Fakta Hari Lahir Pancasila yang Harus Diketahui Zaskia Gotik Sebagai Duta Pancasila

Hari lahir Pancasila

6 Alasan Ini yang Ngebuat Acara Dahsyat Udah Gak Sedahsyat Dulu Lagi!

6 Alasan Ini yang Ngebuat Acara Dahsyat Udah Gak Sedahsyat Dulu Lagi! Video Acara Dahsyat, kasus Zaskia Gotik Dahsyat RCTI
Baca Juga

Hari ini 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Hari lahirnya Pancasila merujuk pada pidato mantan presiden Indonesia pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato itulah terlahir konsep dan rumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Menteri Dalam Negeri Indonesia saat ini Tjahjo Kumolo menuturkan Hari Lahir Pancasila merupakan salah satu hari paling bersejarah dan harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pemahaman arti mengenai konsep Pancasila akan semakin mempererat persatuan kehidupan bangsa.

“Inti daripada butir-butir Pancasila wajar kalau diperingati. Bagian daripada pondasi bangsa kita sebagai bangsa yang menghargai para pahlawan, para pendiri bangsa ini. Ya saya kira wajar kalau akhirnya masyarakat lewat tokoh ormas menjadikan 1 Juni sebagai Hari Pancasila yang bersejarah bagi bangsa ini,” ujar Tjahjo Kumolo.

zaskia gotik

Meskipun Disebut Idol Grup, 5 Alasan Ini yang Membuat JKT48 Ga Pantes Jadi Idola

Menurut kamu, pantes enggak idol grup JKT48 tuh disebut grup idola? Kalau pendapat Duniaku sih, mereka kurang pantas deh disebut sebagai grup idola. Kenapa?
Baca Juga

Terkait masalah Pancasila, beberapa waktu yang lalu masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan insiden penghinaan Pancasila sebagai lambang negara oleh artis Zaskia Gotik. Pedangdut yang terkenal lewat lagu “Bang Jono” tersebut secara sembarangan melecehkan isi dari Pancasila. Meskipun bermaksud sebagai candaan, namun masyarakat Indonesia terlanjur kesal dengan apa yang dilakukan Zaskia Gotik. Tapi lucunya, ia langsung diangkat sebagai Duta Pancasila setelah menghina lambang negara.

Apakah Zaskia Gotik memiliki kapabilitas menjadi seorang Duta Pancasila? Mungkin sebagai Duta Pancasila, Zaskia Gotik belum mengetahi beberapa fakta menarik tentang Hari Lahir Pancasila berikut ini:

1

1 Juni Secara Resmi Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila


hari lahir pancasila 5Lahirnya Pancasila tercetus dari pidato presiden Ke-1 Indonesia Soekarno dalam rapat Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaa Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. Meskipun sudah 70 tahun lamanya, namun baru tahun ini hari lahirnya Pancasila ditetapkan setiap tanggal 1 Juni. Presiden Jokowi akan mengumumkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dalam peringatan di Bandung, Rabu (1/6/2016). Namun belum diketahui lebih rinci apakah penetapan tanggal 1 Juni juga turut dijadikan hari libur nasional.


2

Di Era Orde Baru, Masyarakat Dilarang Memperingati Hari Lahir Pancasila


Hari Lahir PancasilaPeringatan Hari Lahir Pancasila sempat mendapat pertentangan keras di era orde baru. Hal tersebut berkaitan dengan agenda dari proyek menyingkirkan Soekarno dari sejarah. Pada gantinya Soeharto melalui SK Presiden menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. 1 Oktober dipilih karena mengacu pada keberhasilan tentara yang dipimpin Soeharto untuk menggagalkan G 30 S, sekaligus menggulung kekuasaan Soekarno.


3

Isi Pancasila Sempat Mendapat Revisi


hari lahir pancasila 3Pada awalnya bunyi dari sila pertama Pancasila yang diputuskan oleh panitia sembilan adalah Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya. Namun isi sila pertama tersebut mendapat bayak penolakan dari masyarakat. Akhirnya sila pertama diganti dengan Ketuhanan yang Maha Esa.

Tentunya dengan menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila membuat bangsa ini dapat menghargai dan tidak pernah melupakan sejarah yang telah dibuat para pahlawan negara. Dan semoga Zaskia Gotik sebagai duta Pancasila mampu mengajak rakyat Indonesia untuk mengamalkan 5 sila sebagai konsep bernegara.