Dalam Atelier Firis, Untuk Pertama Kalinya Kalian Bisa Sintesis Alkimia Super!

Atelier Firis

Minggu lalu, Gust, developer serial Atelier bersama penerbitnya, Koei Tecmo, resmi mengkonfirmasikan seri baru kelanjutan serial Atelier. Berjudul Atelier Firis: The Alchemist of the Mysterious Journey dan dikembangkan untuk PlayStation 4 PlayStation Vita, kalian pasti sudah bisa menebak siapa nama karakter utamanya. Kemarin Gust membeberkan detail pertama dari game yang akan dirilis akhir tahun 2016 ini, beserta banyak screenshot awalnya.

Video trailer pertama Atelier Firis sendiri akan dipublikasikan 13 Juni mendatang. Pastikan kalian tidak beranjak dari Duniaku untuk update informasinya nanti ya!

Tempat Asal Karakter yang Terisolasi


Atelier-Firis-10

Gust mencoba tema yang berbeda dibandingkan Atelier Sophie: The Alchemist of the Mysterious Book tahun lalu. Untuk Atelier Firis ini temanya adalah perjalanan, dimana kalian bisa mengurai cerita sesuai dengan keinginanmu sendiri. Karakter kalian dikenal sebagai Firis, gadis yang dikenal lugu dan tidak pernah meninggalkan kota, serta pengen banget melihat dunia luar. Wajar saja, karena kota kecil dimana dia tinggal merupakan kota bawah tanah, tidak ada angin yang memberi tanda perubahan musim, dan bahkan cahaya matahari hanya sedikit menyinari. Untuk keluar masuk kota pun harus melewati pintu besi besar yang sangat kuat. Tidak sembarangan bisa melaluinya.

 


Alkimia Sebagai Pendobrak Pintu


Atelier-Firis-6

Suatu hari dia mendapatkan kesempatan  yang tidak terduga, berhubungan dengan alkimia, yang mendorongnya untuk melakukan perjalanan dan melihat dunia luar. Dia bisa lolos keluar melalui pintu tersebut. Saat itulah Firis dihadapkan pada perjalanan yang terduga.

Atelier-Firis-16

Dia harus melaui beragam kondisi lingkungan, daratan luas, sampai gunung bersalju, dan dia hanya berbekal alkimia untuk menghadapi setiap tantangan yang ada. Ceritanya pun akan berubah bergantung pada keputusan Firis, sedangkan kalian berperan menjadi penuntun jalan mana yang harus diambilnya, dan bagaimana cerita bakal terungkap.


Dua Bersaudara Mistlud yang Penuh Rasa Ingin Tahu


Atelier-Firis-3

Karakter kalian adalah dua bersaudara Mistlud. Namun fokusnya terletak pada Firis. Gadis berusia 15 tahun ini memiliki kemampuan menemukan material ore yang terkubur dalam tanah, karena itulah dia juga bekerja sebagai penambang. Setelah menemukan alkimia, dia pun menggunakan ilmu tersebut sebagai bekal keluar kota. Firis dikenal diam dan tenang, namun sangat kuat hatinya. Karena itulah dia berusaha keras mencapai target menjadi seorang alchemist hanya dalam waktu setehun agar bisa mendapatkan ijin keluar kota.

Atelier-Firis-2

Firis ditemani kakaknya, Liane Mastlud. Berbeda dengan Firis yang memilih berprofesi sebagai ahli alkimia, Liane merupakan seorang Hunter. Gadis 18 tahun ini dianggap memiliki kelebihan sebagai Hunter, dan diperbolehkan keluar masuk kota. Dia tahu keinginan kuat adiknya melihat dunia luar, dan merasa iba karena Firis tidak bisa seperti dirinya. Liane banyak me,nceritakan mengenai apa yang ada di balik pintu besi pada adiknya sekaligus mendorongnya belajar alkimia.


Latar Dunia yang Luas


Atelier-Firis-14

Menurut Gust, dunia luar yang akan dilalui Firis dan teman-temannya nanti dibuat sangat luas, dan setiap bagian bisa berhubungan dengan bagian lainnya seperti dermaga, sungai, dan pegunungan. Menariknya, setiap kalian memasuki suatu wilayah yang kondisi iklimnya berbeda, misalnya bersalju, maka kostum karakter juga akan berubah menyesuaikan kondisinya, seperti dengan mengenakan pakaian yang tebal.

Atelier-Firis-13

Bahkan karena luasnya daratan, kalian bisa saja menghabiskan waktu di luar lingkungan kota. Saat itu terjadi, dan ketika kebutuhan melakukan sintesis alkimia diperlukan (seperti skenario jembatan di bawah), maka kalian bisa mencari Traveler’s Bonfire, yang tersedia  di banyak lokasi di field map. Di sini, Firis bisa melakukan sintesis alkimia menggunakan material yang dia temukan, sampai mendirikan tenda untuk beristirahat.

Atelier-Firis-17


Pilihan Firis Mempengaruhi Permainan


Selama perjalanan, Firis bakal menjumpai beragam kejadian, dimana kalian bisa menghadapinya dengan beragam cara. Bergantung pada bagaimana Firis, atau kalian yang mengendalikannya, menentukan cara menghadapinya, maka cerita, dan terkadang lingkungan yang akan dilaluinya, bakal berubah.

Atelier-Firis-19

Atelier-Firis-18

Contohnya, saat perjalanan Firis terhambat oleh jembatan yang rusak. Dia bisa saja memperbaikinya. Tinggal mengumpulkan material memanfaatkan pengalamannya dalam menambang, dia bisa menggunakan mineral yang ditemukannya untuk membuat bebatuan menggunakan teknik alkimia, dan kemudian meminta tukan batu untuk menyelesaikan prosesnya memperbaiki jambatan.

Atelier-Firis-21

Opsi lainnya, Firis bisa mencari jalan lainnya untuk menyeberangi sungai. Cukup telusuri lingkungan sekitar, ternyata dia menemukan gua misterius. Masuk ke gua dan melaluinya bisa saja mengantarkannya ke seberang sungai. Tapi bisa jadi, ada kejadian lainnya yang berujung pada opsi lain yang akan dia temui di dalamnya.


Ini Fitur Terbaik: Sintesis Alkimia!


Atelier-Firis-15Jika fitur terbaik sebuah RPG berbasis mengumpulkan monster adalah bagaimana kalian bisa melengkapi monster, menggabungkan, sampai mengevolusikannya, maka dalam serial Atelier, sintesis alkimia bisa menyita separuh waktu permainan. Ada jenis sintesis baru di sini, disebut Superdreadnought Synthesis. Dalam dunia Atelier Firis, Superdreadnought ini berbeda dibandingkan sintesis standar yang kalian kenal dalam seri sebelumnya Mengabaikan ukuran alchemy pot, sehingga kalian bisa menciptakan hasil yang mengagumkan. Gust bakal menjelaskan lebih banyak mengenai Superdreadnought nantinya.

Atelier-Firis-22

Seperti sebelumnya, aktivitas pencarian material merupakan seni tersendiri dalam Atelier. Selama di field map, material didapatkan berserakan, seperti dengan menebang pohon dan menghancurkan bebatuan. Namun akan ada banyak monster mengintai selama “perburuan” mineral tersebut. Saat pertarungan itulah, Firis membutuhkan bantuan rekan-rekannya, karena dia sendiri sebagai alkimia pasti kerepotan menghadapi monster tersebut. Oh ya, material alkimia juga bisa didapatkan dari hasil loot pertarungan.

Atelier-Firis-23


SHARE
Previous articleKamu Harus Tahu! Ini 5 Hal Penting yang Akan Terjadi dalam Thor: Ragnarok
Next article5 Fakta Unik di Balik Kesuksesan Real Madrid Juara Liga Champions
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.