Persona 5 Dirilis Tepat di Hari Valentine! Jaga Hati Kalian, Jangan Sampai Tergoda!

Persona-5-Global-2

Persona 5 Dirilis September, Lengkap dengan Kolaborasi Persona 3 dan Persona 4

Setelah ditunda cukup lama, akhirnya Atlus memastikan kapan Persona 5 dirilis... sudah siap menjadi "pencuri hati" para remaja keren ini?
Baca Juga

Seperti yang kami utarakan sebelumnya, Atlus bakal membawa Persona 5 (atau biasa disebut juga cukup dengan singkatan P5) selama event E3 2016. Dan kemarin mereka sudah memastikan kehadiran salah satu RPG Jepang yang paling ditunggu penggemarnya ini, khususnya, kepastian jadwal rilisnya di luar Jepang. Jika versi Jepangnya nanti bakal hadir 15 September 2016, maka untuk translasinya baru bisa kalian nikmati setengah tahun kemudian. Tepatnya, Persona 5 bakal menghiasi hari Valentine kalian karena muncul tepat 14 Februari 2017 untuk PlayStation 3 dan PlayStation 4. Atlus juga telah membuka sesi pemesanan awalnya, dan selain versi game standar untuk PS3, mereka menyediakan paket khusus PS4 SteelBook Launch Edition dan juga “Take Your Heart” Premium Edition. Ya, hanya untuk PS4! Ini semacam pemaksaan secara halus agar kalian segera upgrade PS3 ke PS4!

SteelBook Launch Edition

Persona 5Dijual sekitar Rp800 ribuan, SteelBook Launch Edition tersedia untuk pemesanan awal, dan pembelian ketika gamenya telah dirilis, namun dalam persediaan yang sangat terbatas.

“Take Your Heart” Premium Edition

Persona 5Dijual sekitar Rp1.2 jutaan, “Take Your Heart” disiapkan khusus untuk kolektor, dengan berbagai bonus berikut:

  • Soundtrack CD: Musik Persona 5 pilihan dari komposer legendaris serial Persona, Shoji Meguro di dalam sebuah CD wallet yang dihiasi artwork P5.
  • Morgana Plush: Kucing Morgana bukan sekadar maskot Phantom Thieves, dia juga anggotanya. Ya, dia memang kucu, dan berkat edisi spesial ini kalian bisa memeluk boneka Morgana setinggi 10cm.
  • Art book hardcover 64-halaman: Dipenuhi gambar konsep, art karakter, dan semuanya digambar oleh desainer karakter P5, Shigenori Soejima.
  • SteelBook: Game P5 secara khusus mendapatkan cover steelbook sendiri, yang dihiasi desain Persona 5.
  • School Bag: Ya, bonus tas sekolah yang desainnya mengacu pada tas sekolah remaja Jepang. Pasti kelihatan keren jika kalian gunakan di Indonesia, apalagi ada hiasan logo Shujin Academy, sekolah dimana para karakter kalian belajar.
  • Collectible Outer Box: Menurut Atlus, ini adalah kotak khusus untuk menyimpan semua koleksi P5 Take Your Heart, dan menjadi kotak terbesar dalam sejarah edisi spesial game yang dipasarkan Atlus. Pasti biaya kirimnya bakal mahal ya jika dipesan dari luar negeri.

Selain konfirmasi tanggal rilis globalnya, selama E3 2015 Atlus juga berencana mendatangkan langsung sang desainer karakter, Shigenori Soejima yang akan hadir di Atlus booth Atlus dalam sesi tanya jawab dan tanda tangan, sekaligus sedikit memberikan pendapatnya mengenai desain karakter dalam Persona 5 ini. Selain Soejima, Atlus juga berencana mengundang tamu lainnya, yang belum diungkapkan saat ini.

Persona-5-7

Persona 5 mengisahkan petualangan sekelompok anak muda yang menyebut diri mereka Phantom Thieves. Dari namanya, memang mengesankan karakter kalian di sini adalah pencuri. Namun sebelumnya telah disebutkan jika konsep ceritanya terfokus pada “mencuri hati,” yang dilakukan dengan cara memasuki hati seseorang secara diam-diam layaknya seorang pencuri. Disebut “Heart’s Phantom Thieves,” kelompok karakter kalian memperingatkan pada target untuk mengakui kejahatan mereka dan berubah, dan mereka bertindak untuk mencuri “hati yang jahat” dari “para orang dewasa yang jahat” untuk mengubah dunia yang mereka anggap telah bobrok. Sepertinya tujuannya baik ya!

Persona-5-6

Menurut Atlus sendiri, Persona 5 merupakan game yang mengangkat konflik internal dan eksternal sekelompok remaja SMU yang bermasalah, baik itu karakter utama kalian, dan teman-temannya yang dia temui di sepanajng cerita. Mereka menjalani kehidupan ganda sebagai Phantom Thieves. Selama siang hari, aktivitas mereka tipikal remaja SMU, masuk kelas, menjalani aktivitas pasca sekolah, dan juga melakukan kerja paruh waktu. Namun saat malam tiba, mereka memiliki petualangan sendiri menggunakan kekuatan dari “dunia lain” untuk memasuki hati manusia. Bukan hati dalam artian organ tubuh ya.

Persona-5-8

Kekuatan tersebut datang dari Persona, semacam konsep psikologis Carl Jung mengenai “ego”. Para karakter kalian percaya jika masyarakat memaksa setiap orang mengenalan topeng untuk melindungi jiwa mereka yang rentan, dan dengan jalan membuka topeng serta melawan diri mereka sendiri, para karakter mampu membangkitkan kekuatan dalam dirinya (Persona), dan menggunakannya untuk membantu siapa saja yang membutuhkan.


SHARE
Previous articleHorizon: Zero Dawn Gambarkan Manusia Nyaris Punah, dan Bumi Kembali ke Era Prasejarah
Next articleDari Ketua OSIS Sampai Hacker Wanita, Karakter Persona 5 Makin Aneh Saja
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.