Bocor! Ini Detail Sistem Transaksi Mikro dalam Uncharted 4: A Thief’s End!

transaksi mikro uncharted 4

Uncharted 4: A Thief’s End akan mengimplementasikan model transaksi mikro. Semahal apa transaksi mikro dalam game ini?

Uncharted 4 Pecahkan Rekor Game dengan Biaya Marketing Terbesar dalam Sejarah Sony!

Belum juga dirilis, namun Uncharted 4: A Thief's End sudah memecahkan rekor sebagai game dengan biaya pemasaran terbesar sepanjang sejarah Sony!
Baca Juga

Tepat hari ini, 10 Mei 2016 salah satu game terbaik PS4, Uncharted 4: A Thief’s End dirilis di seluruh dunia. Bagi para penggemar Uncharted, tentu momen ini sudah ditunggu-tunggu sejak lama, apalagi dengan banyaknya penundaan sebelumnya. Belum lagi, adanya masalah-masalah nonteknis seperti kasus pencurian juga sempat membuat para fans was-was, bakal banyak spoiler bermunculan sebelum game-nya dirilis. Nah, jelang game-nya dirilis, bocoran justru diberikan oleh salah satu retailer terkemuka, GameStop. Kali ini, GameStop -entah sengaja atau tidak membocorkan mekanisme transaksi mikro dalam game ini!

Yap, seperti dikutip dari GameStop, Naughty Dog sudah menyiapkan beberapa opsi transaksi mikro bagi kamu yang tidak mau capek-capek grinding dalam mengumpulkan poin untuk melakukan kustomisasi dan upgrade senjata. Yap, untuk mengumpulkan poin-poin ini, memang kamu bisa melakukannya dengan cara grinding dan terus bermain. Namun, Naughty Dog menyediakan beberapa paket transaksi mikro untuk kamu beli jika kamu menginginkan kustomisasi atau upgrade yang instan. Berikut adalah nominalnya.

transaksi mikro uncharted 4

Cukup mahal? Simak dulu bagaimana konversi poin ini ke dalam item. Ambil contoh sebuah bundel kustomisasi yang terdiri dari tiga hingga lima item yang dibanderol dengan harga 800 hingga 1.500 poin. Untuk mendapatkan bundel (yang cuma untuk kustomisasi saja) ini, kamu harus merogoh kocek paling tidak US $19.99 (sekitar Rp 266.000) untuk membeli 3.200 point, dengan catatan kamu tidak ingin grinding sama sekali. Namun di beberapa kesempatan, Naughty Dog bakal memberikan diskon, seperti contohnya saat pertama kali perilisan game ini. Saat dirilis, kamu bisa mendapatkan beberapa item ini dengan diskon hingga 35%.

transaksi mikro uncharted 4

Yang menarik, Naughty Dog hanya menyediakan transaksi mikro untuk poin saja. Sedangkan untuk senjata atau item-item fungsional lainnya yang mempengaruhi gameplay, kamu tidak bisa membelinya dengan transaksi mikro, alias kamu harus grinding sendiri. Meskipun saat ini baru “bocor” dari GameStop, namun sangat besar kemungkinan fitur transaksi mikro ini akan segera diimplementasikan di PlayStation Store bersamaan dengan perilisan game ini tanggal 10 Mei 2016.

Berbicara mengenai Uncharted 4: A Thief’s End, bukan jadi rahasia bahwa game ini banyak mendapatkan pujian. Dari sekian banyak pujian yang dilontarkan kepada karya Naughty Dog ini, mungkin pujian yang paling “berkesan” adalah datang dari rival Sony di perang konsol, Microsoft Xbox. Siapa sangka, di tengah panasnya tensi persaingan PS4 dan Xbox One, bos divisi Xbox, Phil Spencer sempat memberikan ucapan selamat kepada Naughty Dog dan Presiden Sony Interactive Entertainment Worldwide Studios, Shuhei Yoshida atas perilisan Uncharted 4 ini!

“Niat baik” dari Phil Spencer ini pun langsung sampai ke meja Shuhei Yoshida. Yoshida pun tidak sungkan-sungkan untuk membalas ucapan selamat dan pujian tersebut dan menanti kesempatan untuk bertemu Spencer di E3 2016 bulan Juni mendatang.

Rukun sekali ya!

Uncharted 4: A Thief’s End akan dirilis hari ini, 10 Mei 2016. Sambil menanti kopi game-nya sampai ke tanganmu, kamu bisa memainkan game mobile-nya terlebih dahulu yang dirilis untuk Android dan iOS.

Sumber: GameStop