May The 4th Be With You! Ini 10 Referensi Star Wars Terbaik di Film Hollywood!

cover-gambarstarwars

Meskipun di kalender bukan tanggal merah, ataupun hari nasional sebuah negara, namun tanggal 4 Mei selalu diperingati oleh para fans Star Wars di seluruh galaksi sebagai hari Star Wars dengan jargon May the 4th be with you! Berikut ada 10 referensi Star Wars menarik di film Hollywood lain!

Ada banyak teori yang menyebutkan asal usul pengambilan tanggal 4 Mei sebagai perayaan hari Star Wars ini, mulai dari terinspirasi dari kalimat yang keluar dari mulut salah satu anggota parlemen Inggris pada tahun 1997, hingga voting para penggemar di US yang dilaksanakan pada tahun 2007 lalu. Awalnya, fans menentukan bahwa hari Star Wars jatuh pada tanggal 25 Mei, karena pada tahun 2007 lalu bertepatan dengan perayaan 20 tahun penayangan perdana Star Wars yang dimulai pada tahun 1977. Namun, pada akhirnya para fans menentukan tanggal 4 Mei dengan mengusung jargon May the 4th be with you.

May the 4th Be With You! Inilah 6 Alasan First Order Lebih Baik daripada Galactic Empire

Walaupun First Order mirip Galactic Empire, namun ada beberapa pembeda dibandingkan Galactic Empire yang membuat First Order sungguh berbahaya
Baca Juga

Terdengar familiar? Yap, jargon tersebut memang terinpirasi dari kalimat yang paling sering keluar dari mulut para aktor dan aktris dalam Star Wars, May the Force be with you. Yap, ini juga menjadi salah satu alasan paling masuk akal mengapa mengambil tanggal 4 Mei sebagai hari fans Star Wars segalaksi. Coba deh ganti angka 4 menjadi angka lain, tentu tidak sesuai dengan kalimat yang sering terdengar dalam film Star Wars bukan?

Saat ini, Star Wars bukan hanya sekedar franchise film fiksi ilmiah dengan penghasilan miliaran dolar sejak pemutaran perdananya tahun 1977 lalu. Star Wars sudah menjelma menjadi salah satu ikon budaya pop di seluruh dunia. Banyak rumah produksi yang tidak segan-segan memasukkan referensi Star Wars ke dalam film yang mereka kembangkan. Yang memasukkan referensi Star Wars ke dalam filmnya pun bukan film sembarangan. Beberapa diantaranya adalah film-film box office, contohnya seperti Armageddon, Men in Black, Star Trek dan yang paling baru, Captain America: Civil War.

Apa saja sih 10 referensi Star Wars terbaik di film Hollywood lain? Berikut adalah daftarnya.


1

Captain America: Civil War (2016)


Referensi Star Wars - Civil War

SPOILER ALERT!

Bagi yang belum nonton, saya sarankan jangan membaca bagian ini terlebih dahulu. Marvel dan Star Wars memang sudah satu keluarga di Disney, jadi tidak mengherankan jika ada referensi Star Wars dalam Civil War yang saat ini tengah ditayangkan. Di bagian adegan mana?

Saat Ant Man menjadi raksasa, Spider-Man pun berusaha untuk menjatuhkannya menggunakan lilitan jaring laba-labanya. Saat itu, Spider-Man pun berteriak terinspirasi dari Empire Strikes Back. Yap, apa yang dilakukan Spidey kepada Ant Man ini mirip dengan adegan ketika Luke menggunakan Snowspeeder-nya untuk menjatuhkan AT-AT Walker dalam Battle of Hoth di Empire Strikes Back alias Episode V.


2

Armageddon (1998)


referensi Star Wars di hollywood

Siapa sangka, ada hubungan menarik antara Armageddon dengan Star Wars, salah satunya adalah Armageddon banyak menyajikan referensi untuk mahakarya George Lucas tersebut dalam dialog-dialognya. Contohnya saat Harry Stamper (Bruce Willis) memberikan briefing misi kepada anak buahnya. Salah satu anak buahnya, Chick (Will Patton) langsung nyeletuk “Harry, this is some Star Wars shit. This ain’t for us!

Bukan cuma itu, dalam dialog antara A.J (Ben Affleck) dan Oscar (Owen Wilson), keduanya juga sempat menyebutkan nama duo Han Solo dan Chewbacca.


3

Marvel Phase Two


Tahukah kamu, bahwa ada banyak kesamaan adegan di film-film Phase Two Marvel? Coba tengok karakter-karakter ini di film bersangkutan.

Aldrich Killian (Iron Man 3)

referensi Star Wars di hollywoodThor (Thor: The Dark World)

referensi Star Wars di hollywoodGroot (Guardian of Galaxy)

Groot (Guardian of Galaxy)

Dan juga karakter lain seperti Bucky (Captain America: The Winter Soldier), Ulysses Klaue (Avengers Age of Ultron) dan Darren Cross (Ant Man).

Apa kesamaan nasib mereka? Tangan mereka menghilang! Entah itu karena dipotong oleh musuh mereka, atau karena sebab-sebab lain. Hal ini dilakukan oleh Kevin Feige karena ingin memberikan “penghormatan” kepada adegan Luke Skywalker yang terpotong tangannya akibat pertarungan melawan Darth Vader di Empire Strikes Back.

referensi star wars star trek


4

Star Trek (2009) dan Star Trek Into Darkness (2013)


Banyak yang beranggapan, bahwa Star Trek dan Star Wars adalah “seteru abadi”. Namun jangan salah, ada beberapa adegan menarik dalam Star Trek yang ternyata mengambil referensi Star Wars. Salah satunya, adalah kemunculan droid ikonik Star Wars, R2-D2 sebagai cameo di dua film Star Trek. Di reboot Star Trek, droid ini terlihat sebagai bagian dari puing-puing saat USS Enterprise melakukan warp ke Vulcan dan menemukan ada beberapa Starfleet yang dihancurkan oleh Narada.

referensi star wars star trek

Dan di Star Trek Into Darkness, R2-D2 kembali muncul di ledakan saat USS Vengeance menyerang Enterprise.

referensi star wars star trek

Bukan hanya itu, Chris Pine yang memerankan Captain Kirk pun mengungkapkan bahwa aktingnya dalam film tersebut terinspirasi dari Han Solo dan Indiana Jones (yang sama-sama diperankan oleh Harrison Ford). Bahkan rumah produksi juga menyebutkan, bahwa penggarapan reboot Star Trek ini terinspirasi dari A New Hope, Episode IV dari Star Wars.

Ternyata, J.J Abrams sudah mengidolakan Star Wars sejak menggarap Star Trek ya!


5

The Fifth Element (1997)


referensi star wars

May The 4th Be With You, Ayo Rayakan Hari Star Wars Segalaksi!

4 Mei diperingati sebagai hari Star Wars yang lebih dikenal sebagai May The Fourth Be With You. Apa saja yang bisa dilakukan untuk merayakannya tahun ini? Simak di dalam!
Baca Juga

Sama-sama bergenre fiksi ilmiah, The Fifth Element ini mengambil banyak referensi Star Wars di dalamnya. Adegan pembuka dari film ini meniru salah satu adegan dari Empire Strikes Back, dimana Stormtroopers membantu Boba Fett untuk membawa tubuh Han Solo yang sudah di-carbonite. Lalu karakter wanita utamanya memiliki gaya rambut yang mirip dengan gaya rambut Leia dalam A New Hope.

Selain itu, Obi Wan juga menjadi inspirasi bagi Vito Cornelius. Kapal perang federal dalam film ini pun juga sangat mirip dengan Star Destroyer.

Lanjut ke halaman dua untuk referensi menarik lainnya!

1
2

SHARE
Previous articleGalaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Kalian Melek Fotografi, Sampai ke Level Pro!
Next articleYuk Sebarkan Manfaat Game dengan Gerakan “I Play Games”!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.