Selain Jadwal Puasa, Ini Jadwal yang Mesti Diatur di Ramadhan 2016

ramadhan (1)

Banyak kegiatan menarik di Ramadhan 2016. Mengatur jadwal puasa adalah rencana yang perlu agar bisa menjalani kegiatan dan ibadah dengan teratur.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Tak terasa Ramadhan 2016 pun tiba. Tentunya ini adalah bulan dimana umat Islam mencari keberkahan, melalui ibadah puasa, shalat taraweh, mengaji, dan kegiatan lainnya. Dan seperti biasanya juga, pada bulan ini kegiatan sehari-hari akan berbeda karena ada jadwal yang mesti diatur. Maka tidak aneh jika orang-orang biasa mencari jadwal puasa agar ibadah puasa bisa teratur dan baik.

Namun untuk 2016 tidak hanya jadwal puasa saja yang mesti diatur oleh umat Islam -khususnya di Indonesia-. Tentunya selain jadwal puasa, biasanya juga perlu diatur jadwal buka bersama yang biasa diadakan di bulan Ramadhan. Tentunya selain agar tidak berbentrokan, harapannya kita bisa tetap bersilaturahim dengan teman, kerabat, saudara, hingga rekan kerja di bulan Ramadhan ini.

Namun tidak hanya itu saja, di tahun 2016 ini ada juga jadwal-jadwal lain yang mesti kita atur selain jadwal puasa. Maka dari itu selain jadwal puasa, berikut adalah jadwal-jadwal yang mesti kita siapkan di bulan Ramadhan 2016 ini.

Jadwal Imsakiyah

Jadwal Imsakiyah atau terkadang kita menyebutnya jadwal puasa, adalah jadwal yang perlu kita ketahui di bulan Ramadhan ini. Hal ini dikarenakan waktu berpuasa hingga berbuka di tiap daerah terdapat perbedaan. Contohnya di Indonesia biasanya puasa berlangsung selama 13 jam. Namun di Australia puasa bisa berlangsung hanya 10 jam, atau di Perancis, puasa bahkan bisa berlangsung selama 18 jam!

Untuk jadwal imsakiyah di wilayah Indonesia, contohnya bisa dilihat di akun-akun Kementerian Agama Republik Indonesia. Contohnya akun instagramnya yaitu kemenag_ri

Jadwal Imsakiyah #Ramadhan Tahun 1437H

A photo posted by Kementerian Agama RI (@kemenag_ri) on

Sedangkan untuk wilayah-wilayah di Indonesia, jadwal imsakiyah bisa dilihat di Sihat Kemenag RI

Jadwal Buka Bersama

jadwal puasa

Buka bersama adalah jadwal yang biasanya mesti diatur saat bulan Ramadhan. Momen berbuka bersama biasanya dinanti terutama yang ingin bersilaturahim dengan kawan lama, teman sekantor, hingga sanak saudara. Namun mengatur jadwal berbuka dalam 30 waktu bukanlah hal mudah.

Walaupun begitu tidak ada salahnya untuk mengikuti tradisi buka bersama. Selain bisa mengunjungi berbagai tempat, mempererat tali silahturahim, beberapa acara buka bersama juga terdapat acara sosial yang saying untuk dilewatkan.

Jadwal Copa America

ramadhan (2)

Keunikan dari bulan Ramadhan tahun 2016 ini adalah, selain kita mesti mengetahui jadwal puasa, ada baiknya juga mengetahui jadwal Copa America 2016. Copa America 2016 bertajuk “Centenario” karena menyambut 100 tahun perhelatan Copa America. Copa America Centenario ini diadakan di Amerika Serikat, menyajikan pertandingan tim nasional dari negara di Amerika Serikat seperti Kolombia, Kosta Rika, Amerika Serikat, Paraguay, Brasil, Ekuador, Peru, Haiti, Argentina, Cile, Panama, Bolivia, Uruguay, Jamaika, Venezuela, dan bintang tamu Meksiko.

Mengingat jadwal pertandingannya pada pagi hari –dari pukul 03.30 hingga pukul 08.30 WIB- maka ini bisa jadi momen penghantar sahur yang seru bersama penikmat sepak bola lainnya. Atau untuk pengisi waktu di pagi hari melihat aksi sepakbola indah ala benua latin.

Untuk itu tak ada salahnya mengetahui jadwal Copa America sebagai alternatif pengisi Ramadhan.

Jadwal Copa America Centenario

Jadwal Euro 2016

ramadhan (3)

Keunikan dari bulan Ramadhan lainnya di tahun 2016 ini adalah adanya Piala Eropa 2016. Euro 2016 memang baru akan mulai digelar 10 Juni mendatang, namun ini akan semakin memeriahkan Ramadhan 2016 mengingat hampir bersamaan dengan Copa America.

Euro 2016 diikuti oleh 24 peserta antara lain Albania, Belgia, Kroasia, Republik Ceko, Inggris, Perancis, Jerman, Hungaria, Islandia, Italia, Irlandia Utara, Polandia, Portugal, Irlandia, Romania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, dan Wales.

Mengingat jadwal pertandingannya pada malam menjelang pagi hari –dari pukul 19.45 hingga pukul 01.45 WIB- maka ini bisa jadi momen penghantar sahur yang seru bersama penikmat sepak bola lainnya dengan menyaksikan sepakbola kelas tinggi ala Eropa

Untuk itu tak ada salahnya mengetahui jadwal Euro 2016 sebagai alternatif pengisi Ramadhan.

Jadwal Euro 2016


SHARE
Previous articleLenovo Indonesia Raih Digital Popular Brand Award 2016
Next article5 Film Religi Terbaik untuk Mempertebal Keimanan di Bulan Puasa
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.