Tribute to Muhammad Ali: 5 Lawan Teraneh The Greatest Muhammad Ali

muhammad ali (5)

Mengenang Muhammad Ali, berikut adalah lima pertarungan aneh yang pernah dihadapi Ali.

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Legenda tinju dunia, Muhammad Ali, dinyatakan meninggal dunia, Jumat (Sabtu WIB) akibat komplikasi penyakit parkinson yang dideritanya. Setelah 12 tahun berjuang mengatasi sindroma parkinson, Muhammad Ali menghembuskan nafas terakhir pada usia 74 tahun.

Petinju yang terlahir bernama Cassius Clay ini. Lahir di Kentucky pada 1942, Ia menjadi juara dunia pada 1964 setelah mengalahkan juara dunia Sonny Liston. Gelarnya dicopot karena menolak ikut wajib militer pada 1967.

Pada 1970, ia kembali ke atas ring setelah masa hukumannya berakhir. Pada 1974, ia merebut kembali gelar juara dunia dengan mengalahkan George Foreman. Pada 1978, ia kehilangan gelarnya setelah kalah dari Leon Spinks, tetapi mampu merebut kembali dalam pertarungan ulang.

Muhammad Ali mengundurkan diri dari dunia tinju setelah terakhir kali bertarung pada 1981.

Banyak legenda dan kisah dari Muhammad Ali. Sebut saja pertarungan legendarisnya melawan Sonny Liston, Joe Frazier, George Foreman, dan lainnya. Lalu tingkahnya yang bengal di luar ring menarik perhatian media massa, juga ketika ia memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Namun dari sekian lawan yang ia hadapi, tidak hanya petinju-petinju terkuat saja. Namun Muhammad Ali juga pernah menghadapi lawan-lawan yang… aneh.

Beberapa list ini mungkin tidak membuat kita mengingat kebesaran nama Muhammad Ali, namun sebagai side story unik yang menarik untuk diketahui.

Lawan-lawan teraneh dari Muhammad Ali antara lain adalah:

Elvis Preasley

muhammad ali (1)

Konon, Muhammad Ali dan Elvis Preasley adalah teman baik. Yang satu -Ali- adalah raja tinju, dan yang lainnya -Elvis- adalah raja rock and roll. Tentunya mereka berhadapa bukan sebagai lawan, namun foto antara Ali dan Elvis ini jadi terlihat menarik.

Elvis had a robe made for me. I don’t admire nobody, but Elvis Presley was the sweetest, most humble and nicest man you’d want to know

-Muhammad Ali

Ali juga memiliki jubah buatan Elvis, menandakan kedekatan di antara mereka

Jackson 5

muhammad ali (4)

Pada masa kecilnya, sang raja pop Michael Jackson bergabung dalam band yang beranggotakan saudara-saudaranya, yaitu Jackson 5. Band ini sangat populer, bahkan memiliki variety show nya sendiri.

Pada episode ke-3, show ini mengundang Muhammad Ali. Namun yang menarik tentunya foto ini, dimana Ali tampak dihabisi para Jackson 5.

Beatles

muhammad ali (2)

Saat persiapannya menghadapi Sonny Liston, Ali -saat itu masih bernama Cassius Clay- dijenguk oleh band ternama The Beatles. Konon, saat pemotretan ini mereka baru saja dari mengunjungi Sonny Liston, dan saat bertemu Clay, mereka sebenarnya tidak tertarik mengingat saat itu bandar taruhan mengungguli Sonny 7-1.

Siapa sangka, foto konyol ini menjadi salah satu foto pop kultur populer diiringi kejayaan Muhammad Ali.

Andre the Giant

muhammad ali (3)

Dahulu, pertarungan gulat melawan bintang tamu mungkin adalah hal yang tak lazim sebagaimana match di WWE. Namun setidaknya Andre the Giant pernah bertemu dengan Muhammad Ali, walaupun di luar ring.

Foto ini menunjukan kemungkinan tidak seimbangnya pertarungan antara Andre the Giant melawan Ali. Sayangnya mereka tidak pernah benar-benar bertarung di atas ring.

Superman

muhammad ali (1)

Bagaimana bisa terjadi  Ali vs Superman? Tentu saja bisa jika ini terjadi di dunia komik! Bahkan Superman vs Muhammad Ali terbit dalam komik khusus tersendiri.

Konon, bumi akan diinvasi alien. Namun invasi ini diwakili oleh pertarungan di atas ring. Konon sang alien mengendalikan Superman, dan menjadikannya sebagai jawara. Sefangkan jawara dari bumi, tentu saja tidak lain adalah Ali.

Akhir cerita, Muhammad Ali sempat terdesak oleh Superman, namun pada akhirnya Ali lah yang menjadi pemenangnya!

Yang menarik, Ali mengetahui identitas Superman sebagai Clark Kent, namun tentu ia berjanji untuk merahasiakan hal ini.

muhammad ali (6)

Komik yang terbit pada 1978 ini dicetak ulang pada tahun 2010.


SHARE
Previous articleGawat! Musuh Utama One Piece Film: Gold Ternyata Punya Buah Iblis Terkuat!
Next articleRibuan Cheater Overwatch Terkena Banned Permanen Oleh Blizzard
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.