The King of Fighters XIV Rilis Agustus, Grafisnya Dipastikan Lebih Kinclong!

The King of Fighters XIV

Leona Heidern dan Chang Koehan Dikonfirmasikan Masuk The King of Fighters XIV

Leona Heidern dan Chang Koehan Dikonfirmasikan Masuk The King of Fighters XIV, movelist The King of Fighters XIV, guide The King of Fighters XIV
Baca Juga

Lima tahun sejak The King of Fighters terakhir dirilis untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, akhirnya SNK Playmore tidak ingin penggemar salah satu game fighting legendaris tersebut menunggu terlalu lama, mereka mengkonfirmasikan sekuelnya selama event TGS 2015 lalu. The King of Fighters XIV eksklusif untuk PlayStation 4, menghadirkan visual 3D berkualitas tinggi, sembari tetap mempertahankan konsep gameplay tetap pada akarnya, dan dengan satu faktor yang membuat Street Fighter V diprotes habis-habisan, roster karakternya cukup lengkap dengan 16 tim (per tim 3 karakter). Semoga saja Sony Computer Entertainment yang berhasil mendapatkan hak eksklusif game ini untuk PS4 bisa memperbaiki muka game bergenre fighting yang sempat tercoreng karena Street Fighter V hadir tidak sesuai harapan fan.

The-King-of-Fighters-XIV-5

Kemarin Sony juga memastikan kapan game ini bakal dirilis, yaitu 23 Agustus 2016 mendatang di Amerika Serikat (diterbitkan oleh Atlus, versi Jepang 25 Agustus, diterbitka oleh SNK), sekaligus memberikan video trailer barunya.

THE KING OF FIGHTERS XIV – 13th Teaser Trailer

THE KING OF FIGHTERS XIV – Invitation Trailer | PS4

Jika kalian memperhatikan kedua trailer di atas, pasti juga punya kesimpulan sama dengan penulis. Kualitas grafisnya meningkat drastis. Ketika game ini pertama kali dikonfirmasikan, banyak penggemar game fighting yang meremehkan visualnya. Kalian bisa melihat kembali seperti apa trailer awalnya di sini. Di tengah konfirmasi karakternya yang juga telah kami ulas sebelumnya, memang ada video baru yang sepertinya telah mengembalikan gaya visualnya ke identitas The King of Fighters yang kami kenal dulu. Walaupun, ya, tidak ada 2D sprite di sini, karakter dibangun dengan model 3D polygon.

The King of Fighters XIV The-King-of-Fighters-XIV-7

Mai Shiranui, Ninja Brazil, Hingga Jadwal Rilis KOF XIV

Lewat teaser trailer terbarunya, SNK Playmore pamerkan Mai Shiranui dan Hattori Banderas. Tapi bukan hanya itu saja. Mau tahu kapan KOF XIV dirilis?
Baca Juga

Memang ada banyak perdebatan mana yang lebih baik antara keduanya, khususnya untuk The King of Fighters yang selama ini dikenal mempertahankan gameplay 2D fighting yang cepat. Dari beberapa video yang sudah ada, perubahan kulitas grafisnya memang terlihat. Apalagi dengan banyaknya screenshot resolusi tinggi yang dirilis bersamaan dengan konfirmasi tanggal rilisnya kemarin. Memang menyedihkan ketika kita terakhir mendapatkan KOFXIII yang begitu seksi dengan sprite 2D di mesin game modern, sekarang beralih ke 3D. Namun dengan model 3D, seharusnya pengembang tidak terlalu kesulitan membidik roster yang besar. Kemudian model 3D juga mempermudah mereka memberikan kostum alternatif (jauh lebih mudah dengan model 3D dibandingkan sprite 2D). Buktinya, sudah dijelaskan Atlus (di bawah), ada kostum alterbatif bonus untuk pemesan awal versi digitalnya.

The-King-of-Fighters-XIV-8 The-King-of-Fighters-XIV-9

Screenshot yang juga kami berikan di sini memperlihatkan betapa banyak perbaikan yang dilakukan SNK Playmore untuk The King of Fighters XIV. Khususnya di sisi pencahayaan. Seperti ini salah satu contohnya, pose Angel pada screenshot yang baru kami dapatkan kali ini lebih natural dibandingkan sebelumnya.

The King of Fighters XIV
Angel dalam screenshot barunya!
The-King-of-Fighters-XIV-1
Yang lama tampak lebih gelap.

Selain itu, ada banyak screenshot lainnya yang memperlihatkan karakter yang baru dikonfirmasikan, seperti Nakoruru, Shun’ei, Sylvie, Banderas, Mai, Geese, dan banyak lagi karakter lainnya.

The-King-of-Fighters-XIV-4

Inilah Bocoran 50 Karakter The King of Fighters XIV!

Jika Street Fighter V ‘hanya’ memiliki 16 petarung (sebelum DLC), maka The King of Fighters XIV akan hadir dengan lebih dari 50 karakter. Inilah bocorannya!
Baca Juga

Sony juga mengkonfirmasikan untuk bonus pemesanan awal bagi kalian yang ingin membeli versi Globalnya. Pre-order/Day One edition memberi kalian case SteelBook untuk siapa pun pembeli kopian awalnya, dengan tampang Kyo di sampulnya! Selain itu, Atlus U.S.A. selaku penerbit menawarkan kostum downloadable content DLC Classic Kyo gratis mengiringi perilisannya nanti di Amerika Serikat. Dan itu hanya untuk beberapa minggu saja di PlayStation Store! So, kalian yang ngincer versi digitalnya, sudah tahu kan apa yang bisa dipamerin ke temen!

The-King-of-Fighters-XIV-10 The-King-of-Fighters-XIV-11

Salah satu yang masih ditutupi oleh pengembangnya adalah cerita. Memang ada story mode, namun sampai sejauh ini SNK Playmore masih bungkam., Mereka hanya mengatakan, jika memainkan new game akan memulai jalan cerita baru (untuk tiap tim). Dengan The King of Fighters XIII mengambil event setelah The King of Fighters XI dan juga menutup jalan cerita Ash Crimson yang dimulai sejak The King of Fighters 2003, kami penasaran apa yang bakal diangkat SNK Playmore untuk The King of Fighters XIV ini. Serial KOF sejauh ini memiliki 3 cerita utama, dan The King of Fighters XIV ini akan memulai jalan cerita baru. SNK Playmore sendiri hanya mengatakan seperti ini perihal ceritanya:

KOF has become a major business, generating huge profits and numerous spin-off tournaments worldwide. However, this led to a lowering of the overall quality, and voices began to rise across the globe demanding the formation of one unique, worldwide KOF competition.

One day, a billionaire claiming to be the “first champion” bought out all of the rights for the KOF Tournament. His name: Antonov. The announcement of a new KOF Tournament by the self-proclaimed champion created unprecedented enthusiasm around the world. From there, this excitement reached many of the classic participants of the legendary tournament directly in the form of an official invitation…

Siapa itu Antonov? Apakah cerita baru The King of Fighters XIV ini sesederhana hanya untuk menciptakan turnamen yang lebih saja dari sebelumnya? Kenapa salah satu karakter barunya, Shun’ei begitu penting di tengah cerita? Tunggu ulasan selanjutnya dari Duniaku ya!

The-King-of-Fighters-XIV-12 The-King-of-Fighters-XIV-13 The-King-of-Fighters-XIV-14 The-King-of-Fighters-XIV-15 The-King-of-Fighters-XIV-16 The-King-of-Fighters-XIV-17 The-King-of-Fighters-XIV-18 The-King-of-Fighters-XIV-19

Sumber: Atlus, Sony


SHARE
Previous articleInfinite Warfare, Inikah Judul Call of Duty Terbaru di Tahun 2016?
Next articleGame FPS Terbaru dari Pembuat Doom Ini Bakal “Lebih Gelap dan Seram!”
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.