I Am Setsuna, Chrono Trigger Modern Ini Juga Bernuansa Final Fantasy VII

I-Am-Setsuna-2

I Am Setsuna, “Chrono Trigger” PS4 Bersiap untuk Perilisan Global!

RPG terbaru Square Enix yang siap membuat kalian penggemar Chrono Trigger baper mengenang masa lalu...
Baca Juga
[clearboth]

Selain senjata dan armor karakter, seperti Final Fantasy VII, dalam I Am Setsuna kalian juga berkutat dengan Gem. Bagian equipment karakter ini bisa dipasang ke tubuh mereka untuk mempelajari teknik baru, atau mendapatkan efek spesial. Ada beragam Gem, dan bisa dipasang dan dilepas kapan saja. Dan jumah Gem yang dipasangkan ke karakter jumlahnya bakal bertambah seiring naiknya level karakter. Gem bisa dibeli dari toko, atau menukarkan material yang didapat dari bertarung ke toko.

I-Am-Setsuna-19

Seperti juga Materia, ada beberapa tipe Gem. Diantaranya:

  • Wall – Gem yang mengajarkan sihir yang mengurangi damage. Efeknya dipicu melalui sistem Setsuna, yang sudah kami jelaskan dalam artikel sebelumnya. Makin pas kalian menekan tombol, makin besar efeknya ke semua anggota party.
  • Provoke – Memancing musuh agar musuh mengincarnya. Dipicu melalui sistem Setsuna, dan makin sukses ritme menekan tombolnya, makin besar damage yang diminimalisir.
  • Firebit – Menambah serangan beratribut Api.
  • Stonebit – Membuat musuh membatu ketika diserang.
  • Caloric – Memperlebar jangkauan serangan tertentu. Bahkan mengubah serangan single target menjadi multiple.
  • Harvest – Memulihkan sejumlah HP ketika musuh dikalahkan. Cocok dipasang ke karakter yang fokus menyerang.
  • Sacred – Memulihkan HP ketika digunakan bersama dengan sistem Setsuna.
  • Avenger – Mengembalikan sedikit efek damage kepada musuh.
I-Am-Setsuna-22
Gem Caloric menggandakan serangan karakter.
I-Am-Setsuna-21
Harvest memulihkan HP dengan setiap serangan karakter.
I-Am-Setsuna-23
Sacred memulihkan HP karakter dengan lebih efektif.

Dan seperti yang kami janjikan sebelumnya, berikut karakter yang bakal kalian temui selama memainkannya:

Kuon

I-Am-Setsuna-15

Pengelana yang datang ke desa Setsuna sebelum dia “dikorbankan.” Kini menjadi bagian prajurit penjaga Setsuna, dia dipercaya, bahkan dianggap sebagai adik oleh Setsuna.

Yomi

I-Am-Setsuna-16

Pengalamannya sebagai ahli pedang sudah diakui. Dia menjadi bagian pengawal Setsuna menuju lokasi pengorbanan. Karena menjadi yang tertua, Yomi kerap dijadikan tempat meminta saran.

Keel

I-Am-Setsuna-17

Pemuda ini tinggal di bagian terpencil pegunungan. Keluarganya misterius, namun dia dibesarkan dengan perhatian penuh penduduk desa ya. Sayangnya itu tidak cukup, Keel kabur dari desanya karena penasaran dengan dunia luar. Kesannya menyusahkan ya, namun dia ahli sihir berbasis api terkuat kalian lho!

Jurion

I-Am-Setsuna-18

Karakter kalian yang satu ini masuk anggota kerajaan. Dikenal memiliki pendirian kuat, terkadang keras kepala, dan sepertinya menyimpan rahasia. Dia fokus pada pertarungan tiga dimensi dengan perpaduan tombak serta sihir atribut air.

Scythe Man

I-Am-Setsuna-25

Pria misterius yang kerap menghadang karakter bisu kalian dan paty-nya. Dia dikenal tidak memiliki emosi, dan tindakannya hanya untuk mencapai tujuan pribadinya, yaitu membunuh Setsuna. Siapa dia? Apakah ini musuh utama kalian?

I Am Setsuna atau dalam judul Jepangnya, Ikenie to Yuki no Setsuna, merupakan satu dari segelintir RPG klasik Jepang yang bisa kita dapatkan dari Square Enix dewasa ini. Bahkan Tokyo RPG Factory selaku developernya mengaku menggunakan jiwa yang mereka temukan dari RPG klasik Jepang dan memanfaatkan kekuatan hardware modern, untuk mengembangkan I Am Setsuna ini. Sampai-sampai mereka menyebut I Am Setsuna ini adalah reinkarnasi Chrono Trigger, RPG klasik Jepang dari Square Enix yang sangat populer pada masanya, dan bahkan sampai saat ini pasti juga dirindukan kebangkitannya oleh para penggemarnya.

I-Am-Setsuna-24

Versi Jepang I Am Setsuna sudah dirilis 18 Februari 2016 lalu, dan untuk versi globalnya disiapkan hanya untuk PlayStation 4 serta PC (minus PS Vita yang tertahan di Jepang, kecuali permintaan fan begitu besar meminta translasinya).


SHARE
Previous articleIni Empat Kejutan Besar di One Piece 824!
Next articleResmi! Iron Man akan Muncul di Spider-Man Homecoming!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.