Dreams Come True! Final Fantasy XII: The Zodiac Age Dikonfirmasikan untuk PS4

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (8)

Ada Apa Square Enix? Karakter Mevius Final Fantasy Sampai Ga Mampu Beli Celana Dalam!

Kita harus bantu Square Enix menentukan seperti apa masa depan Final Fantasy...
Baca Juga

Meskipun kami sempat menyangsikan langkah Square Enix dalam mengarahkan masa depan serial Final Fantasy, namun tidak bisa dipungkiri strategi mereka membangkitkan seri-seri klasiknya, yang sepertinya digunakan sebagai sarana nostalgia, atau bagi mereka yang sedikit tidak setuju dengan konsep karakter “boyband” dalam Final Fantasy XV, juga termasuk harapan yang dulu mungin hanya menjadi angan-angan saja. Namun dengan diwujudkannya Final Fantasy VII Remake, penggemar Final Fantasy, khususnya seri-seri lama untuk PlayStation One dan PlayStation 2, seakan mendapat semangat baru kembali menggemakan harapan agar Square Enix mau memoles kembali game lamanya untuk platform modern.

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (3)

Dan yang satu ini juga termasuk seri Final Fantasy terfavorit, serta menjadi indikasi kuat jika game lainnya yang memiliki latar lokasi sama juga akan mengikutinya. Square Enix mengkonfirmasikan Final Fantasy XII: The Zodiac Age untuk PlayStation 4, dengan rencana rilis tahun 2017.

Final Fantasy XII: The Zodiac Age merupakan remake high-definition Final Fantasy XII International Zodiac Job System, yang sejauh ini diumumkan dengan perubahan di sisi desain game, ada sistem tambahan, serta peningkatan sistem lainnya disesuaikan dengan platform generasi saat ini. Beberapa pembenahan yang dikonfirmasikan Square Enix antara lain:

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (4)

Peningkatan Visual

  • Kini menggunakan visual resolusi tinggi untuk latar belakang, model karakter, dan semua bagian 2D termasuk juga font tulisan
  • Adegan film cutscene juga diubah resolusi tinggi
  • Ekspresi visual menyesuaikan dengan kekuatan platform game saat ini

Peningkatan Suara

  • Dukungan suara surround 7.1channel
  • Dukungan suara berkualitas tinggi
  • Suara karakter dalam bahasa Inggris dan Jepang (bebas diganti dalam konfigurasi)
  • Musik soundtrack orisinalnya, dan juga yang diaransemen ulang (bebas diganti dalam konfigurasi)

Peningkatan Sistem

  • Waktu loading yang dipersingkat
  • Fungsi save data otomatis
  • Mode high-speed / Turbo yang diperbaiki, serta pengoperasian selama mode tersebut juga ditingkatkan

 

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (1)

Dan untuk tim yang menanganinya sebagai berikut:

  • Producer: Kato Hiroshi Akira
  • Director: Takashi Katano
  • Art Direction: Takahashi Ryotaro (CGStyle Co., Ltd.)
  • Technical Direction: Iwamura Shizuki
  • Game Design: Jun Akiyama
  • Composer: Hitoshi Sakimoto (Basis Cape)
  • Music Editor:Kawamori Yoshi
  • SFX Direction: Tomohiro Yajima
  • Movie Direction: Ikkō Igomori
  • Supervisor: Hiroyuki Ito, Hiroshi Minagawa

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (5)

Square Enix juga sudah merilis video trailer pertamanya di bawah. Ya, kalian tidak perlu merasa di-PHP soal eksistensi pesawat udara seperti pada Final Fantasy XV, karena di sini pesawat udara adalah kendaraan umum bagi seorang bajak udara seperti karater utama kalian.

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (6)

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu!

Square Enix berhasil menghapus keraguan penggemar Final Fantasy. Proyek Final Fantasy XV ternyata bukan sekadar kisah perjalanan pangeran ganteng dan 3 bodyguard-nya! Selain tanggal rilis, pesawat pun dipastikan kembali di sini!
Baca Juga

Melihat video di atas, sepertinya semuanya terlihat beresolusi tinggi. Kemudian efek pencahayaannya juga lebih baik, musik yang lebih enak didengar, serta gameplay yang mengacu pada versi International Zodiac Job System, yang dirilis setahun setelah versi aslinya, pada Agustus 2017 silam untuk PS2. Sayangnya, versi International Zodiac Job tersebut tidak pernah ditranslasikan, sehingga menjadikan remake untuk PS4 ini kesempatan emas untuk siapa saja yang ingin merasakan Final Fantasy XII dalam gameplay yang lebih lengkap. Hal itu juga menjelaskan kenapa dalam remake ini ditambahkan subtitle “The Zodiac Age.” Oh ya, membaca kebiasaan Square Enix sebelumnya, kalian sabar saja, karena kemungkinan setahun setelah versi PS4 game ini dirilis, akan menyusul versi PC melalui Steam.

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac Age (7)

Saat itu, International Zodiac Job System juga ada sebagai bagian Square Enix mempromosikan Ivalice Alliance, proyek game semacam Compilation of Final Fantasy VII, yang beranggotakan semua game dengan latar lokasi dunia Ivalice. Selain Final Fantasy XII, kalian mendapati semua seri Final Fantaxy Tactics, Crystal DefendersFinal Fantasy XII: Revenant Wings, hingga satu game yang juga banyak diharapkan kebangkitannya, Vagrant Story. Apakah dengan dikonfirmasikannya remake Final Fantasy XIIL The Zodiac Age ini kita juga akan mendapatkan remake Ivalice Alliance lainnya? Semoga saja, khususnya Vagrant Story, karena game tersebut menjadi segelintir game Jepang, dan juga gamenya Square Enix, yang diganjar nilai 10, atau sempurna oleh banyak media game dunia karena orisinalitas gameplay dan juga skenario cerita yang begitu dramatis!


SHARE
Previous articleReview The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist – Siap Menjerit dari Menit Pertama
Next articleTales of Zestiria the X, Calon Anime Favoritmu di Musim Panas Ini
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.