10 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Menghadiri Casual Connect Asia

Berencana untuk menghadiri Casual Connect Asia selanjutnya? Inilah kesepuluh hal yang harus kamu hindari. Nomor 10 adalah pengalaman pribadi yang paling menyakitkan!


6

Tidak Merencanakan Transportasi dan Penginapan dengan Baik


Hidup di Singapura memiliki biaya yang jauh lebih tinggi daripada di Indonesia, termasuk dalam hal transportasi. Nah, untuk itu kamu harus tahu bagaimana cara menghemat biaya transportasi di negeri pulau ini.

Tim Duniaku sendiri membeli kartu yang bernama Tourist Pass, sebuah kartu yang bisa digunakan di seluruh layanan transportasi umum standar yang ada di Singapura seperti MRT dan bus. Hanya dengan S$30, kamu sudah bisa naik transportasi umum standar sepuasnya, dengan jumlah tak terbatas. Di hari ketiga, kamu bisa menukarkan kartu tersebut kembali dan mendapatkan cashback sebanyak S$10. Hemat bukan?

Pada perhelatan tahun ini, Casual Connect Asia 2016 diadakan di Pulau Sentosa. Untuk ke sana, terdapat empat jalur yang bisa kamu tempuh. Jalan kaki, bus, monorail, dan kereta gantung. Dari segi harga, monorail (Sentosa Express) dan kereta gantung lebih mahal, maka dari itu lebih baik naik bus atau jika kalau kamu kuat, jalan kaki. Ongkos untuk bus ke Pulau Sentosa seharga S$2 dan harus dibayar dengan uang pas, jadi kamu harus menyiapkannya dari awal ya. Dan jika kamu memutuskan untuk berjalan kaki, kamu tidak perlu menyiapkan ongkos sepeser pun!

Nah, untuk pulangnya sendiri relatif mudah dan murah karena semuanya disediakan dengan gratis. Kami sendiri memilih menggunakan Sentosa Express untuk perjalanan kembali.


7

Datang Kesiangan


Wah yang satu ini jangan sampai deh kejadian deh, karena di acara ini (dan acara sejenis lainnya) waktu seakan berjalan dengan cepat. Jika kamu datang kesiangan, yaitu di atas jam 10, maka kamu akan kehilangan waktu yang berharga untuk mencoba berbagai game dan seminar serta bertemu orang. Cara agar tidak terlambat mungkin dengan tidak berpesta terlalu larut ketika malam harinya.


8

Tidak Menjelajahi Booth Sponsor


Katakanlah kamu tidak tertarik dengan sedikit pun produk yang ditawarkan oleh booth sponsor, tetapi tak ada ruginya sama sekali lho kalau kamu tetap ke sana. Kenapa? Karena biasanya booth sponsor tak hanya akan memberimu kertas selebaran yang berisi promosi, tetapi juga souvenir yang menarik. Saya sendiri cukup banyak membawa pulang oleh-oleh dari mereka.


9

Tidak Bawa Press Kit


Developer Indonesia Indie Prize

Jauh-jauh ke Singapura tetapi tidak membawa materi promosi seperti press kit? Sangat disayangkan sih, khususnya jika kamu adalah seorang developer. Hal ini berlaku untuk mereka yang menjadi peserta Indie Prize maupun mereka yang hanya menjadi pengunjung. Khusus untuk peserta Indie Prize, walaupun game milikmu dipamerkan, tak semua awak media akan bisa meliput semua game karena waktu yang terbatas. Apalagi jika jumlah orang yang diutus media tersebut hanya satu saja.

Dengan press kit, kamu memiliki kemungkinan lebih besar untuk diliput dan diingat oleh para jurnalis yang telah memainkan bermacam-macam game dan juga mengikuti banyak seminar dalam sehari. Hal ini dilakukan oleh Toge Productions ketika pergi ke PAX East dan GameChanger Team di Casual Connect Asia 2016.


10

Tidak Memakai Sepatu Kets


Satu lagi pengalaman pribadi. Tahun ini, saya datang ke Singapura dengan bermodalkan sepatu non-formal yang biasa saya gunakan ketika bepergian dan ke kantor. Tak disangka, ini adalah keputusan yang sangat salah. Ditambah pula dengan kaus kaki yang tipis, kaki saya pun cepat lelah dan pegal, bahkan masih terasa hingga beberapa hari setelah pulang ke Indonesia.

Apa sebabnya? Singapura adalah negara yang menuntut kamu untuk banyak berjalan kaki, kecuali kamu punya dana lebih tentunya. Karena itu, pakailah sepatu olahraga yang mendukung kakimu untuk berjalan lebih lama. Seperti namanya, Casual Connect, di sini kamu hanya perlu menggunakan pakaian kasual saja.


Nah, itulah sepuluh kesalahan yang harus kamu hindari ketika menghadiri Casual Connect Asia. Semoga dapat bermanfaat buat kamu yang berencana untuk pergi ke sana nantinya!

TENTANG PENULIS