Next Door Land, Game dari Agate Studio yang Ajak Kamu Jalan-jalan ke Australia!

next door land

Ingin jalan-jalan ke Australia, namun tabungan masih belum cukup atau masih terbentur dengan rutinitas sehari-hari? Tenang saja, karena Agate Studio bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Australia telah merilis game mobile baru yang akan mengajakmu jalan-jalan ke Australia dan mempelajari budayanya berjudul Next Door Land!

Game ini sendiri dikembangkan oleh Agate Studio dan Kementerian Luar Negeri Australia bersama dengan beberapa pihak lain seperti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Rumah Belajar, Australia Indonesia Youth Association, dan Asia Education Foundation, plus didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan Twitter Indonesia. Game ini sendiri diluncurkan pada tanggal 23 Mei 2016 lalu, dan hashtag #NextDoorLand sempat menjadi trending topic di Twitter Indonesia karena di-tweet oleh akun milik @AgateStudio, @DubesAustralia, @Triawan, @BekrafID, @TwitterID dan @aiya_national.

next door land

Peluncuran game ini yang dilakukan di Conclave Jl. Wijaya dihadiri oleh perwakilan beberapa pihak tersebut seperti Duta Besar Australia Paul Grigson sebagai wakil Kementrian Luar Negeri Australia, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf, dan Managing Partner Shieny Aprilia sebagai wakil dari Agate Studio. Rilisnya Next Door Land ini seperti bentuk penegasan pernyataan Mendikbud Anies Baswedan pada bulan Maret lalu usai rapat di Istana Negara, Jakarta, “Game itu sendiri bisa mendidik. Jadi jangan buru-buru game itu salah. Game itu secara prinsip netral. Kayak api lah, bisa membakar bisa buat ngangetin tubuh,” ungkap Anies Baswedan kala itu.

Disebut penegasan, karena tujuan Next Door Land dikembangkan sendiri adalah mendidik, yaitu agar anak-anak Indonesia dan Australia saling mempelajari dan mengenali kebudayaan, tradisi, hingga masyarakatnya. Harapan di kedepannya agar lebih banyak lagi kerja sama yang terjalin antar kedua negara, Indonesia dan Australia. Yap, di game ini kamu bisa teleportasi dari Indonesia ke Australia atau sebaliknya untuk mempelajari budaya, tradisi hingga masyarakatnya melalui kisah dan mini game yang tersedia. Total ada kurang lebih 20 mini game yang bisa kamu mainkan sembari mempelajari kebudayaan di dua negara tersebut.

next door land

next door land

Kamu akan menjelajah keramaian lalu lintas Jakarta, belajar gamelan, memasak makanan Indonesia, atau berlomba mencapai puncak Jembatan Sydney Harbour, berselancar di dekat Perth, hingga bermain kriket di Adelaide. Sistem demokrasi, sejarah, musik, olahraga, budaya tradisional, arsitektur, sampai mitologi Indonesia Australia juga dapat ditemui dalam Next Door Land. Mini game yang disajikan juga menyesuaikan apa yang kamu pelajari, sebagai contoh jika kamu mempelajari gamelan, maka kamu akan disuguhi dengan gameplay ala rhythm game.

next door land

next door land

Sebuah game yang menarik, dan tentu sangat positif karena sekaligus memberikan edukasi kepada para pemainnya. Bahkan pihak pengembang juga menyediakan petunjuk bagi para guru yang ingin menjadikan game ini sebagai salah satu pelajaran di sekolah, mengacu kepada kurikulum pendidikan di Australia. Tertarik untuk mencicipi Next Door Land? Game ini sudah tersedia secara gratis untuk Android, iOS dan Windows Phone. Kamu bisa men-download-nya melalui tautan di bawah ini.

Download Next Door Land: