Inilah Empat Kejutan yang Tersaji di Attack on Titan 081!

SPOILER ALERT!!

Attack on Titan 081 - Cover

Ada banyak kejutan di Attack on Titan 081… dan sebagian besar di antaranya sama sekali tidak menyenangkan. Akankah para pahlawan bertahan hidup?

1

Kematian Erwin Smith


Attack on Titan 081 - Erwin SmithSejak pidatonya di penutup Attack on Titan 080, Erwin Smith sudah tahu dia akan mati. Namun fan yang sudah jatuh hati oleh komandan Recon Corps ini mungkin berharap akan ada keajaiban lagi, seperti saat ia selamat dari misi penyelamatan Eren. Seperti yang terlihat di atas, kecuali Isayama selaku pengarang ingin membuat keajaiban lagi, Erwin Smith sudah mati. Pinggangnya tertembus batu, lalu ia pun terjatuh dari kuda. Dan ini terjadi di awal Attack on Titan 081, menandakan kalau bab ini akan menguras emosi.

Sebenarnya, inilah kekuatan utama Attack on Titan: saat kamu tak bisa yakin kalau semua orang bisa bertahan hidup. Mungkin sempat ada ilusi “damai” dalam arc perebutan kekuasaan, karena pada akhirnya yang tewas hanya karakter-karakter baru. Fan bisa merasa kalau mereka tahu siapa saja yang akan mati dan siapa yang akan bertahan hingga akhir.

Namun kali ini Recon Corps kembali berurusan dengan titan, dan kematian pun kembali dengan habis-habisan. Akibatnya, manusia pun kehilangan salah satu pejuang terbaiknya. 99% pejuang yang menyertai Erwin, termasuk Marlowe, pun gugur.


2

Reaksi Beast Titan


Attack on Titan 081 - Abnormal TitanAlih-alih senang karena ia mendapat banyak target bergerak, aksi bunuh diri Recon Corps yang dipimpin Erwin membangkitkan emosi lain dalam diri Zeke, sang Beast Titan: jengkel. Pembunuh massal yang bertanggung jawab atas kematian anggota Recon Corps sejak Kastel Utgard ini tampak tidak suka melihat para Recon Corps membuang nyawa berjamaah.

Yang menarik adalah saat ia mengungkit kalau kesalahan ini telah terjadi berkali-kali akibat Reiss pertama menghapus ingatan manusia yang berlindung di balik tembok. Sebelumnya, Zeke juga pernah mengatakan kalau manusia di balik tembok adalah ras jahat.

Mengingat sepertinya masih ada pemukiman manusia di luar tembok (Zeke, Reiner, dan Berthold adalah manusia), penasaran juga sebenarnya apa yang mendorong Zeke untuk memicu kehancuran manusia. Pasti ada alasan khusus di balik hasratnya memicu genosida. Sayang kita tak memperoleh jawaban atas pertanyaan itu di Attack on Titan 081.


3

Levi!


 Attack on Titan 081 - Levi

Selain pintar, sebagai Beast Titan, Zeke juga sangat kuat. Ini terbukti dalam pertarungannya dengan Reiner. Walau tak diperlihatkan jalannya duel, Zeke berhasil menang. Padahal tubuh Reiner sebagai Armored Titan pun diselimuti lapisan keras.

Namun ternyata… di hadapan pejuang terkuat manusia, yang tengah murka akibat kematian komandannya, Zeke pun tidak ada artinya. Sejak awal, Erwin mengorbankan dirinya dan pasukannya hanya untuk memberi Levi peluang. Dan Levi membalas kepercayaan komandannya itu dengan memutilasi dan menghancurkan Zeke.

Sayang Levi dihantui keraguan mendadak, yang membuat Zeke dapat meloloskan diri. Levi pun ditinggal dengan sejumlah titan yang siap memangsanya. Namun… masalahnya bukan mereka. Levi sudah membantai titan-titan biasa yang menyertai Zeke sebelum ia menangani sang Beast Titan. Masalahnya adalah, dengan kecerdasannya, Zeke pasti akan lebih siap saat berhadapan dengan Levi lagi.

Ini adalah kesempatan terbesar untuk membunuh Zeke, dan Levi gagal memanfaatkannya.


4

Colossal Titan


Attack on Titan 081 - Colossal Titan

Berikut Inilah Daftar Cameo dan Easter Egg Civil War!

Merasa kelewatan referensi cameo dan easter egg Civil War? Kalau begitu, coba cek daftar cameo dan easter egg Civil War ini!
Baca Juga

Di luar tembok, Erwin Smith kemungkinan besar terbunuh. 99% pasukan yang ia bawa telah positif tewas. Zeke sang Beast Titan berhasil lolos karena Levi ingin menyelamatkan satu saja rekannya.

Di dalam tembok, Reiner sang Armored Titan kembali bangkit walau sebelumnya kepalanya telah hancur. Ini benar-benar titik tergelap bagi Recon Corps. Bahkan strategi terbaik yang bisa dipikirkan adalah menyelamatkan Eren dan membawanya sejauh mungkin, agar manusia punya harapan untuk serangan balik.

Apa reaksi Armin? Alih-alih didominasi rasa takut, sahabat Eren ini masih mengobservasi lawannya. Dan ia menyadari kalau wujud titan Berthold kian kurus, menandakan kalau titan yang sudah ikonik dengan Attack on Titan itu pun punya keterbatasan.

Zeke sepertinya sudah telanjur lolos. Namun… kalau sisa-sisa Recon Corps dapat membunuh Reiner dan Berthold, membalaskan jebolnya dinding distrik itu dulu, maka setidaknya mereka memperoleh kemenangan signifikan. Akankah Eren berhasil memenuhi harapan rekan-rekannya? Ataukah harus ada lebih banyak lagi korban meninggal dalam upayanya mengalahkan Armored dan Colossal Titan?


Itulah empat kejutan terbesar dari Attack on Titan 081. Setelah lama terasa membosankan tragedi dan pertempuran seru yang tersaji di bab ini mengingatkan kembali penulis kenapa judul ini begitu populer. Jadi tidak sabar juga menanti Attack on Titan 082.

Menurutmu, apakah Levi akan mencoba untuk memburu Zeke? Kalau iya, akankah dia berhasil atau ia akan mati sia-sia? Dengan kematian Erwin, berarti seharusnya posisi komandan akan digantikan oleh Hange. Tapi apakah dia masih hidup? Akankah Eren bisa mengalahkan kombo Colossal dan Armored Titan? Sampaikan pendapatmu di komentar!


SHARE
Previous articleSukses dengan Football Saga, Agate Studio Siapkan Game Bola Fantasista untuk Mobile!
Next articleArc Kaguya Naruto Shippuden Resmi Filler! Ditarik Panjang Sampai ke Masa Mudanya!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.