Review One Piece: Burning Blood, Fighting yang Standar, Cocok untuk Cuci Mata!

Review One Piece: Burning Blood

Kalian yang sudah menantikan game One Piece terbaru, One Piece: Burning Blood, akhirnya bisa mulai memainkannya karena mulai awal Juni 2016 ini Bandai Namco merilisnya di Amerika Utara untuk PS4, Xbox One, dan PS Vita. Versi Eropanya sendiri juga menyusul hari ini. Pengguna PC Windows bisa memainkannya pada akhir Juni nanti, meskipun tanggalnya belum dipastikan. Mengiringi perilisannya, berikut launch trailer game One Piece terbaru.

One Piece: Burning Blood – Launch Trailer | PS4, XB1, Vita, Steam

Untuk versi PS-nya, kalian bisa terus memantau halaman Steam-nya di bawah ini:

Untuk versi konsol dan handheld, kalian bisa langsung ke toko digital masing-masing platform:

One Piece Burning BloodPlayStation 4 ($59.99), PS Vita ($39.99), Xbox One ($59.99)

Sebelumnya, kami sudah mengetahui jika untuk versi global dari game garapan Spike Chunsoft ini memberi penawaran terbaik. Beberapa bonus gratisannya  bakal membuat kalian susah nolak game ini. Selain itu, untuk versi globalnya juga mendapatkan tambahan mode Pirate Flag Battle, dimana kalian bisa bergabung dengan sebuah tim bajak laut, serta bertarung untuk memperebutkan wilayah kekuasaan melawan kru bajak laut lainnya.

One Piece Burning Blood – PS4/XB1/PC/PS Vita – The Pirate Flag Battle (English Trailer)

Mode tersebut menjadi bagian dari permainan online dalam One Piece: Burning Blood ini, dan di sini, kalian bisa memilih memainkan karakter apa, memilih tim bajak lautnya, kemudian masuk ke lokasi familiar dari versi manga dan animenya secara online bersama sebuah tim bajak laut. Sayangnya, bukannya kalian bisa bebas membentuk tim bajak laut sendiri, dari pilihan banyak karakter One Piece, Spike Chunsoft telah menyedaiakan pilihan beberapa bajak laut yang bisa kalian ajak menjelajahi lautan. Mereka antara lain: mulai aliansi Luffy melalui Straw Hats Pirate, Whitebeard Pirate, Red-Hair Pirate, Buggy Pirate, Blackbeard Pirate, dan Baroque Work.

One-Piece-Burning-Blood-31

One Piece Terbaru Ini Ungkapkan Aliansi Luffy Justru Bergabung dengan Musuh!

Ini gawat, bagaimana jadinya jika sang kapten justru berafiliasi dengan lawan? Bakal tamat nih cerita One Piece!
Baca Juga

Seperti tipikal game fighting berbasis anime yang begitu banyak membanjiri pasar (sampai kalian kembali berharap, kapan ada Naruto atau One Piece bergenre RPG), One Piece: Burning Blood masih membawa ciri khas banyak game berbasis anime lainnya. Penuh warna cerah, efek kilatan dan ledakan yang fantastir, dan pasti disukai oleh semua orang, dari anak-anak sampai yang dewasa. Namun tipikal game fighting berbasis anime yang tiap makin tak terhitung jumlahnya, juga kerap menghadapi masalah seperti kontrol yang kurang responsif serta keseimbangan karakter yang sepertinya mengabaikan referensi aslinya. Namun perlahan developer terus memperbaiki keluhan tersebut, dan dua game fighting berbasis anime terbaru, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 serta One Piece: Burning Blood ini mewujudkan apa yang selama ini menjadi feedback para pemain setia serial game Naruto dan One Piece.

One-Piece-Burning-Blood-38

Pertama, kalian mendapatkan cutscene CG yang hadir di sela-sela pertarungan justru lebih baik dari animasi dalam animenya, lengkap tampilan dengan raut muka dan sampai sudut pandang kameranya yang dinamis dan menyorot di saat yang tepat (meskipun terkadang terlalu dekat), sehingga kalian tidak kehilangan momen terbaik. Seperti ketika serangan kedua karakter beradu, otomatis kamera akan bergerak masuk dan mendekat terfokus pada karakter. Chunsoft dan Bandai Namco mengunci animasinya pada kualitas 60fps, sehingga semua yang ditampilkan terasa halus. Para seiyuu versi animenya pun ditarik kembali di sini, dan kalian akan merasakan nuansa yang sama seperti ketika menonton animenya selama memainkan setiap karakter.

One-Piece-Burning-Blood-49

Dalam One Piece Terbaru Ini, Nilai Bounty Luffy Bukan yang Tertinggi! Kok Bisa?

Ternyata nilai bounty Luffy di sini bisa saja lebih rendah daripada kru-nya lho! Di dalam juga dibeberkan rahasia mengenai Kung Fu Luffy, yang hanya tampil dalam cerita One Piece terbaru ini!
Baca Juga

Dan yah, seperti yang kami rasakan dalam Ultimate Ninja Storm 4, game berbasis anime seperti ini terkadang berakhir sekadar menjadi pemuas mata saja. Terus terang penulis sama seperti para bocah sekolah dasar yang juga ikut memainkannya, sangat menikmati ketika serangan para karakter dilancarkan dengan efek bombastis, cahata berkilauan, dan ledakan dimana-mana, diiringi cut-scene animasi yang seakan kalian mengendalikan animenya di sini.

Namun ketika bicara mekanis, terasa standar dengan pondasi batu-gunting-kertas, dmana serangan combo normal bisa mengalahkan serangan yang tujuannya untuk menembus pertahanan, kemudian serangan guard breaker mampu menembus pertahanan musuh, dan bertahan mampu menahan serangan normal. Tentu saja ada variasi di sana, yang perlu dikuasai untuk menambah kesan pertarungannya ga sekadar asal tekan tombol. Menjadi kompleks ketika kalian memaksimalkan gerakan seperti bertahan yang sesuai timing, sidestep, guard breaker yang lebih kuat, serangan spesial, sampai serangan yang dilakukan dari udara.

One-Piece-Burning-Blood-58

Kalian bakal makin kewalahan ketika harus memadukan mekanis dasar tersebut digunakan pada setiap karakter. Rosternya 40 karakter yang berbeda. Masing-masing dari mereka memiliki gaya bertarung dan gerakan spesial sendiri. Seperti Ace, yang dibekali tiga jenis serangan yang dengan cakupan jarak pendek, menengah dan jauh. Kemudian yang mengandalkan kekuatan fisik seperti Whitebeard lebih banyak mengandalkan teknik yang memaksa musuh untuk menjaga jarak karena ayunan tombak panjangnya.

Jika menguasai satu karakter saja sudah menyusahkan kalian, maka kalian akan makin kesulitan terus memainkan game ini, mengingat seperti Ultimate Ninja Storm 4Burning Blood juga terfokus pada pertarungan tim, dan perlu strategi dengan cara berganti (hingga maksimal tiga) karakter. Konfigurasi tim yang baik memberi banyak variasi serangan.

One-Piece-Burning-Blood-49

Keseluruhan One Piece: Burning Blood sangat menghibur bagi penggemar One Piece. Kalian bisa betarung tanpa perlu waktu panjang hanya untuk mempelajari dan menguasai gerakan karakter, dan bisa langsung menikmati adegan pertarungannya yang menghibur mata, sampai menikmati kembali nuansa pertarungan dari manga dan animenya dalam format yang “bisa dikendalikan.”
REVIEW OVERVIEW
Review Game

SHARE
Previous articleIni Lima Kejutan yang Tersaji di One PIece 828!
Next articleBegini Lho Wujud Para Karakter Harry Potter and the Cursed Child!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.