G.I. Joe, Transformers, dan Beberapa Judul Lain akan Bergabung dalam Hasbro Universe?

Transformers G.I Joe - Hasbro Universe

Hasbro Universe rupanya tak hanya akan terjadi di film, tapi juga di komik. Tak tanggung-tanggung, G.I. Joe dan Transformers pun akan satu semesta!

Marvel Cinematic Universe seakan menyadarkan para kreator tentang satu hal: fan haus akan crossover. Crossover pun pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan besar. Lihat saja film-film Marvel, yang saat Phase 1 pendapatannya tergolong rendah (apalagi dibandingkan trilogi The Dark Knight yang rilis di era itu) namun setelah The Avengers rutin memperoleh pendapatan global sekitar 800 juta hingga satu miliar dolar.

Salah satu perusahaan yang bersiap mengikuti jejak satu semesta untuk berbagai judul ini adalah Hasbro. Seperti disampaikan oleh Gizmodo sebelumnya telah diumumkan Hasbro Universe akan membaur lewat film. G.I. Joe menjadi sentral, lalu akan ada juga tokoh dari ROM The Space Knight, M.A.S.K., dan lain-lain.

Ternyata tak hanya semesta film saja yang telah dipersiapkan Hasbro. seperti yang bisa kamu lihat di gambar besar di atas, IDW selaku pemegang lisensi komik Hasbro pun bersiap membuat Hasbro Universe versi komik. Dan semesta ini bisa jadi lebih besar karena ada satu properti penting yang akan bergabung: Transformers.

Transformers 5 - Optimus Prime

Berkat film-film Michael Bay, Transformers adalah judul terbesar Hasbro saat ini. Namun karena statusnya yang sangat besar itulah para eksekutif Paramount Pictures memutuskan belum saatnya film Transformers melakukan crossover dengan judul seperti G.I. Joe. Di komik, IDW lebih bebas menentukan hal seperti itu.

Judul-judul yang akan bergabung dalam Hasbro Universe versi IDW adalah:

G.I. Joe

-Transformers

Micronauts

-ROM

M.A.S.K.

Action Man

Selain Transformers, judul-judul di atas memang sudah direncanakan akan bergabung juga di layar lebar. Dan karena lini komik ini berasal dari Hasbro Universe, yang lebih terkenal sebagai produsen mainan, mungkin tak mengherankan kalau kamu lebih mengenal mereka dalam wujud figur ketimbang komik.

G.I.-Joe-Retaliation

Review TMNT 2: Out of the Shadows – Cukup Oke dan Menghibur!

Ingin tahu kualitas film yang baru rilis ini? Simak review TMNT 2: Out of the Shadow untuk mengetahui apakah filmnya layak ditonton!
Baca Juga

G.I. Joe, Transformers, Micronauts, ROM, Action Man, dan M.A.S.K. akan saling bahu membahu dalam event besar berjudul Revolution. Sepertinya, event ini akan dipersiapkan untuk menjadi peristiwa besar, seperti Crisis on Infinite Earth-nya DC Comics atau Secret War-nya Marvel.

Setelah Revolution, setiap judul yang terlibat crossover akan di-reboot hingga kembali ke volume 1. Tapi itu bukan berarti semua ceritanya dibalik ke awal seperti yang terjadi ke New 52. Dikatakan kalau reboot penomoran itu hanya untuk menandakan era baru bagi masing-masing judul, di mana semesta baru tercipta dan para tokohnya menyadari keberadaan satu sama lain. Mungkin ini juga yang diincar untuk diwujudkan lewat layar lebar.

Mewujudkan semesta komik beda dengan semesta film. Kalau Paramount Pictures dan studio lain yang terlibat ingin mencapai kesuksesan Marvel, maka mereka harus melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan komiknya: gabungkan Transformers dengan G.I. Joe. Karena pada akhirnya itulah judul terpopuler mereka saat ini.

Masalah DC Extended Universe adalah mereka memberi kebebasan terlalu besar kepada Christopher Nolan, yang pada akhirnya digunakan sutradara genius itu untuk mengamankan film The Dark Knight Trilogy dari crossover menjadi Justice League. Padahal bila semesta sukses itu digabung, maka bisa jadi konflik Batman dan Superman di BvS bisa dibangun lebih baik, dan filmnya pun lebih sukses. Kita lihat saja apa Hasbro Universe versi layar lebar akan terkena masalah yang sama.


SHARE
Previous article5 Film Seru di Bulan Juni yang Siap Menghiburmu saat Berpuasa
Next articleLima Film Terbaik dan Paling Realistis yang Mengambil Tema Hacker
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.