Kembali Hadirkan “Mesiah yang Sebenarnya,” Ini Kiamat Menurut Shin Megami Tensei IV

Shin-Megami-Tensei-IV-9 Shin-Megami-Tensei-IV-18

Selamatkan Jepang dari Kehancuran Lucifer dalam Shin Megami Tensei IV: Final

Monoteisme lawan politeisme dalam Shin Megami Tensei IV: Final. Siapa yang bakal menang? Apakah Jepang bakal musnah jika demon mendominasi dalam perang kali ini?
Baca Juga

Seperti yang kami ulas sebelumnya, Shin Megami Tensei IV: Apocalypse dipastikan perilisannya di luar Jepang, dan memberi bonus kalian label nyata God Killer melalui emblem metal yang didapatkan dari pemesanan awalnya. Memang tidak mengejutkan jika penerus Shin Megami Tensei IV ini ditranslasikan. Walaupun serial Megami Tensei dianggap salah satu warisan RPG klasik Jepang dan penggemarnya segelintir saja, namun ternyata ramuan mitologi dan ide cerita yang banyak mengambil referensi dari kitab suci (nama-nama Ibrani yang familiar, Merkabah, YHVH, dan bahkan tidah segan menggunakan istilah “mesias yang sebenarnya” untuk Flynn), masih dianggap sebagai bumbu terbaik dalam memainkannya.

Shin-Megami-Tensei-IV-16

Shin Megami Tensei IV: Apocalyse, walaupun ada kata “IV” pada judulnya, namun Apocalypse bisa kalian mainkan tanpa perlu mengetahui apa yang terjadi dalam Shin Megami Tensei IV. Di dunia yang sama, dan juga di Jepang, namun keseluruhan yang kalian alami di sini berbeda. Bukan lagi Flynn dan para prajurit kerajaan Mikado, namun karakter kalian pemuda modern Jepang, yang juga menjadi salah satu sisa-sisa manusia di Tokyo.

Kiamat Shin Megami Tensei IV Terwujud, Kalian Mendapat Segel Sebagai God Killer!

Terbukti laku di pasaran, game yang menjadikan kalian sebagai God Killer dan banyak mencatut referensi agama ini dipastikan rilis versi Globalnya, dan langsung memberi kalian label nyata sebagai God Killer.
Baca Juga

Shin Megami Tensei IV: Apocalypse mengambil setting tahun 2030. Sebelumnya, 25 tahun lalu perang besar terjadi antara malaikat dan pasukan Lucifer. Untuk melindungi Tokyo dari kehancuran, diciptakan kubah batu raksasa. Kubah batu memang mampu melindungi Tokyo dari efek perang hebat dua kekuatan tersebut, namun sumber daya menjadi menipis, dengan pertikaian antara malaikat dan iblis yang justru berada di tengah nasib manusia dan mengendalikan populasi mereka. Manusia juga justru mulai saling membunuh karena berebut sumber daya, akibat kubah batu yang juga mengasingkan mereka dari dunia luar. Yang lebih parah sebenarnya manusia menjadi korban, karena mereka berada di posisi terbawah rantai makanan di era kegelapan ini. Lihat gambaran kehancuran Jepang di sini:

Shin-Megami-Tensei-IV-21 Shin-Megami-Tensei-IV-11

Karakter kalian, Hero, protagonis, seorang pemuda “bisu” (ya, seperti semua karakter utama serial Megami Tensei lainnya) yang terbunuh selama perburuan iblis. Dia kemudian bertemu iblis Dagda, yang menawarkan kehidupan kembali dengan ganti dia menjadi pionnya untuk menjadi God Killer, agenda pribadi Dagda yang, sepertinya ingin mendapatkan kekuasaan mutlak. Ketika kembali hidup, Hero kalian menyadari jika ternyata saat ini Angel and Lucifer juga telah terancam dari kelompok yang menyebut dirinya Polytheistic Alliance, yang dipimpin Krishna, dan bertujuan menyelamatkan umat manusia.

Shin-Megami-Tensei-IV-12 Shin-Megami-Tensei-IV-19

Lost Dimension Adalah Random Dungeon RPG Lainnya, Atau Shin Megami Tensei Ber-setting Amerika?

Salah satu developer Jepang yang identik dengan game RPG dungeon crawler, Lancarse, sedang mengembangkan game barunya, yang juga masih bergenre sama, yaitu Lost Dimension.
Baca Juga

Kalian pemain Shin Megami Tensei IV, bakal menyadari bagaimana jalan cerita disampaikan dalam game ini, walaupun, sama sekali tidak melanjutkan skenario yang dilakui samurai Flynn dari Mikado. Namun keberadaan tiga jenjang moral yang dilalui karakter, dan diwakili oleh para karakter partner Hero masih kalian temui di sini, yaitu ada partner / teman karakter yang mewakili Law, Chaos serta Neutrality. Adanya tiga pilihan moral melalui sistem Partner tersebut juga berimbas pada adanya ending yang berbeda. Namun kini ending tersebut tidak secara eksplisit menunjukkan kecondongan pada Law atau Chaos.

Shin-Megami-Tensei-IV-14 Shin-Megami-Tensei-IV-13

Oh ya, beberapa karakter Shin Megami Tensei IV bakal kembali di sini. Namun sekali lagi, kalian tidak perlu memainkan prekuelnya tersebut untuk memahami jalan cerita dalam Shin Megami Tensei IV Apocalypse. Namun jika kalian memainkannya, ada insentif khusus. Data save Shin Megami Tensei IV memberi kalian item dan equipment selama memainkan Shin Megami Tensei IV Apocalypse. 

Shin-Megami-Tensei-IV-10

Pertarungan Lost Dimension Mengingatkan Kami Pada Game Strategi Seperti XCOM: Enemy Unknown

RPG baru Lancarse untuk PlayStation 3 dan PS Vita ini memang keren. Desain dan atmosfernya mirip Shin Megami Tensei IV, namun pertarungan mengingatkan kita pada Valkyria Chronicles. Seperti apa sistem pertarungannya?
Baca Juga

Sedangkan karakter dari prekuelnya yang kembali di sini, seperti Flynn (dalam Shin Megami Tensei IV telah dianggap sebagai “the true messiah” karena mampu mengalahkan malaikat dan iblis), Jonathan (menjadi satu dengan iblis Merkabah dan bertujuan membentuk dunia yang murni dengan menghancurkannya), Walter (sebelumnya manusia, Walter lahir kembali sebagai Lucifer. Namun seiring berjalannya waktu, dia mendapatkan kesadarannya dan kembali ke wujud manusia), Isabeau (dengan harapan menyelamatkan Flynn dari Polytheistic Gods Alliance, dia bergabung dengan Hero kalian kalian di sini sebagai partner), Nozomi (mantan Hunter Cadet yang muncul selama Challenge Quests Shin Megami Tensei IV ini kini menjadi seorang peri, yang begitu dalam terlibat di tengah cerita, dan dia juga bisa kalian pilih sebagai partner Hero).

Shin-Megami-Tensei-IV-5

Karakter partner Hero lainnya berasal dari tiga organisasi besar game prekuelnya, seperti dari Tokyo Ashura-kai ada Hallelujah, lalu Tokyo Ring of Gaia ada Toki, dan dari Eastern Kingdom of Mikado Samurai ada Gaston. Selain itu, di sisi musuh, ada Miroku dan Odin, yang di sini menjadi bagian Polytheistic Gods Alliance.

Shin-Megami-Tensei-IV-3 Shin-Megami-Tensei-IV-2 Shin-Megami-Tensei-IV-6 Shin-Megami-Tensei-IV-7 Shin-Megami-Tensei-IV-15 Shin-Megami-Tensei-IV-20 Shin-Megami-Tensei-IV-22 Shin-Megami-Tensei-IV-23 Shin-Megami-Tensei-IV-24 Shin-Megami-Tensei-IV-25


SHARE
Previous articleTerima Kasih DC! Dawn of Justice Ternyata Menjadi Alasan Suksesnya Civil War
Next articleBanyak Dipuji, Tom Holland Justru Kecewa dengan Spider-Man Civil War!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.