Setelah Tayang di Amerika, Civil War Sukses Raih 670 Juta Dolar!

Karakter Captain America: Civil War - Captain America Iron Man Battle

Seperti Batman V Superman, hype Captain America: Civil War benar-benar besar. Apakah itu menjamin Civil War sukses? Untuk saat ini jawabannya adalah… iya!

Mau tayang di ratusan negara sekalipun, studio Hollywood masih menganggap kesuksesan film mereka tertuju ke dua pasar: Amerika Utara dan Tiongkok. Seperti yang tersaji di media-media promo, Captain America: Civil War baru rilis di Amerika pekan lalu. Data mengenai box office-nya pun baru resmi bisa dianalisa mulai dari Selasa waktu Indonesia.

Ternyata, seperti yang dilaporkan oleh Box Office MojoCaptain America: Civil War sukses mendulang 179.1 juta dolar di Amerika saja. Ditambah dengan pendapatan global yang sudah film ini raup sejak akhir April, Civil War pun telah mengantongi 670 juta dolar. Dengan kata lain, besar kemungkinan film ini sudah menyalip pendapatan Batman V Superman (867 juta dolar) pekan depan.

Gambar Promo Civil War terbaru - Poster

Berikut Inilah Daftar Cameo dan Easter Egg Civil War!

Merasa kelewatan referensi cameo dan easter egg Civil War? Kalau begitu, coba cek daftar cameo dan easter egg Civil War ini!
Baca Juga

Jadi, apakah dengan begini Civil War sukses? Bisa dibilang iya, sama dengan Batman V Superman yang dipastikan sukses setelah meraup 166 juta dolar di Amerika pada pekan pertama.

Captain America: Civil War juga menunjukkan kalau pendapatan seri film Steve Rogers ini selalu tumbuh dengan signifikan setiap judulnya. Seperti bisa dilihat dalam perbandingan ketiga judul di Box Office Mojo, Captain America: The First Avengers hanya dapat menyerap 176 juta dolar di Amerika hingga turun layar. Pendapatan itu baru saja disalip Civil War hanya dalam satu pekan. Total pendapatan globalnya pun hanya 370 juta dolar, dan lagi-lagi Civil War telah menyalipnya hingga nyaris dua kali lipat.

Captain America: The Winter Soldier yang menjadi pertunjukan pertama kepiawaian Russo Bersaudara kemudian meraih 259 juta dolar di Amerika dan 714 juta dolar di seluruh dunia. Lebih baik, namun tidak terlalu istimewa. Pendapatan Civil War ini jelas sudah melampaui level kedua film sebelumnya dan menyaingi kisah epik kelompok Avengers.

Trailer Civil War Terbaru - Tim Captain America

Namun tentunya… Civil War sukses bukan dengan mengandalkan karakter dari judul Captain America saja. Sejak awal promo, film ini seakan diperlakukan sebagai Avengers 2.5, persiapan menuju Infinity War. Bahkan tanpa Thor dan Hulk pun jumlah pahlawan yang muncul sudah mencapai belasan.

Sudah begitu, Civil War juga menjadi ajang debut Spider-Man di semesta film Marvel. Penampilan Tom Holland yang disebut-sebut sebaik, atau malah lebih, dari Tobey Maguire membuat fan Spidey penasaran untuk memeriksa sendiri seperti apa penampilannya.

Tapi, ekspektasi Disney terhadap Civil War seharusnya lebih tinggi. Sebelumnya dikabarkan kalau Batman V Superman yang membutuhkan modal 250 juta dolar harus mencapai 800 juta dolar global untuk dianggap sukses. Penyebabnya adalah dana untuk promosi filmnya, yang juga sangat besar. Mengingat promosi gila-gilaan Civil War, sepertinya film ini juga membutuhkan total global yang sama untuk memuaskan Disney. Bahkan bisa saja lebih, mengingat hampir semua anggota Avengers tampil di sini.

Jadi, Disney sepertinya baru akan menganggap Civil War sukses setelah film ini menyusul The Avengers dan Avengers: Age of Ultron menembus 1 miliar dolar. Mampukah film ini melakukannya? Mengingat ratingnya yang bagus, tampaknya hal itu sangat mungkin terwujud.


SHARE
Previous articleBikin Cewek Meleleh, Penarik Becak Tampan Pun Menjadi Idola Baru di Jepang!
Next articleTobey Maguire Kagum dengan Spider-Man Versi Tom Holland
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.