Manga Yotsuba&! Memenangkan Tezuka Osamu Cultural Prize ke-20!

Tezuka Osamu Cultural Prize

Tezuka Osamu Cultural Prize tahun 2016 ini berbeda dari tahun sebelumnya, pemenang Grand Prize-nya ada dua! Salah satunya adalah Kei Ichinoseki dalam manga Yotsuba&!

Sejak tahun 1997, di Jepang setiap tahunnya mengadakan sebuah kontes untuk para manga disebut dengan Tezuka Osamu Cultural Prize. Mirip dengan sistem award layaknya Oscar dan sebagainya. Hal ini tentu akan menyemangati para mangaka untuk memberikan karya terbaiknya untuk para pembaca. Setiap tahunnya Tezuka Osamu Cultural Prize ini memberikan award bagi empat mangaka yang terbagi menjadi empat kategori berbeda:

  • Grand Prize: diberikan bagi mangaka yang memberikan kinerja paling sempurna selama 1 tahun belakang.
  • Creative Award: diberikan kepada kreator manga yang memiliki inovatif atau memberikan ekspresi dan telenta baru.
  • Short Story Award: diberikan kepada mangaka atau kreator story pendek yang kenerjanya paling sempuran selama 1 tahun belakang.
  • Special Award: diberikan kepada seorang atau grup yang berkontribusi dalam membudidayakan budaya manga.

Tezuka Osamu Cultural Prize

Namun pada Tezuka Osamu Cultural Prize tahun 2016 ini agak berbeda dengan award tahun-tahun sebelumnya. Sebab di tahun ini, mangaka yang mendapatkan Grand Prize ada dua orang! Yap benar, dilansir dari koran Asahi Shimbun, totalnya ada empat mangaka yang berhasil memenangkan award ini. Mereka adalah:

1

Grand Prize

Tahun ini ada dua pemenang yaitu:

Tezuka Osamu Cultural Prize

  • Kei Ichinoseki
    Manga: Hanagami Sharaku
    Penerbit: Shogakukan

Ringkasan cerita: Di era Edo, anak kedua dari pejabat kota bekerja sebagai pemain peluit dibawah guru kabuki bernama Ichikawa Danjuro V di teater Nakamura-za. Namun, ketika kakaknya terbunuh, ia harus kembali menjadi seorang petarung. Diwaktu yang sama, ada pembunuhan berantai yang mengincar gadis-gadis di Edo. Dan cerita pun berlanjut. Manga ini berlangsung dari tahun 2003 hingga 2009.

Tezuka Osamu Cultural Prize

  • Kiyohiko Azuma
    Manga: Yotsuba&!
    Penerbit: MediaWorks

Ringkasan cerita: Menceritakan tentang keluarga Koiwai dimana Yotsuba dan ayahnya, baru saja pindah ke kota yang baru. Kelakuan Yotsuba yang aneh, membuat tetangganya merasa gemas dengan tingkah lakunya yang lucu. Dan peristiwa harian yang lucu pun mulai terjadi antara Yotsuba dan tetangganya. Manga ini mulai dikerjakan sejak tahun 2003. Meskipun sudah lama hiatius, Kiyohiko Azuma baru saja merilis Yotsuba&! volume ke 13.

2

New Creator Prize

Tezuka Osamu Cultural Prize

  • Yuki Andou
    Manga: Machida-kun no Sekkai
    Penerbit: Shueisha

Ringkasan cerita: Menceritakan seorang lelaki bernama Machida. Lelaki berkacamata ini sangat pendiam, cangguh, memiliki nilai dibawah rata-rata (tidak seperti penampilannya yang terlihat pintar). Ia berpikir tidak ada hal spesial yang ada di dalam dirinya, tetapi banyak orang disekitarnya menghargai dirinya.

3

Short Work Prize

Tezuka Osamu Cultural Prize

  • Tatsuya Nakazaki
    Manga: Jimihen
    Penerbit: Shogakukan

Ringkasan cerita: Merupakan manga koleksi kumpulan komedi singkat yang diluncurkan di tahun 1991 hingga Agustus tahun lalu. Merupakan serial kompilasi terbaik selama 25 tahun manga singkat dari Nakazaki yang dirilis di majalah Big Comic Spirits.

4

Special Prize

Tezuka Osamu Cultural Prize

Dan untuk kategori Special Prize jatuh kepada kepada Kyoto International Manga Museum yang sudah berjalan 10 tahun mendistribusikan kinerjanya untuk melestarikan budaya manga.


SHARE
Previous articleGunakan Formula Lama, The King of Fighters 14 Bakal Jadi Game Fighting Terbaik!
Next articleSiapkan Jari Tanganmu, Turnamen e-Sport Game MOBA Vainglory Berhadiah 1 Milyar!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.