Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

Memang, sudah diumumkan resmi kalau tokoh yang dimainkan Ray Sahetapy di Civil War telah dihapus. Tapi dengan tayangnya filmnya, kita bisa menerka-nerka sendiri apa sebenarnya peran beliau!

Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

SPOILER ALERT!!

Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

Meski tokohnya dihapus, spekulasi peran Ray Sahetapy di Civil War masih cukup menarik untuk dipertimbangkan. Mari kita coba rumuskan berdasarkan apa yang tersaji di filmnya!

Pertama-tama, seperti yang sudah tertulis besar-besar di atas, artikel ini mengandung spoiler untuk Captain America: Civil War. Walaupun tokoh yang diperankan Ray Sahetapy dihapus, spekulasi ini akan berhubungan juga dengan beberapa adegan yang disajikan di filmnya. Jadi, sebenarnya spekulasi peran Ray Sahetapy ini ditujukan untuk yang sudah terlebih dahulu menyaksikan Civil War.

Namun tentunya, silakan saja kalau kamu tetap ingin melanjutkan membaca. Yang jelas, setelah ini akan ada sejumlah spoiler bertebaran.


[page_break no="1" title="Informasi Resmi Tentang Peran Beliau"]


Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil WarSebelum melanjutkan lebih jauh, mari kita buka spekulasi peran Ray Sahetapy ini dengan fakta-fakta yang telah dibocorkan oleh sang aktor sendiri atau pihak lain.

Pertama: Karakter Ray Sahetapy seharusnya terlibat dalam adegan perkenalan Zemo. Hal ini disampaikan oleh sutradara Joe Russo dalam acara di Singapura. (Disampaikan oleh [outbound_link text="Detik" link="http://m.detik.com/hot/movie/3193997/ini-alasan-sutradara-hapus-adegan-ray-sahetapy-di-captain-america-civil-war"]).

Kedua: Peran Ray Sahetapy di Captain America: Civil War adalah sebagai juru lelang. Yang ini sudah tersaji di IMDB sejak namanya pertama kali diumumkan terlibat di film.

Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

Ketiga: Adegan lelang yang dihapus sepenuhnya ini melibatkan banyak orang, termasuk kemungkinan pembeli dari Jakarta.

Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

Keempat: Bila kita melanjutkan percaya kepada IMDB, maka peran beliau membutuhkan pemeran pengganti.

Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

Kelima: Ray Sahetapy tak pernah bertemu dengan Chris Evans, Robert Downey Jr., Jeremy Renner, dan Scarlett Johansson seperti disampaikan beliau kepada [outbound_link text="Bintang" link="http://www.bintang.com/celeb/read/2228525/syuting-captain-america-ray-sahetapy-tak-bertemu-chris-evans"].

Mari kita gunakan lima informasi tadi sebagai dasar. Kemudian, mulai memasuki bagian spoiler: adegan perkenalan terhadap Zemo, yang seharusnya melibatkan Ray Sahetapy. Sebenarnya ada dua bagian yang bisa disebut sebagai perkenalan untuk karakter Zemo. Yang pertama tentunya adalah kemunculannya, saat ia menyatroni seorang pensiunan HYDRA untuk memperoleh jurnal penting. Yang kedua terjadi di tengah film, saat akhirnya identitas Zemo diketahui.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan beberapa plot yang mungkin.


[page_break no="2" title="Peran: Pemegang Jurnal HYDRA"]


Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

[read_more id="250148"]

Sejak kejadian di The Winter Soldier, data-data mengenai HYDRA tersebar ke masyarakat umum. Mungkin karakter juru lelang yang diperankan oleh Ray Sahetapy berhasil memperoleh jurnal HYDRA yang berkaitan dengan para Winter Soldier, Bucky beserta para proyek lain, dan melelangnya secara online. Karenanya sampai ada penawar dari Jakarta segala.

Kalau ini skenarionya, maka bisa jadi Zemo sejak awal sudah berniat memperoleh jurnal itu. Namun melihat peran ini membutuhkan pemeran pengganti, Zemo kemungkinan tidak mendapatkan jurnal itu dengan baik-baik. Seharusnya tokoh Ray Sahetapy-lah yang akhirnya menemui ajal di tangan Zemo.

Kalau inilah jalur cerita karakter Ray Sahetapy, kenapa Russo Bersaudara memutuskan menggantinya? Mungkin karena mereka ingin menegaskan Zemo tak berhubungan dengan HYDRA. Dengan ditunjukkan menyiksa serta membunuh tokoh HYDRA, Zemo terlihat seperti penjahat yang bergerak sendiri, tanpa afiliasi terhadap organisasi rahasia tersebut. Motifnya pun dipertanyakan.

Tapi kalau Zemo membunuh seorang juru lelang independen hanya untuk memperoleh jurnal HYDRA, maka bisa jadi ada yang menyangka dia adalah anggota yang tersisa dari kelompok itu. Karenanya mereka membuat adegan yang sama sekali lain, agar Zemo bisa memperoleh jurnal Winter Soldier.


[page_break no="3" title="Penjual Bom EMP"]


Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil WarSalah satu rencana terbesar Zemo di film adalah saat ia meledakkan bom EMP untuk melumpuhkan listrik di tempat penahanan Bucky. Ini memberinya waktu untuk mengaktifkan kata sandi Winter Soldier, yang berujung lolosnya sahabat Captain America itu.

Bisa dibayangkan kalau Zemo sebenarnya memperoleh bom itu dari perdagangan senjata gelap. Peran ini pun akan berakhir seperti yang sebelumnya: peran pengganti Ray Sahetapy harus membantu aktor kawakan ini saat Zemo berakhir membunuhnya.


[page_break no="4" title="Korban Zemo Sebelum Film Dimulai"]


Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil War

[read_more id="250188"]

Tapi mungkin sebenarnya Russo Bersaudara pun telah mengganti total karakter Zemo dari versi aslinya. Zemo di Captain America: Civil War adalah seorang tentara yang bermukim di dekat Sokovia, lalu mendendam kepada Avengers setelah insiden Ultron membunuh keluarganya. Latar belakang yang jauh lebih simpatik dari dirinya di komik.

Bisa saja juru lelang yang diperankan oleh Ray Sahetapy ini adalah pedagang pasar gelap, dalam acara yang dihadiri oleh Zemo dan pasukannya. Lalu batu-batu mulai berjatuhan, sang juru lelang harus melarikan diri, dan karenanya dibutuhkan peran pengganti untuk membantu Ray.

Bisa juga Zemo sebenarnya sempat bekerja ilegal dengan sang pedagang pasar gelap. Dia sepenuhnya adalah tentara bayaran. Namun saat kehancuran Sokovia menyebabkan kehancuran total, yang menelan nyawa juru lelang dan rekan-rekan Zemo sesama tentara, dia merasa marah. Russo Bersaudara lalu memutuskan mengganti plotnya karena ingin menyajikan Zemo sebagai sosok yang lebih simpatik.


[page_break no="5" title="Mana yang Benar?"]


Spekulasi Peran Ray Sahetapy yang Dihapus di Captain America: Civil WarSayangnya, untuk sekarang yang mengetahui jawaban dari spekulasi peran Ray Sahetapy di Civil War ya hanya sang aktor sendiri, Russo Bersaudara, dan kru syuting film. Kalau karakter Zemo memang sudah dirombak dari versi awal, hingga peran Ray Sahetapy pun terhapus karenanya, bisa jadi masih ada faktor-faktor yang belum dipertimbangkan di dalam artikel ini.

Yang jelas, cepat atau lambat kamu mungkin bisa mendengar atau bahkan melihat langsung apa sebenarnya peran juru lelang yang diperankan Ray Sahetapy. Entah dari sang aktor sendiri, lewat bocoran adegan dihapus yang dirilis resmi oleh Marvel (seperti saat mereka merilis adegan yang dipotong dari Avengers: Age of Ultron) atau bahkan dari versi resmi DVD/Blu ray yang menyimpan adegan ekstra.

Untuk sekarang, fan di Indonesia hanya bisa melanjutkan kecewa karena peran Ray Sahetapy di filmnya benar-benar dihapus tanpa jejak, hingga petunjuk yang tersisa pun mungkin tak ada hubungannya dengan karakter beliau. Sungguh sangat disayangkan.

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU