Apa yang Perlu Kalian Ketahui dari Mass Effect: Andromeda

Mass Effect: Andromeda

Selama event E3 2015 lalu, BioWare dan Electronic Arts mengkonfirmasikan Mass Effect: Andromeda, seri baru game action RPG yang dikembangkan untuk PC Windows, PlayStation 4 dan Xbox One. Sekuel Mass Effect 3, meskipun menurut pengembangnya bukan kelanjutan langsung. Hal itu dikarenakan tiga game sebelumnya yang merupakan trilogi cerita Commander Shepard, telah selesai. Sekuel di sini dalam arti Mass Effect: Andromeda mengambil setting pasca Mass Effect 3, namun bukan melanjutkan cerita dari game tersebut. Demikian BioWare ingin menempatkan ketiga trilogi awal Mass Effect sebagai sebuah dasar universe ala Star Wars.

Walaupun kalian tidak lagi mengendalikan Shepard, namun di awal permainan telah disediakan opsi menjadi pria atau wanita sebagai karakter utama. Yang sudah diungkapkan, karakter bisa mengendarai kendaraan jenis buggy yang bebas dikustom bernama Mako, dan juga sempat muncul selama Mass Effect pertama. Kemudian sesuai judulnya, setting game ini berada di galaksi Andromeda.

Mass-Effect-Andromeda-5

Sebelumnya, BioWare dan EA mengatakan akan merilis game ini selama musim liburan tahun ini. Namun melalui sebuah update kemarin, mereka pastikan jika game yang dikembangkan menggunakan engine Frotbite ini jadwalnya mundur sampai awal tahun 2017. Bersamaan dengan penundaan ini, mereka juga memberikan petunjuk beberapa hal yang bisa kalian temui di tengah Mass Effect: Andromeda. Mulai dengan kebebasan kalian dalam memainkan game ini. Tidak disebutkan detailnya, hanya kebebasan ini berhubungan dengan pengalaman selama memainkannya, kemana kalian akan pergi, bagaimana menuju ke sana, dan bagaimana memainkannya selama proses tersebut.

Galaksi Andromeda yang menjadi setting juga mengindikasikan teman baru dan musuh baru yang bakal kalian temui selama menjelajahi dunia baru. Fakta sendiri berkata jika Andromeda ini terdiri dari triliunan bintang, dan jaraknya 2.5 juta tahun cahaya dari Bumi, setting dari trilogi awalnya). Rumor sendiri berkembang jika kali ini fokusnya berada di Helius Clusters, sekumpulan sistem bintang yang ukurannya tiga kali lebih besar dari Galaxy Map-nya Mass Effect 3.

Mass-Effect-Andromeda-7 Mass-Effect-Andromeda-6

Kabar lainnya juga menyebutkan jika game ini bakal melibatkan usaha salah seorang Pathfinder, karakter yang kalian kendalikan, untuk menemukan rumah baru bagi umat manusia. Sepertinya serangan Reaper dari game terakhir Mass Effect telah mengarahkan umat manusia (dan mungkin semua sekutunya) bukan sekadar bertahan hidup dari serangan alien saja, namun juga menemukan dunia baru. Pathfinder sendiri bukan nama baru, karena sudah digunakan sebagai salah satu achievement / trophy dalam Mass Effect 3.

Mass-Effect-Andromeda-8

Rumor yang juga berkembang pesat beberapa waktu belakangan adalah nama karakter. Belum ada nama resmi yang dikonfirmasikan, namun di tengah adegan dalam video trailer pertama game ini, ditemukan sebuah dog tag yang bertuliskan sebuah nama, Rider. Saat itulah banyak dugaan muncul jika itu nama karakter kalian, Commander Rider. Dengan nama Commander Shepard yang diambil dari pria pertama yang melangkah di luar angkasa, Alan Shepard. Dan tahukah siapa wanita Amerika pertama yang terbang sampai ke luar angkasa? Dia adalah Sally Ride. Selama trailer pertama kali juga menjumpai logo N7, dan itu mengarah pada prediksi lainnya, jika Pathfinder kalian nanti akan ditrmani setidaknya satu militer elit manusia darimana Shepard bernaung.

Karakter kalian wanita?
Karakter kalian seorang wanita?

Selain karakter, juga banyak yang menyinggung mengenai siapa yang bakal kalian hadapi di sini. Rumor yang berkembang, kalian akan bertemu dengan apa yang bisa disetarakan dengan alien Protheans di Andromeda, yang disebut sebagai Remnant. Mereka diceritakan bertarung melawan ras yang jahat yang disebut Khet, yang ingin menguasai teknologi Remnant.

BioWare juga mengatakan mereka bakal hadir selama E3 2016 Juni mendatang. Semoga saja ada lebih banyak informasi mengenai game ini dirilis nantinya. Berikut bisa kalian lihat kembali trailer pertamanya, yang memberi petunjuk beberapa hal yang akan kalian temui dalam Mass Effect: Andromeda. Mulai logo N7, adanya Mako, sampai yang sepertinya kostum karakter memiliki fungsi mirip jetpack.

Mass Effect: Andromeda Official E3 2015 Announce Trailer


SHARE
Previous articleAlisa Manyonok, Pemain Voli Cantik yang Mirip Banget dengan Ino Yamanaka!
Next articleRepotnya Pengadilan Ace Attorney: Spirit of Justice, Musuhnya Arwah Gentayangan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.