Gak Mau Kalah dengan Sony, Microsoft Bakal Kenalkan Xbox One Baru di E3 2016!

xbox one baru

Tidak mau kalah dengan Sony, Microsoft rupanya juga tengah menyiapkan hardware Xbox One baru, termasuk kontrolernya. Apakah ini pertanda kemunculan Xbox One Slim?

PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

Konsol game lama-lama bisa seperti hape saja, tiap tahun bisa-bisa ada varian baru, dengan upgrade minim. Mungkin nanti bakal ada juga konsol modular, untuk menyiasati agar bisa dengan mudah di-upgrade seperti PC.
Baca Juga

Bukan Microsoft namanya jika tidak “memanaskan” persaingan konsol dengan Sony. Di saat Sony menyiapkan PS4 tipe baru (yang kabarnya menggunakan kode Neo atau PS4K merujuk kepada kemampuannya yang bisa mengelola grafis dengan resolusi 4K), Microsoft pun tidak mau kalah dengan siap mengenalkan hardware Xbox One baru, termasuk kontrolernya!

Sebenarnya kabar mengenai pengembangan hardware Xbox One baru sudah berhembus sejak lama. Bahkan sebelumnya juga sempat muncul kabar yang menyebutkan bahwa Microsoft akan mendesain ulang Xbox One dengan tampilan yang lebih ramping (Xbox One Slim?). Pihak yang “membocorkan” berita tersebut bahkan menjamin bahwa kepastian berita Xbox One Slim ini hanya tinggal menunggu waktu saja, karena beberapa catatan produksinya sudah dibuat oleh Microsoft.

xbox one baru
Catatan produksi yang diyakini merupakan representasi dari Xbox One baru ini

Hal ini semakin dipertegas dengan konfirmasi yang diberikan salah satu sumber dalam terpercaya dari Microsoft. Sumber yang tidak diketahui secara pasti namanya ini mengungkapkan, bahwa hardware Xbox One baru ini akan dikonfirmasikan selama E3 2016 mendatang. Bukan cuma konsol baru yang lebih ramping, melainkan juga desain ulang di bagian kontrolernya. Penegasan lain juga datang dari saudara lamanya, Xbox 360. Diyakini, Microsoft menghentikan produksi Xbox 360 untuk mengerahkan sumber daya mereka ke Xbox One baru ini.

Kabar menarik lain juga datang dari blogger Brad Sams yang seringkali “membocorkan” berita-berita dari Microsoft lebih awal. Sams mengungkapkan bahwa desain kontroler baru ini nantinya tidak akan banyak berbeda dibandingkan desain kontroler Xbox One sekarang. Hanya saja, warna default dari kontroler tersebut akan berubah, yang semula hitam menjadi putih. Sayangnya, selain perubahan pada warna default menjadi putih, belum diketahui secara pasti perubahan apa saja yang akan diberikan Microsoft kepada kontroler baru ini.

xbox one baru
Apakah kontroler barunya akan berwarna putih seperti ini?

Sedangkan untuk konsolnya sendiri, Microsoft tampaknya ingin lebih memperkuat integrasi antara Xbox One dengan Windows 10. Mereka ingin membuat Xbox One dan Windows 10 menjadi sebuah kombinasi yang diyakini bakal membuat Sony kalang kabut. Diharapkan nantinya, game-game eksklusif Xbox One bisa berinteraksi secara unik dengan gamer di PC, meskipun gamer PC tidak bisa memainkan game-game tersebut secara penuh di PC mereka. Tentunya ini kelebihan dari Microsoft, yang sulit untuk disaingi oleh Sony dengan PS4 Neo mereka nanti.

Kapan E3 2016 nanti digulirkan? Rencananya, E3 2016 akan digelar pada tanggal 14 hingga 16 Juni mendatang di Amerika Serikat. Jika memang benar Microsoft menyiapkan hardware Xbox One baru, sepertinya kita akan kembali melihat panasnya “perang” konsol antara Sony dan Microsoft. Semoga saja, hardware baru ini bisa kembali meningkatkan penjualan Xbox One yang sangat lesu di seluruh dunia, terutama di Asia.

Sumber: Thurrott via VG247


SHARE
Previous articleIni Alasan Kenapa Spider-Man Civil War Berbeda dari Film Spider-Man Sebelumnya!
Next articleKonyol Banget! Saat Diperika, Polwan Gadungan Ini Ternyata Cowok Tulen!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.