Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial Anime

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Berbagai macam pendidikan pun bisa kamu dapatkan dari serial anime

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial Anime

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial AnimeKamu harusnya tau dong tanggal 2 Mei ini hari apa? Yap, 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tanggal tersebut diambil dari kelahiran pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa yakni Ki Hajar Dewantara. Ia dikenal karena berani menentang kebijakan pemerintah Belanda yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya saja yang boleh mengenyam bangku pendidikan. Berkat jasa beliau dalam memperjuangkan pendidikan bagi rakyat Indonesia, Ki Hajar Dewantara dianugerahi sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

Pendidikan sendiri enggak hanya bisa kamu dapatkan di bangku sekolah lho. Banyak juga tempat-tempat lain yang bisa memberikan kamu pejalaran hidup yang berharga. Bahkan dalam serial anime pun kamu bisa mendapatkan banyak pendidikan penting. Nah karena bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, penulis telah merangkum pendidikan-pendidikan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat menonton anime:


[page_break no="1" title="Bekerja Keras"]


Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial AnimeSemua karakter di anime mengajarkan untuk selalu bekerja keras. Tanpa ada usaha yang keras, karakter-karakter di anime khususnya karakter protagonis tentu akan dengan mudah dikalahkan oleh musuhnya. Contohnya seperti Naruto, Son Goku atau Saitama yang di awal cerita enggak memiliki kemampuan yang dibanggakan, namun berkat bekerja keras mereka bisa meningkatkan kemampuannya masing-masing. Nah tentu aja, pendidikan moral ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kamu. Bahwa selalu bekerja keras untuk mewujudkan segala cita-cita yang ingin dicapai.


[page_break no="2" title="Pantang Menyerah"]


Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial AnimePendidikan selanjutnya yang bisa kamu petik dari anime adalah selalu pantang menyerah. Dengan semangat pantang menyerah, karakter-karakter protagonis di anime akhirnya bisa mengalahkan para musuhnya. Andai kamu pun memiliki sifat seperti ini, bukan enggak mungkin segala keinginanmu bisa didapat dengan mudah.


[page_break no="3" title="Pentingnya Sebuah Persahabatan"]


Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial AnimeAnime juga mengajarkan tentang pentingnya arti dari sebuah persahabatan. Hampir semua anime mengambil plot persahabatan sebagai bagian utama dari cerita. Mulai dari persahabatan Naruto, Sasuke dan Sakura atau Son Goku, Kuririn, Vegeta dan yang lainnya. Nah tentu sebagai makhluk sosial, kamu enggak akan bisa untuk hidup sendiri. Makanya arti sebuah sahabat sangatlah penting.


[page_break no="4" title="Rela Berkorban"]


Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial AnimeTak jarang karakter-karakter di anime harus berkorban demi teman atau kelompoknya. Sifat rela berkorban tentu merupakan pendidikan penting dari sebuah serial anime yang harus kamu tiru. Sifat rela berkorban menunjukan bukti kalau kita peduli terhadap lingkungan sekitar.


[page_break no="5" title="Selalu Belajar dan Belajar"]


Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ternyata Pendidikan Pun Bisa Didapatkan Dari Serial AnimeNah anime juga mengajarkan kita tidak gampang puas dan selalu belajar atau berlatih terus menerus sampai mencapai batasnya. Filosofi tentang belajar atau pendidikan pun pernah diutarakan oleh Ki Hajar Dewantara yakni Ing ngarso sung tulodho, Ing madya mangunkarsa, Tut wuri handayani (Di Depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi daya kekuatan).

Terbukti jika serial anime pun bisa banyak memberikan pendidikan bagi penikmatnya. Dan tak lupa Duniaku mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU