Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge Bikin Kalian Melek Fotografi, Sampai ke Level Pro!

Galaxy S7 edge
Selain unggul di sisi kamera, duo Galaxy S7 juga bisa menjadi sarana hiburan yang menarik dengan adanya perangkat virtual reality Gear VR.

Perkembangan teknologi smartphone akhir-akhir ini secara tidak langsung juga berhasil mengikis penggunaan salah satu gadget lainnya, yaitu kamera digital kompak/kamera point-and-shot. Jika dulu kamera smartphone dianggap masih belum mampu menandingi kualitas kamera digital, maka saat ini fitur kamera pada smartphone telah berkembang lebih baik, dan dengan bentuk serta dimensi yang lebih kompak sehingga pengguna smartphone pun mendapatkan kualitas kamera yang mendekati kualitas D-SLR. Salah satu smartphone dengan kualitas kamera mengagumkan yang baru saja dirilis adalah Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge.

Galaxy S7 edge 3
Meskipun kameranya gahar,namun Samsung masih mampu mendesain modulnya tidak terlalu menonjol.

Fitur kamera menjadi salah satu keunggulan produk flagship Samsung tersebut. Menggunakan sensor utama 12 megapixel dengan ukuran pixel yang sangat besar, 1.4 micron, memungkinkan kamera duo Galaxy S7 ini menerima cahaya 56x lebih banyak dibandingkan tipikal kamera smartphone lainnya. Hal itu juga ditunjang dengan bukaan lensanya yang lebih lebar, yaitu f/1.7, sehingga 25% lebih banyak cahaya yang masuk ke lensanya untuk membantu pemotretan di kondisi ruangan minim cahaya sekalipun. Bukan hanya itu saja, Samsung mengaku jika Galaxy S7 ini menjadi smartphone pertama dengan sensor Dual Pixel Megapixel, fitur yang sebelumnya hanya terdapat pada kamera D-SLR. Karena didukung prosesor yang canggih, fitur kamera pada Galaxy S7 memiliki kemampuan autofocus yang cepat meskipun tanpa dukungan laser.

Galaxy S7 Getcraft (3)
Dibandingkan flagship Samsung sebelumnya, Galaxy S7 menjanjikan 95% cahaya lebih banyak yang masuk untuk mendukung proses menghasilkan foto yang baik dalam kondisi minim cahaya.

Selain sensor kamera utamanya, tipikal pengguna smartphone dewasa ini juga kerap mempertimbangkan kamera depannya untuk mendukung eksistensi di media sosial. Ya, foto selfie dan wefie telah menjadi tren tersendiri di tengah pengguna smartphone. Meskipun kerap dikonotasikan negatif sebagai aktivitas yang terlalu narsis dalam kaitannya dengan eksistensi di jejaring sosial, namun swafoto atau foto narsisi (bahasa Inggris: selfie) juga berkembang menjadi suatu keharusan dalam mengabadikan setiap momen yang dirasakan penting oleh pengguna smartphone. Kamera utama smartphone yang memang esensinya lebih baik dibandingkan kamera sekunder, juga menjadi media untuk ber-selfie, memanfaatkan bantuan alat yang disebut tongsis, atau tongkat narsis.

Galaxy-S7-Getcraft-(11)

Namun bagi yang merasa kerepotan, kamera depan smartphone dengan tampilan viewfinder pada layar, tetap lebih nyaman digunakan untuk berfoto selfie. Samsung sangat memahami hal sehingga membenamkan fitur yang mumpuni demi mendukung aktifitas para penggemar selfie.

Selain dua fitur kameranya tersebut, masih ada beberapa keunggulan lainnya kamera Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge, yang bisa bikin kalian lupa jika kamera point-and-shot itu pernah eksis.

Spec Kameranya TOP


Galaxy S7 Getcraft (7)

Fitur Galaxy S7: Puaskan Mobile Gamer, Kualitas Grafisnya Setara PS4!

Fitur Galaxy S7: Puaskan Mobile Gamer, Kualitas Grafisnya Setara PS4! Spesifikasi Galaxy S7 ROOT guide, harga Galaxy S7 pre-order, benchmark Galaxy S7
Baca Juga

Penulis yakin hal pertama dari kamera duo Galaxy S7 ini yang bikin kalian bertanya-tanya adalah, kok ukuran megapixel-nya lebih rendah dari Galaxy S6? Well, kualitas foto yang dihasilkan sebuah kamera tidak sepenuhnya bergantung pada ukuran megapixel. Masih ada banyak faktor lainnya yang mempengaruhi kemampuan fotografi sebuah smartphone, seperti teknologi optik, sensor gambar, mesin pemroses gambar, dan juga algoritma software dalam memproses foto sebelum disimpan dalam sebuah file. Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge sendiri secara tidak langsung juga menjadi cara Samsung mengenalkan pada kita bahwa ukuran megapixel bukan segalanya (termasuk bukan berarti kualitas gambarnya lebih baik). Dan saat ini, mereka mengajukan konfigurasi angka lainnya, terutama di sisi ukuran micron pixel dan juga aparture (bukaan lensa kameranya). Dan keduanya jelas sangat penting, khususnya untuk low light photography (penerangan minimal).

Galaxy-S7-review-9

Ini Flagship Terbaik! Samsung Galaxy S7 Siap Menjadi Jawara Smartphone 2016!

Ini Flagship Terbaik! Samsung Galaxy S7 Siap Menjadi Jawara Smartphone 2016! Harga Samsung Galaxy S7 spec, benchmark Samsung Galaxy S7 root guide.
Baca Juga

Selama ini kelemahan kamera smartphone adalah pada kemampuannya untuk memotret di sebuah ruangan yang minim cahaya. Hasilnya jika tidak dipenuhi noise (itu tuh, bintik-bintik pasir yang kelihatan banget pas kalian nge-zoom hasil fotonya), bisa jadi malah fotonya ngeblur karena salah fokus. Pada kamera point-and-shoot, hal ini bisa dihindari dengan menggunakan lampu flash, maupun dukungan prosesor gambar yang baik. Samsung pengen duo Galaxy S7 ga cuma terlihat gahar digunakan memotret di luar ruangan dengan cahaya memadai. Karena itulah kini mereka menggunakan sensor kamera dengan ukuran pixel yang besar, dan lensa dengan bukaan yang lebar. Dengan ukuran pixel 1.4 µm, sensor kamera duo Galaxy S7 ini lebih besar dibandingkan Galaxy S6 dengan pixel 1.5 µm.

Galaxy S7 Getcraft (9)
Makin rendah angka bukaan lensa, makin banyak cahaya yang masuk!

Untuk mendukung ukuran pixel tersebut, bukaan lensanya pun diperbaiki dengan aperture f/1.7 (dibandingkan bukaan f/1.9 pada Galaxy S6) juga menjadi yang paling lebar dibandingkan semua smartphone yang eksis di pasaran saat ini. Secara teori, duo Galaxy ini mampu memasukkan cahaya 95% lebih banyak dibandingkan Galaxy S6 selama proses pemotretan. Hasilnya, dengan mata yang terbuka lebih lebar tersebut, serta ukuran pixelnya yang juga lebih besar, memungkinkan cahaya masuk lebih banyak, kamera tidak kerepotan dalam menangkap fokus, serta dan menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi ruangan minim cahaya dibandingkan smartphone lainnya.

Lanjut ke halaman 2…