10 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Menghadiri Casual Connect Asia

cover-casconasia2016-0

Casual Connect Asia 2016 telah berlalu, namun bekasnya hingga kini masih terasa, termasuk kenangan akan kesalahan-kesalahan yang saya lakukan di sana. Ya, sebagai orang yang pertama kali menghadiri Casual Connect (dan Singapura ketika dewasa), pasti banyak hal yang tidak saya ketahui atau sangka sebelumnya.

Agar kamu tidak mengalami hal yang serupa dengan apa yang saya alami, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari. Beberapa dari contoh di bawah telah saya alami sendiri atau diambil dari observasi. Langsung saja, inilah dia:


1

Mengikuti Sebanyak Mungkin Seminar yang Ada


cover-casconasia2016-7

Acara Casual Connect memang selalu menyajikan seminar-seminar yang menarik setiap tahunnya. Di sana terdapat berbagai pembicara dengan latar belakang luar biasa dengan tema yang juga menarik. Nah, dari awal acara dibuka setiap harinya, yaitu pukul 10.00 hingga 17.00 waktu Singapura, seminar-seminar tersebut diadakan di tiga ruangan sekaligus.

Lalu, apakah kamu harus mengikuti seluruh rangkaian seminar tersebut? Jangan sampai kamu berpikir seperti itu! Karena kamu akan melewatkan berbagai kesempatan untuk mencoba game-game Indie Prize, bertemu sponsor, dan orang-orang penting lainnya di industri game global. Pilihlah 2 sampai 3 seminar yang benar-benar menarik untukmu setiap harinya dan luangkan waktu sisa untuk membangun jaringan dan mencoba game yang dipamerkan.


2

Tidak Mengikuti After Party


Casual Connect Asia 2016

Terkadang untuk beberapa orang, menghadiri sebuah pesta bukanlah hal yang bisa dinikmati. Saya pun bukanlah orang yang senang berpesta pora. Namun, demi tujuan mulia melebarkan jaringan (dan makan gratis!), saya pun menghadirinya. Begitu juga dengan kamu, after party adalah sebuah acara yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Acara after party di Casual Connect pun bisa dibilang tidak terlalu “liar”. Bagi kamu yang tidak meminum minuman beralkohol, tersedia minuman bersoda ataupun jus jeruk yang bisa kamu minta. Ada baiknya juga kamu benar-benar mengatakan kepada pelayan untuk tidak memberikan alkohol sedikit pun pada minumanmu.

Untuk makanan sendiri, Casual Connect Asia bisa dibilang aman bagi kamu yang mencari makanan halal. Dengan berbagai latar belakang etnis dan budaya yang ada di Singapura, pihak penyelenggara cukup berhati-hati untuk tidak menghidangkan masakan mengandung bahan yang dilarang atau tabu bagi kalangan tertentu (contohnya daging sapi dan babi).


3

Terlalu Lama Memainkan Sebuah Game


Casual Connect Asia 2016

Kesalahan yang satu ini merupakan salah satu dari kesalahan yang saya alami sendiri. Pameran Indie Prize Asia kali ini memiliki sejumlah game yang sangat menarik hati saya. Alhasil, banyak waktu yang saya habiskan untuk bermain game-game tersebut, bahkan tak jarang saya melewatkan sesi seminar yang sudah saya targetkan gara-gara terlalu asyik bermain.

Nah, biar kejadian ini tidak terulang lagi, ada baiknya kamu (dan saya) membuat batasan waktu ketika bermain sebuah game. Jika kamu punya waktu luang di akhir acara, barulah kembali lagi untuk melanjutkan permainan.


4

Tidak Memanfaatkan Pitch and Match


Meskipun kadang untung-untungan, fitur Pitch and Match di Casual Connect Asia 2016 memungkinkan saya untuk bertemu dan mengobrol secara privat dengan beberapa orang penting seperti Shizuya Nakamoto dari Square Enix dan Jamie Kim dari App Annie. Tak hanya dari segi bisnis, banyak wawasan yang bisa kamu serap dari mereka.


5

Kurang Foto-Foto


Media sosial saat ini merupakan salah satu “senjata” untuk kita melakukan sosialisasi dengan rekan-rekan di dalam industri. Salah satu bahan bakarnya adalah tentunya foto. Dengan memiliki berbagai foto dari sesi-sesi yang ada, kamu bisa saja melakukan tag ke orang yang bersangkutan dan menjalin hubungan dekat dengan mereka. Dan tentunya sebagai kenang-kenangan.

1
2

SHARE
Previous articleEcho, Petualangan Menegangkan Manusia Pertama di Planet Alien
Next articleMonster Hunter RPG Dirilis Oktober, Dapatkan Tiga Amiibo dan Versi Anime