Lebih Gahar dengan RAM 8GB, ZenFone 3 Deluxe Benchmark Siap Rajai Puncak!

Android Terbaik 2016 ZenFone-3-Deluxe-14

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016, harga ZenFone 3 Deluxe benchmark, cara root ZenFone 3 Deluxe root
Baca Juga

Asus resmi mengkomfirmasikan seri Asus ZenFone 3 pada 30 Mei kemarin selama event Computex 2016 di Taiwan. Kabar mengenai spesifikasi smartphone unggulan Asus ini, bahkan sampai prediksi harga ZenFone 3 sudah banyak tersiar sejak awal tahun lalu. Satu yang paling menarik dari ZenFone 3 adalah varian teratasnya yang langsung dikonfirmasikan saat itu juga, yaitu ZenFone 3 Deluxe. Spesifikasinya seakan menjadi impian para gadgeter. Mulai prosesor terkuat Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530 yang sudah mendukung Vulkan API untuk aktivitas gaming yang lebih gegas, sensor kamera Sony Exmor RS IMX318 yang notabene baru saja dikonfirmasikan awal tahun ini oleh Sony, internal storage mencapai 256 GB untuk varian tertinggi, layar Super AMOLED yang di atas kertas juga lebih irit serta menjadi yang pertama untuk lini Android Asus, serta yang banyak disambut baik, memory RAM mencapai 6GB.

Walaupun kami sendiri juga bingung mau dipakai apa jatah RAM sebesar itu, namun pengalaman tahun lalu membuktikan jika Asus berhasil menempatkan ZenFone 2 mereka sebagai patokan benchmark smartphone lainnya yang juga mengekor dengan jatah RAM yang sama. Namun saat ini dengan RAM 6GB tersebut Asus akan berat jika menjadikan ZenFone 3 Deluxe sebagai kiblat, mengingat sudah ada beberapa smartphone Android asal Cina lainnya yang dikonfirmasikan sebelum mereka dan menggunakan RAM 6GB. Bahkan pabrikan smartphone besar lainnya, seperti Samsung dan OnePlus juga ancang-ancang memberikan RAM 6GB untuk Samsung Galaxy Note 6 serta OnePlus One 3. Apa mungkin mereka sempat berpikir, bagaimana jika menjual smartphone dengan RAM 8GB?

Android Terbaik 2016 ZenFone-3-Deluxe-4

Ini masih sekadae rumor, namun disebutkan jika Asus memang menyiapkan varian lain ZenFone 3 Deluxe yang akan menjalankan chipset Qualcomm MSM8996 Pro Snapdragon 823 dengan kecepatan prosesor dan GPU yang lebih kencang. Ada epat core CPU Kryo 100 di sana, dengan detailnya, 2.0 + 1.5 GHz pada satu cluster, dan 2.6 + 2.0 GHz yang berfungsi sebagai penggerak terkencang pada cluster lainnya. Jika dalam Snapdragon 820 Adreno 530-nya hanya dikunci pada kecepatan 624MHz, maka pada Snapdragon 823 kalian mendapatkan kecepatan maksimalnya pada 720MHz. Selain itu, berkat penggunaan prosesor yang lebih kencang, banchwidth memory-nya juga meningkat sekitar 15% menjadi 2133 MHz (34.1 GB/s). Meskipun tidak terlalu signifikan, namun jelas akan ada bedanya dibandingkan Snapdragon 820. Khususnya, karena Snapdragon 823 mendukung modul memory RAM hinga kapasitas 8GB! Snapdragon 823 saat ini dirumorkan juga direncanakan untuk Galaxy Note 7, LG G Flex 3, OnePlus 3 dan juga Microsoft Surface Phone, walaupun sejauh ini keduanya juga belum pasti apakah benar menggunakan RAM 6GB, atau justru dimaksimalkan sampai 8GB.

Spesifikasi, Keunggulan dan Harga ZenFone 3 Ini Bikin Android Lain Jadi Ga Menarik!

Spesifikasi, Keunggulan dan Harga ZenFone 3 Ini Bikin Android Lain Jadi Ga Menarik! Spesifikasi ZenFone 3 benchmask, cara root ZenFone 3 root guide
Baca Juga

Varian khusus Snapdragon 823 ini kabarnya hanya akan tersedia untuk beberapa pasar saja, seperti di India dan Filipina. Namun sejauh ini belum bisa dipastikan apakah benar demikian, mengingat ZenFone 3 Deluxe dengan prosesor Snapdragon 820 juga baru dijual kuartal ketiga nanti, atau sekitar Juli – September 2016 mendatang. Semoga saja di Indonesia tidak molor ya penjualannya, seperti ZenFone Selfie dan lini ZenFone pertama yang sempat membuat Asus diganjar PHP oleh konsumen. Namun jika benar varian Snapdragon 823 bakal ada, akan kembali menempatkan Asus sebagai yang pertama, dan membuat mereka sebagai patokan benchmark smartphone dengan RAM terbesar.

ZenFone 3 Deluxe Benchmark ZenFone 3 Deluxe Benchmark

Di sisi lain, ZenFone 3 Deluxe sendiri juga sudah diganjar sebagai salah satu Android tercepat di dunia, karena hasil ZenFone 3 Deluxe benchmark GeekBench 3 yang mendapatkan nilai multi-core mencapai 5,420, mengalahkan Samsung Galaxy S7 dengan varian Snapdragon 820 yang nilainya sekitar 5,300-an. Namun nilai tersebut tetap lebih rendah dibandingkan Galaxy S7 internasional yang menggunakan prosesor Exynos 8 Octa dengan nilai 6,500. Wajar, karena Exynos 8 Octa core prosesornya 8, sedangkan Snapdragon hanya memaksimalkan 4 core saja. Untuk uji benchmask AnTuTu, ZenFone 3 versi live demo yang dibawa asus selama Computex 2016 kemarin mampu menorehkan nilai hingga 138 ribuan! Jauh di atas Galaxy S7 yang rata-rata masih mencapai nilai 134 ribuan, atau Xiaomi Mi5 dengan nilai 135 ribuan. Dengan demikian sebenarnya Snapdragon 820 yang digunakan dalam ZenFone 3 Deluxe sudah cukup merajai punchak benchmark saat dijual nanti. Namun untuk lebih meyakinkan Asus jika ZenFone 3 Deluxe benchmark ini yang paling tinggi, Asus juga akan meluncurkan varian lain dengan prosesor Snapdragon 823.

ZenFone 3 Deluxe Benchmark dan Gaming


SHARE
Previous articleRibuan Cheater Overwatch Terkena Banned Permanen Oleh Blizzard
Next articleKisah Muhammad Ali Saat Bertinju di Stadion Gelora Bung Karno
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.