalah salah satu konsol yang laris di Indonesia. Bahkan, di Indonesia banyak ditemui rental persewaan Xbox 360, sesuatu yang tidak ditemui di Xbox generasi sebelumnya.

Berikut adalah kutipan pernyataan resmi dari Phil Spencer, Head of Xbox Division di Microsoft.

“The Xbox 360 helped redefine an entire generation of gaming at Microsoft. I am incredibly proud of all of the work and dedication that went into development of the Xbox 360 hardware, services and games portfolio over the last decade. And I’m grateful to the fans for their continued passion and support.

Thanks to the Xbox 360, we evolved Xbox Live from the original Xbox into the thriving online gaming community it is today. And the console became a beloved gaming and entertainment hub with over 78 billion gaming hours played, nearly 486 billion Gamerscore on 27 billion achievements and over 25 billion hours spent in apps over its lifetime.

Xbox 360 means a lot to everyone in Microsoft. And while we’ve had an amazing run, the realities of manufacturing a product over a decade old are starting to creep up on us. Which is why we have made the decision to stop manufacturing new Xbox 360 consoles. We will continue to sell existing inventory of Xbox 360 consoles, with availability varying by country.”

xbox360-controller

Microsoft: Usia Xbox 360 Masih Lebih dari 2 Tahun Lagi

Diprediksikan akan segera "habis" umurnya dalam 1-2 tahun mendatang, Microsoft rupanya masih memberikan umur yang panjang untuk X360. Berapa tahun lagi umur X360?
Baca Juga

Bagaimana nasib dari gamer Xbox 360 sendiri? Meskipun produksi Xbox 360 sudah dihentikan, namun Phil Spencer berjanji bahwa Microsoft akan terus memberikan dukungan kepada gamer yang masih setia dengan Xbox 360. Salah satunya dalam hal penjualan, dimana Microsoft masih akan menjual konsol, game dan aksesoris Xbox 360 hingga stok yang ada di gudang habis. Tentu saja, ketersediaan ini berbeda-beda untuk tiap negara.

Selain dari segi penjualan, berikut adalah bentuk dukungan dari Microsoft kepada gamer Xbox 360 pasca penghentian produksinya.

  • Pemilik Xbox 360 akan tetap bisa mengakses layanan Xbox Live di konsol mereka, seperti bermain online multiplayer, mengakses aplikasi-aplikasi dan juga mendapatkan game-game yang dipromosikan (untuk Games with Gold).
  • Server Xbox Live yang mendukung layanan Xbox 360 akan tetap online dan aktif, jadi kamu masih bisa tetap bermain.
  • Seluruh hardware Xbox 360 masih akan mendapatkan dukungan di situs resmi Xbox.
  • Sedangkan untuk pemilik Xbox One, mereka bisa menikmati game-game Xbox 360 menggunakan fitur backward compatibility dengan gratis.

cover-xbox360

Sayangnya, segala prestasi dari segi penjualan dan fanbase Xbox 360 sampai saat ini masih belum bisa disamai oleh Xbox One. Namun dengan penghentian produksi Xbox 360 ini dan juga berkurangnya dukungan game baru dari developer, sepertinya Microsoft berharap konversi pengguna Xbox 360 ke Xbox One akan meningkat dalam waktu dekat.

Selamat jalan, dan terima kasih Xbox 360! Kamu salah satu pengguna Xbox 360? Yuk bagikan kenanganmu saat memainkan konsol ini di kolom komentar!


SHARE
Previous articleUntuk Mengenang Jasanya, 5 Film Ini Cocok Banget Ditonton saat Hari Kartini
Next articleSebelum Download Pokemon GO APK, Pelajari Dulu Update Sistem Terbarunya
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.