Akhirnya, Smartphone dan Tablet Android Nokia Bakal Segera Hadir!

Android-Nokia-1

Nokia Resmi Milik Microsoft Mulai 25 April, Namanya Berubah Menjadi Microsoft Mobile Oy

Proses transaksi akuisisi Microsoft atas Nokia segera terselesaikan. Kabar terakhir, Microsoft akan sepenuhnya menyelesaikannya 25 April 2014 besok. Saat itu juga nama Nokia akan berubah menjadi Microsoft Mobile.
Baca Juga

Kisah perjalanan raksasa ponsel Nokia bak cerita dongeng, dengan ending yang sayangnya menyedihkan. Salah satu sebabnya, mereka tidak cepat beradaptasi seperti produsen ponsel lainnya yang saat itu segera berpindah ke platform yang lebih populer, Android. Namun jika ada kutipan yang menyebutkan, jika endingnya menyedihkan, maka itu bukanlah akhir dari segalanya, sepertinya ada benarnya juga. Meskipun divisi ponsel Nokia telah diakuisisi Microsoft, Nokia masih memiliki hak atas namanya yang sudah cukup beken, yang diketahui melalui sebuah press-release kemarin, dijual ke HMD global.

HMD sendiri merupakan perusahaan Finlandia baru yang sepertinya di-plot untuk menciptakan smartphone dan tablet baru ber-merk Nokia. Dengan demikian tidak lama lagi kita akan segera mendapatkan Android Nokia muncul di pasaran. Microsoft yang sebenarnya memiliki peluang dan potensi menggarap lini divisi ponsel Nokia sebelumnya yang sudah dikenal dengan seri Lumia, sepertinya nyaris menyerah dan lebih memilih membuat aplikasi untuk iOS dan Android. Dan jika HMD kali ini melakukannya dengan baik, walaupun tanpa nama Lumia, asal ada Nokia, kami yakin pasar yang usianya satu generasi di atas adalah target yang dipastikan akan langsung mengenalnya.

Sementara itu, menyinggung Microsoft yang tampaknya mulai merasa bahwa bisnis feature phone makin lesu, memilih menjualnya ke FIH Mobile Limited, perusahaan Cina yang menjadi bagian dari raksasa Foxconn. Selain itu, FIH Mobile Limited juga mengambil alih Microsoft Mobile Vietnam beserta 4500 karyawannya yang berperan penting untuk memproduksi ponsel fitur Nokia.

Banyak yang memprediksikan jika Foxconn yang akan bekerjasama dengan HMD untuk mewujudkan smartphone dan tablet Android Nokia ini. Nokia sendiri tidak perlu berinvestasi dalam hal ini, karena nama mereka yang digunakan, dan justru mereka akan menerima royalti dari setiap penjualan perangkat yang dijual HDM dengan nama Nokia. Nokia juga akan menjadi bagian dari Badan Direksi HMD dan berperan sebagai pemberi lisensi dan pengendali standard dan kualitas produk agar sesuai dengan harapan para konsumen.

Nokia XL
Nokia XL

Bocoran Nokia C1, Smartphone Nokia Android Murni Pertama!

Kini dari bocoran info yang beredar, ternyata Nokia sudah bersiap-siap dengan smartphone Android pertamanya yaitu Nokia C1.
Baca Juga

Press-release resmi yang dirilis Nokia kemarin begitu penting bagi publik. Dan yang pasti, kabar akan kembalinya Nokia ke pasar smartphone bukan lagi sekadar rumor dan spekulasi saja. Kini Nokia telah mengumumkan mereka telah resmi bekerjasama dengan mitra-mitranya untuk memproduksi, menjual, serta memasarkan produk-produknya, tidak hanya smartphone tetapi juga tablet, yang akan menjalankan sistem operasi yang paling populer saat ini yaitu Android.

Kembalinya legenda masa lalu yang akhirnya sadar dan memilih OS Android ini mungkin agak terlambat. Namun jika mereka menawarkan produk dan kualitas Android Nokia yang sudah diakui, kami yakin Nokia akan kembali diterima dan mendapatkan penggemar-penggemar baru.

Sumber: Nokia, (2)


SHARE
Previous article10 Game Terbaik di Indie Prize Asia 2016 Versi Duniaku yang Wajib Kamu Mainkan!
Next articlePolda Metro Jaya Bersama Netmarble Indonesia Kampanye Tertib Lalu Lintas
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.