Indie Corner, Kategori Baru di Google Play Store Khusus untuk Game Indie!

Kesempatan emas bagi developer indie yang ingin game-nya dipromosikan oleh Google melalui kategori baru ini!

Indie Corner, Kategori Baru di Google Play Store Khusus untuk Game Indie!

Indie Corner, Kategori Baru di Google Play Store Khusus untuk Game Indie!

Melalui Indie Corner ini, Google berharap bisa meningkatkan discoverability dari game indie yang dirilis.

[read_more id="251158"]

Apa masalah yang dihadapi oleh developer setelah berhasil menyelesaikan game dan merilis game tersebut ke pasar aplikasi? Discoverability atau kemudahan untuk ditemukan gamer adalah salah satunya. Jika developer indie tidak memiliki biaya marketing jumbo dan game tersebut cukup viral untuk diketahui gamer, tentu game tersebut akan terus tenggelam di "lautan" aplikasi dan game lain. Karena setiap harinya mungkin ada puluhan atau bahkan ratusan game baru yang dirilis di toko aplikasi.

Beruntung Google memahami hal tersebut dan di bulan Mei 2016 ini mereka meluncurkan satu kategori baru di Google Play Store bertajuk Indie Corner. Sesuai dengan namanya, Indie Corner ini merupakan sebuah kategori baru yang disiapkan Google untuk menampung dan mempromosikan game-game yang dikembangkan oleh developer indie. Tentu saja, harapannya game-game inovatif dari developer indie ini tidak tenggelam begitu saja di Google Play Store saat dirilis dan bisa mendapatkan perhatian dari gamer yang saat itu sedang browsing di kategori ini.

Kategori baru ini dikonfirmasikan Google saat Google Developer Conference dan Google I/O yang berlangsung di bulan Mei 2016 ini. Lantas, seperti apa definisi indie dari Google, yang menjadi dasar mereka dalam memilih game untuk masuk ke bagian baru dari Google Play Store ini? "Perusahaan tersebut haruslah kecil," ungkap Joshua Cruz, juru bicara dari Google Play seperti dikutip dari Indie Corner, Kategori Baru di Google Play Store Khusus untuk Game Indie!

Yap, tidak sembarang developer indie yang bisa mendaftarkan game-nya untuk mendapat kesempatan ditampilkan di Indie Corner ini. Google sudah menyiapkan satu form khusus yang bisa digunakan untuk mendaftarkan game tersebut. Dalam form tersebut, mereka menuliskan beberapa syarat seperti anggota tim antara 1 hingga 15 orang (seperti yang diungkapkan Cruz), game tersebut tidak boleh dirilis di Google Play Store lebih lambat dibandingkan platform lain (seperti iOS), dan juga kamu harus siap untuk mengintegrasikan beberapa servis dari Google Play seperti Google Play Games dan Player Analytics/App Licensing.

Apakah kategori baru ini hanya menampilkan game-game baru? Ternyata tidak! Google juga memberikan kesempatan bagi game-game yang sudah live di Google Play Store sebelumnya untuk ikut "nampang" di Indie Corner. Syaratnya, game tersebut mendapatkan rata-rata rating lebih dari atau sama dengan 3,9 dari para pemain, serta sudah live di Google Play Store lebih dari atau sama dengan empat bulan sebelum tanggal pendaftaran.

Merasa tim dan game-mu sudah memenuhi persyaratan dari Google? Langsung saja daftarkan game-mu melalui Google Form dari Google. Selain itu, kamu juga bisa mengecek game-game apa saja yang dirilis di Indie Corner melalui tautan ini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU