Tips Sukses Membuat Game Menggunakan Engine Unity

Unity memiliki banyak fitur menarik untuk membantu developer memecahkan masalah selama proses development game. Berikut beberapa diantaranya!

Tips Sukses Membuat Game Menggunakan Engine Unity

Tips Sukses Membuat Game Menggunakan Engine Unity

Sebagai engine game yang populer digunakan, Unity memiliki banyak fitur yang bisa membantu developer indie dalam memecahkan masalah. Berikut beberapa tips sukses mengembangkan game dari Unity!

[read_more id="252501"]

Bisa dibilang, Unity menjadi salah satu engine favorit para developer game indie dalam mengembangkan game. Selain karena menyediakan versi gratis dan juga bisa untuk mengembangkan game multiplatform, engine ini juga memiliki banyak fitur menarik yang bisa semakin memudahkan developer untuk mengembangkan game. Nah, di hari kedua Tips Sukses Membuat Game Menggunakan Engine Unity

Pertama-tama, Rus menggaris bawahi pentingnya developer untuk mendengarkan dan merespon audience game mereka dengan baik. Rus mengungkapkan, bahwa untuk membuat sebuah game yang menarik banyak user, ada baiknya developer mendengarkan saran-saran dari gamer, dan mengajak mereka ikut serta dalam pengembangan. Jadi, bukan cuma mendengarkan saran saja, akan tetapi jika memungkinkan, developer bisa mengimplementasikan saran-saran tersebut dalam game yang tengah dibuat.

Selanjutnya, Rus memaparkan beberapa fitur yang bisa membantu developer untuk mempermudah proses development game dan mengoptimalkan game yang dibuat. Salah satunya adalah Profiler, dimana fitur ini membantu developer untuk mengukur performa dari game yang dibuat, seperti resource yang digunakan dalam gadget (CPU, GPU, Memory dan sebagainya) untuk memainkan game, hingga bagaimana alur dan juga performa networking-nya berjalan. Fitur ini penting untuk menjaga kualitas game yang dibuat, agar jangan sampai jika sudah saatnya game dirilis, kualitas game tidak terjaga atau terlalu memakan banyak resource di gadget pemain. Profiler ini juga bisa menjadi panduan bagi developer jika ingin mengoptimasi game yang tengah dibuat.

Tips Sukses Membuat Game Menggunakan Engine Unity

Fitur menarik lain yang dijelaskan Rus adalah Asset Bundles. Singkatnya, Asset Bundles adalah sebuah fitur yang memisahkan game dengan aset-aset yang membentuknya, seperti grafis dan file audio. Dengan memisah game dengan asetnya, tentu akan mempermudah developer untuk merilis update-update terbaru bagi game tersebut setelah dirilis nanti. Sedangkan fitur terakhir yang menjadi highlight dari Rus adalah Editor Extensions, dimana developer bisa membuat sendiri tool-tool yang dibutuhkan, yang tujuannya tentu untuk mempercepat pengembangan game.

Selain beberapa fitur yang dijelaskan oleh Rus selama sesi di Casual Connect Asia 2016 kemarin, engine ini masih memiliki beberapa fitur lain yang bisa dieksplorasi oleh developer seperti Unity Ads untuk memonetisasi game, Unity Analytics untuk mendapatkan insight mengenai perilaku pemain dari game yang dibuat, Unity Multiplayer yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan game multiplayer, hingga Unity Certification yang bisa digunakan developer untuk mendapatkan sertifikasi. Kamu bisa tahu lebih banyak mengenai fitur-fitur ini dengan mengunjungi website resmi Unity.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU