Raih 940 Juta Dolar, Captain America: Civil War Kalahkan BvS!

Captain America - Batman Civil War

Pertempuran pendapatan Marvel Vs DC berakhir dengan kemenangan Marvel. Setelah meraih 940 juta dolar, Civil War kalahkan BvS di rekor box office!
Keseriusan DC untuk melawan semesta film Marvel benar-benar memberi warna baru ke film superhero. Setelah diumumkan Man of Steel akan dilanjutkan dengan Batman V Superman yang dipersiapkan sebagai prequel Justice League, genderang perang pun resmi ditabuh.

Bila DC menyajikan duel Batman dan Superman, Marvel ingin menyajikan konflik yang lebih besar. Mereka pun mengadaptasi alur dari plot populer, Civil War, menjadi sequel Captain America. Fan kedua perusahaan komik pun menanti-nanti bagaimana hasil duel Captain America: Civil War, yang dianggap sebagai Avengers 2.5, menghadapi BvS yang bisa dibilang Justice League 0.5.

Hasil akhirnya? Tampaknya Warner Bros harus berlapang dada dulu, karena hari ini Captain America: Civil War kalahkan BvS dalam persaingan rekor box office. Bukan hanya itu, Civil War pun mampu memenangkan persaingan ini hanya dalam waktu satu pekan lebih.

Civil War vs Dawn of Justice

Inilah Nasib Buruk Para Pahlawan Civil War Setelah Filmnya!

Alih-alih meraih kejayaan, sejumlah pahlawan Civil War akan menghadapi nasib buruk setelah filmnya. Siapa saja yang tertimpa sial dan kenapa bisa terjadi?
Baca Juga

Seperti yang dilaporkan oleh Box Office Mojo, hingga pekan lalu pendapatan Civil War di Amerika Serikat sudah mencapai 300 juta dolar. Dengan tambahan 84,2 juta lagi dari internasional, total pendapatan film ini pun sudah terdongkrak hingga 940,89 juta dolar. Dengan nyaman melampaui BvS yang pendapatannya berangsur-angsur terhenti di angka 868 juta dolar.

Angka 940 juta itu melambungkan Captain America: Civil War ke peringkat kedua film terlaris 2016, menggeser BvS yang sempat bertengger di sana. Kini satu-satunya film yang berada di depan Civil War hanyalah Zootopia dengan pendapatan 969 juta dolar. Hanya selisih 29 juta lebih, Captain America dan kawan-kawannya bisa menjadi penguasa film 2016 mulai dari pekan depan.

Seperti Warner Bros, Disney dan Marvel Studio juga pastinya akan mengincar angka 1 miliar dolar lebih untuk menganggap Civil War sukses besar, dan bukan sekedar balik modal. Angka itu juga bisa tercapai pekan depan. Mengenai apakah angka itu akan bergerak lebih tinggi dari The Avengers maupun Avengers: Age of Ultron… sepertinya akan sulit, tapi kita lihat saja.

Respons penonton Captain America: Civil War juga lebih baik dari respons kepada Avengers: Age of Ultron, jadi setidaknya film ini bisa cukup kuat untuk terus melaju menyalip film bermasalah itu.

Civil War

Karena Captain America: Civil War kalahkan BvS, bagaimana Warner Bros harus menyikapi? Jawabannya adalah dengan mencoba untuk tidak panik. Fan mungkin lupa, tapi di Phase 1 Marvel Cinematic Universe pun film-film seperti Captain America: The First Avenger mendulang pendapatan yang sangat kecil bila dibandingkan dengan pendapatan rutin film Marvel sekarang. Pada akhirnya, fan masih harus beradaptasi terhadap pahlawan-pahlawan yang baru disajikan.

Dan ternyata, rating Rotten Tomatoes memang sangat berpengaruh pada performa sebuah film. Civil War yang dianggap bagus oleh 90% kritikus memiliki pendapatan internasional yang jauh lebih kencang dari Batman V Superman 27%. Dulu, kritikus tak punya masalah memberi review bagus kepada The Dark Knight dan prequel serta sequelnya, jadi seharusnya ini bukan konspirasi. Para kritikus di sana memang tidak suka penyajian Zack Snyder.

Apakah Justice League bisa tampil lebih baik dari Batman V Superman? Nantikan saja saat filmnya tayang November 2017 nanti.


SHARE
Previous articleDono dan Kasino Akan Hidup Kembali dalam Film Warkop DKI Reborn!
Next articleCelana Jeans Jepang Ini Didesain Untuk Kamu Pecinta Kucing!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.