Mengandung Adegan Tak Senonoh, AADC 2 Akan Diblokir?

AADC 2 akan diblokirBenarkah AADC 2 akan diblokir?

Seperti sudah diprediksi sebelumnya, film AADC 2 mampu menyedot animo penonton bioskop tanah air. Sejak pertama kali tayang tanggal 28 April lalu, tak kurang AADC 2 telah menembus satu juta penonton. Bahkan pada penayangan perdananya saja, film ini telah memecahkan rekor di dunia perfilman Indonesia. Di hari pertama tayang, AADC 2 sukses menembus 200 ribu penonton. Rekor sebelumnya dipegang oleh film aksi komedi Comic 8: Casino Kings Part 2 yang di hari pertamanya sukses menyedot 105 ribu penonton.

Keberhasilan film AADC 2 pun tak hanya terjadi di Indonesia, sebab di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam pun tak ketinggalan terkena demam romansa Rangga & Cinta. Terbukti ada 85 layar bioskop di kedua negara tersebut yang khusus menayangkan AADC 2. Bahkan di hari pertama penayangan AADC 2 di Malaysia, film ini meraup pendapatan kurang lebih RM 300.000 (sekitar Rp1 miliyar).

aadc2 2Namun kesuksesan AADC 2 ini dibarengi oleh beberapa isu negatif. Seperti isu AADC 2 akan diblokir karena di dalam film tersebut mengandung konten tak senonoh dan melanggar syariat agama. Yang paling jelas tentu adegan ciuman hot antara Cinta dan Rangga yang dilakukan 2 kali selama film ini berlangsung. Berita AADC 2 akan diblokir sendiri, pertama kali dilontarkan oleh situs Dakwahmedia.net.

Isu AADC 2 akan diblokir bukanlah kali pertama menimpa industri film. Sebab sebelumnya banyak film yang direncakan tayang namun pada akhirnya harus gagal dan mengundurkan diri karena di dalamnya mengandung konten-konten negatif dan tak sesuai dengan anjuran agama.

Semua berawal dari Gerakan Membangun Nurani Bangsa (Gema Nusa) yang dimotori oleh AA Gym dan beberapa kalangan penting agama seperti MUI, Hidayat Nur Wahid, Dien Syamsudin dan beberapa tokoh lain. Gerakan ini bertujuan untuk membangkitkan kepekaan dan kepedulian masyarakat terhadap moral bangsa.

Salah satu contoh nyata tujuan tersebut adalah ketika gerakan ini menentang keras film Buruan Cium gue yang dari judulnya saja sudah mengandung konten negatif. Dan pada akhirnya film tersebut dicabut dari peredaran.

Tentunya tindakan tersebut menimbulkan pro kontra dari kalangan masyarakat termasuk orang-orang dalam industri perfilman. Saat itu sebuah kelompok yang menamakan diri Eksponen Pendukung Kebebasan Berekspresi (EKSPRESI) membuat pernyataan bersama menolak tindakan penarikan film Buruan Cium Gue tersebut karena akan mengurangi kebebasan berekspresi dalam pembuatan film. “Seni membutuhkan kebebasan mutlak, kalau kebebasan tersebut ditutup, kreativitas seni akan terancam,” ujar Riri Riza kala itu.

AADC2 (2)Terlepas dari isu film AADC 2 akan diblokir, nyatanya film tersebut mampu kembali membangkitkan kualitas industri perfilman tanah air. Bahkan AADC 2 berani head to head langsung dengan salah satu film jagoan Hollywood Captain America: Civil War. Dan bukan tak mungkin berkat film garapan Riri Riza itu, dapat memotivasi sineas-sineas Indonesia lainnya dalam membuat film yang lebih berkualitas.


SHARE
Previous articleRekomendasi 5 Film di Bulan Mei yang Wajib Kamu Tonton!
Next articlePersona 5 Dirilis September, Lengkap dengan Kolaborasi Persona 3 dan Persona 4
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca