Ternyata Karena Dua Alasan Ini Hari Bumi Diperingati Setiap 22 April

Hari BumiTahukah kamu hari ini 22 April 2016 adalah Hari Bumi? Nah, kalau kamu buka Google mungkin akan mengetahui lewat doodle yang ditampilkan pada hari ini. Yap doodle tersebut mengilustrasikan peran bumi dalam kehidupan umat manusia yang terdiri dari 5 bagian. Doodle pertama menggambarkan seekor beruang kutub yang berdiri sendirian di sebuah padang salju. Dalam doodle selanjutnya terdapat seekor rubah yang sedang berlari di hutan. Ada juga gajah di padang savana, kura-kura di pasir dan kehidupan gurita di bawah luasnya samudera. Semuanya menggambarkan hubungan kehidupan dan ekosistem yang ada di bumi.

Sebenarnya apa itu Hari Bumi dan kenapa kita harus memperingatinya?

Ide pertama kali mengenai Hari Bumi tercetus oleh Geylord Nelson seorang Senator pada tahun 1970. Pada saat itu, Geylord Nelson melakukan sebuah pidato di negara bagian Seattle tahun 1969 membahas tentang isu-isu lingkungan hidup yang saat itu memang belum mendapatkan perhatian lebih, baik itu dari masyarakat maupun pemerintah. Gerakan mengenai isu lingkungan tersebut semakin menyebar setahun setelah pidato Geylord. Sehingga Hari Bumi mulai ditetapkan sejak 22 April 1970.

Selain karena pidato Geylord, salah satu alasan lain mengapa Hari Bumi jatuh tanggal 22 April karena tanggal tersebut bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

hari bumi 1Mantan senator Geylord Nelson yang merupakan pengajar lingkungan hidup yang sukses menerapkan program hidup tanpa polusi udara berucap pada penetapan Hari Bumi pertama kali “Masyarakat umum sungguh peduli dan Hari Bumi menjadi kesempatan pertama sehingga mereka benar-benar dapat berpartisipasi dalam suatu demonstrasi yang meluas secara nasional, dan dengan itu menyempaikan pesan yang serius dan mantap kepada para politisi untuk bangkit dan berbuat sesuatu,“ ujarnya.

Sejak saat itu banyak kota di seluruh Dunia rutin untuk memperingatinya dengan beragam cara seperti pameran dan seminar tentang lingkungan hidup, kampanye lingkungan, parade, acara seni musik dan lain sebagainya. Tak hanya itu, semakin banyak juga perusahaan-perusahaan yang peduli dan berpartisipasi pada Hari Bumi. Bahkan tak jarang perusahaan ini merilis teknologi-teknologi yang ramah lingkungan agar ekosistem di lingkungannya tidak terganggu.

Hari Bumi biasanya dijadikan momen untuk kembali menyadari bagaimanya pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem agar kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi tetap lestari. Isu-isu global yang hangat diperbincangkan seperti pemansan global dan polusi industri menjadi PR besar bagi kita dalam menjaga lingkungan.

Di Hari Bumi ini kamu pun bisa melakukan tindakan yang nyata dan sederhana untuk menjaga Bumi kita tetap sehat, misalnya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon di lingkungan sekitar atau berhemat dalam penggunaan energi listrik saat melakukan aktivitas.

Nah untuk itu, yuk kita sama-sama jaga Bumi kita.

hari bumi 2


SHARE
Previous articleDynasty Tactics Dibangkitkan Kembali oleh KOEI Tecmo dengan Judul Baru!
Next articleLihat Kerennya Gameplay Gravitasi Nol dalam FPS Shooter Terbaru LawBreakers
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca