Ini Sihir yang Digunakan Square Enix untuk Membuat Dunia Final Fantasy XV Tampak Nyata!

Final-Fantasy-XV-15

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu!

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu! Final Fantasy XV Guide, Final Fantasy XV cheat, download Final Fantasy XV
Baca Juga

Final Fantasy XV menjadi salah satu game yang paling ditunggu gamer. Game ini pun juga yang paling menyibukkan Square Enix nyaris satu dekade ini sejak tahun 2006, sampai membuat mereka harus menerima dicap sebagai developer PHP, karena tidak juga memberi kepastian kapan game ini bakal dirilis. Dan pada akhir Maret 2016 lalu, melalui event Unpacked mereka memastikan kapan game Final Fantasy dengan masa pengembangan terpanjang ini bakal dirilis, 30 September 2016 mendatang. Jika kalian setia mengikuti ulasan Duniaku mengenai Final Fantasy XV, pasti tidak pernah melewatkan apa saja yang bisa diharapkan dari game ambisius ini, yang juga mendapatkan versi anime dan CG movie-nya sendiri karena universe ceritanya yang cukup panjang. Salah satu fitur yang sudah sering kami singgung sebelumnya adalah permainan kalian yang berjalan secara real-time, dan adanya pergantian siang dan malam.

 Final Fantasy XV Final Fantasy Terbaik
Permainan berjalan real time, sehingga akan ada perbedaan antara siang dan malam hari. Seperti di atas, diperlihatkan SPBU dimana kalian bisa beristirahat (dan juga dimana Cidney berada) saat malam hari.

Square Enix merilis video trailer barunya kemarin, yang khusus memperlihatkan betapa mengagumkan dunia Final Fantasy XV ini. Termasuk di sana, kalian bisa merasakan efek perubahan siang dan malamnya. Tahan nafas ya, melihat berbagai lansekap dunia Final Fantasy terbaru ini bisa bikin kalian makin ngebet untuk memainkannya:

Dunia Final Fantasy XV – World of Wonder Environment Footage

Dunia Final Fantasy XV Final Fantasy Terbaik
Matanya berubah merah… sempat ada yang mengira Noctis ini juga memiliki Sharingan seperti Sasuke!

Final Fantasy XV Ceritanya Epic Banget! Pangeran Ganteng yang Jatuh Miskin!

Final Fantasy XV Ceritanya Epic Banget! Pangeran Ganteng yang Jatuh Miskin! Final Fantasy XV Gameplay, Final Fantasy XV Trailer, Final Fantasy XV Characters
Baca Juga

Bicara pergantian cuaca siang dan malam, fitur ini bukan hal baru, karena sudah ada beberrapa Final Fantasy modern yang menggunakannya. Bukan sebatas hari berganti dari siang ke malam atau sebaliknya karena perkembangan plot cerita (pada seri klasiknya), namun permainan benar berjalan seakan waktu berputar dengan pergantian siang dan malam. Selain visualnya berubah, ditandai juga dengan latar musiknya, atau musik selama pertarungan, dan bahkan pada beberapa seri Final Fantasy, ada monster yang hanya keluar saat malam hari (misalnya pada Final Fantasy XIV). Beberapa contohnya, Final Fantasy XI, Lightning Returns: Final Fantasy XIII, sampai yang pergantian waktunya sejalan dengan waktu di Jepang, seperti Final Fantasy Agito.

 Dunia Final Fantasy XV Final Fantasy Terbaik

Khusus untuk Final Fantasy XV ini, pergantian siang malam berimbas pada kemampuan karakter, dan juga tingkah laku monster / musuh. Musuh yang sangat kuat bakal lebih sering muncul selama malam hari, dan memberi kalian kesempatan bertarung melawan mereka dan menambah exp dan duit yang cukup banyak jika berkemah di alam terbuka. Jika bermalam di hotel, tentu saja hilang kesempatan tersebut.

Trailer-Final-Fantasy-XV-10

Menurut Square Enix, pergantian siang malam, serta apa yang kalian lihat pada video di atas, yaitu formasi awan dilakukan menggunakan kalkulasi fisik. Efek pencahayaan dan perubahan bayangan pada obyek dan karakter juga terlihat jelas. Saat hari mulai berganti malam, perlahan kota bakal terlihat terang karena cahaya lampu penduduk. Hal itu menghasilkan pergantian yang perlahan dari siang ke malam dan sebaliknya, sehingga terasa pencahayaannya dinamis, menggambarkan suasana atau atmosfer suatu tempat.

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu!

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu! Final Fantasy XV Guide, Final Fantasy XV cheat, download Final Fantasy XV
Baca Juga

Untuk mencapainya, Square Enix berusaha sedekat mungkin dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Entah itu dengan mengambil foto matahari yang bersinar, langit biru, dan memasukkannya ke dalam game melalui sistem yang disebut Sky System untuk menyesuaikannya dengan game ini. Dalam game, Square Enix mengatur agar matahari bersinar 100,000 kali lebih terang dibandingkan bulan (dalam dunia nyata, sekitar 400,000 kali). Dengan dasar tersebut, kemudian mereka mengatur juga pencahayaannya sehingga cahaya yang bersinar akan terlihat selalu tepat dalam setiap kondisi waktu dalam game.

Final Fantasy XV Final Fantasy Terbaik

Mengenai waktunya yang real-time, satu hari dalam game disamakan dengan 45 menit di dunia nyata (berdasarkan dalam demo Final Fantasy XV Episode Duscae). Dan karena dunia dalam game ini dilanda “Plague of the Star,” mengakibatkan waktu malamnya lebih panjang dari siang, serta hanya karena peran sang peramal Lunafreya Nox Fleuret, dunia dalam Final Fantasy XV ini tetap bisa mendapatkan terangnya matahari, dan tidak sampai terselimuti kegelapan. Panjangnya waktu malam tersebut akan mempengaruhi permainan. Makin jauh permainan kalian, makin panjang waktu malamnya.

Lanjut ke halaman 2… untuk video baru lainnya yang memperlihat Noctis bertarung menggunakan sihir level tinggi!

1
2

SHARE
Previous articleTrailer Remake MacGyver – Kembalinya Sang Jagoan Populer 90an!
Next article5 Tips Sukses dari Publisher untuk Merilis dan Monetisasi Game
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.