Terungkap! Ini Alasan Sebenarnya Film Hollywood Tayang Duluan di Indonesa!

film-film hollywood tayang lebih dulu di IndonesiaHingar bingar kemeriahan Captain America: Civil War rasanya sebentar lagi akan tergantikan oleh film X-Men: Apocalypse yang sudah tayang di bioskop tanah air sejak 18 Mei kemarin. Indonesia cukup beruntung dapat menyaksikan film X-Men: Apocalypse terlebih dahulu ketimbang di Amerika Serikat. Padahal di negara asalnya, X-Men: Apocalypse baru tayang perdana pada 27 Mei 2016 mendatang. Ini bukan kali pertama film-film Hollywood tayang lebih dulu di Indonesia ketimbang di Amerika. Contoh kasusnyas seperti Captain America: Civil War yang tayang di Indonesia seminggu lebih cepat daripada di Amerika. Contoh lainnya seperti film Avengers: Age of Ultron, Minions dan Fast and Furious 7.

Mungkin kamu pun bertanya-tanya, kenapa film-film Hollywood tayang lebih dulu di Indonesia ketimbang di Amerika yang notebene negeri asalnya?

Ini tak terlepas dari perubahan yang terjadi dalam indutri perfilman Hollywood dalam 20 tahun terakhir. Laman Variety pernah mencatat, saat ini 70 persen penghasilan Hollywood berasal dari luar Amerika. Dua puluh tahun lalu penghasilan dari pasar internasional tak sampai setengah.

Hal inilah yang membuat kesuksesan film-film Hollywood dalam mencapai box office sangat bergantung pada pasar internasional. Lantaran daerah di luar Amerika Serikat sudah menjadi pasar utama, maka mereka tidak main-main dalam menentukan dan membuat strategi penayangan film perdana di suatu negara. Khususnya Indonesia yang sekarang sudah tergolong sebagai konsumen utama film-film Hollywood.

MCUDengan tingkat pembajakan yang cukup tinggi di Indonesia. Film yang beredar terlebih dahulu di negara lain, dapat dengan mudah ada bajakannya dan di jual oleh tukang dvd pinggir jalan. Kecanggihan teknologi pun semakin mempermudah menjamurnya aksi pembajakan film di Indonesia. Berbeda halnya dengan Jepang yang kerap mendapatkan giliran terakhir film Hollywood edar. Selain minimnya tingkat pembajakan di negeri Sakura tersebut, film Hollywood butuh proses panjang seperti harus men-dubbing ke bahasa Jepang sebelum filmnya dirilis.

Sebuah momen disuatu negara pun menjadi perhatian khusus para distributor film dalam menentukan jadwal rilisnya. Contohnya adalah film Captain America: Civil Wars yang tayang bertepatan dengan libur panjang yang terjadi di Indonesia. Tentu saja momen libur panjang itu bisa berdampak positif terhadap jumlah penonton yang datang untuk menonton ke bioskop. Atau juga film keluarga semacam Minions yang rilis di Indonesia bertepatan dengan liburan sekolah. Saat liburan sekolah film bertemakan keluarga memang cocok dengan penonton yang disasar seperti anak-anak yang sedang berlibur.

minionsBeberapa alasan itulah yang membuat kenapa film-film Hollywood tayang lebih dulu di Indonesia ketimbang di negara asalnya. Seperti sudah disebutkan, faktor bisnis sangat berperan dalam menentukan jadwal rilis sebuah film di setiap negara. Dengan strategi penjadwalan yang tepat, bukan tak mungkin film tersebut dapat meraup untung yang tinggi dan ujungnya menembus box office.

Kita sebagai orang Indonesia sih cukup senang apabila semua film-film Hollywood terlebih dahulu tayang di sini hehe!

Sumber: liputan6.com