Dari Ketua OSIS Sampai Hacker Wanita, Karakter Persona 5 Makin Aneh Saja

Persona-5-1

Atlus telah memastikan jika Persona 5 bakal dirilis di luar Jepang untuk PlayStation 3 dan PlayStation 4 pada 14 Februari 2017 mendatang. Pernyataan tersebut diungkapkan sebulan pasca mereka memastikan jika game ini akan dirilis di Jepang 15 September 2016 nanti. Bersamaan dengan konfirmasi tanggal rilis Jepangnya, Atlus memberikan petunjuk dalam sebuah artwork (lihat di atas) beberapa karakter Persona 5 baru yang akan menjadi kalian temui, atau bahkan menjadi rekan, selama memainkannya, termasuk juga salah satunya melalui sebuah video. Jika kalian lupa dengan videonya, lihat kembali di bawah ini:

Memang dalam video tersebut hanya ada satu yang ditampilkan, namun sebenarnya ada tiga karakter Persona 5 baru, yaitu Makoto, Futaba (gadis berkacamata yang kalian lihat di atas), dan Haru.

Makoto Niijima (disuarakan Rina Sato)

Karakter-Persona-5-1

Persona 5 Dirilis Tepat di Hari Valentine! Jaga Hati Kalian, Jangan Sampai Tergoda!

Persona 5 Dirilis Tepat di Hari Valentine! Jaga Hati Kalian, Jangan Sampai Tergoda! Download Persona 5 video, guide Persona 5 guide, cheat Persona 5 cheat
Baca Juga

Murid SMU kelas 3 di Syujin Academy seperti karakter utama kalian. Kalau kalian juga sekolah di sana, pasti kenal dengan Makoto, karena cewek ini menjabat sebagai presiden OSIS, yang dikenal memiliki pikiran tajam dan sikap yang penuh perhitungan. Meskipun tenang, memiliki rasa tanggung jawab tinggi, dan kemampuan mengambil tindakan, namun Makoto juga terkenal memiliki harga diri yang baik, meskipun kerap terlalu serius dan menolak kompromi. Seperti karakter kalian lainnya, dia memiliki masalahnya sendiri, dan pada akhirnya memicu terbangunnya Persona miliknya, sekaligus menimbulkan sebuah insiden.

Joanna

Karakter-Persona-5-4

 

Persona awal Makoto ini bentuknya unik, motor gede. Anehnya, di sisi depan seperti kepala wanita. Seperti Persona lainnya, nama ini juga sepertinya terinspirasi dari tokoh nyata, atau legenda. Joanna sendiri sama seperti nama “Pope Joan,” atau Paus Yohana. Menurut legenda, dia disebut-sebut sebagai paus perempuan pertama, dan diduga menjabat sejak tahun 853 hingga 855, yang berdasarkan sebuah legenda yang tersebar pada Abad Pertengahan. Paus Yohana menurut kebanyakan sejarawan adalah tokoh fiktif, yang mungkin lahir sebagai sebuah satir anti kepausan.

Futaba Sakura (disuarakan Aoi Yuki)

Karakter-Persona-5-2

Gadis dengan kemampuan komputer dan pemrograman melebihi manusia biasa. Namun dia juga dikenal susah berkomunikasi langsung, dan makin tertutup setelah ditambah insiden yang terjadi padanya. Futaba seharusnya berada di kelas 1 SMU, namun dia tidak lagi sekolah setelah lulus SMP. Dalam video di atas, sekilas diperlihatkan aktivitas Futaba di depan komputer. Apakah dia memiliki kemampuan komputer setara hacker? Dalam rangka apa dia terlibat dengan kegiatan Phantom Thief karakter kalian?

Necronomicon

Karakter-Persona-5-5

Seperti inilah Persona pertama Futaba. Persona yang namanya secara langsung mengambil referensi dari buku sihir yang eksis di tengah cerita fiksi H. P. Lovecraft. Di sekujur tubuhnya sepertinya tersimpan banyak informasi dan teknik, yang kemungkinan besar bukan sihir, namun ada hubungannya dengan kekuatan misterius yang dimiliki Futaba. Ya, bentuknya juga mirip seperti unidentified flying object, alias UFO. Apakah Futaba itu alien?

Haru Okumura (disuarakan Haruka Tomatsu)

Karakter-Persona-5-3

Bajak Laut Sampai Ahli Pedang Zoro, Persona 5 Bukan Sekadar Kisah Para Pencuri

Bajak Laut Sampai Ahli Pedang Zoro, Persona 5 Bukan Sekadar Kisah Para Pencuri, gambar Persona 5, video Persona 5, guide Persona 5, Persona 5 PS3
Baca Juga

Murid SMU kelas tiga di Syujin Academy. Berbeda dengan karakter lainnya yang datang dari keluarga biasa, Haru ini merupakan putri seorang presiden perusahaan yang bergerak di bisnis restoran besar di Jepang. Besar di tengah keluarga kaya, sikapnya begitu terjaga, elegen dan naif, namun di sisi lain dia kerap mengamati orang lain. Bertolak belakang dengan Futaba, Haru cukup supel, ditunjang juga penampilannya yang lemah lembut dan keahliannya bergaul serta membina relasi. Sayangnya, mungkin juga karena lingkungan dimana dia dibesarkan, dia juga tidak menghargai hubungan antar manusia, serta menghindari intereaksi yang terlalu dengan siapa pun juga. Seperti yang lainnya, sebuah insiden memicu bangkitnya Personanya… namun belum diketahui insiden apa itu.

Milady

Karakter-Persona-5-6

Persona awal Haru Okumura ini bentuknya memang tipikal desain nyentrik Persona selama ini. Milady, Persona dengan penampilan wanita yang mengenakan gaun cantik bersulam bunga. Namun dibalik penampilan elegannya, tersimpan senjata yang sangat kuat. Nama Milady sendiri juga muncul di tengah cerita The Three Musketeers.

Untuk informasi mengenai karakter Persona 5 lainnya dan Persona awal mereka, bisa kalian simak kembali melalui artikel kami sebelumnya di sini.

Kehidupan Pelajar Persona-5-Terbaru-4

Shibuya yang selalu crowded...

Kehidupan Pelajar Jepang Masa Kini. Siang Sekolah, Malam Menjadi Pencuri!

Kehidupan Pelajar Jepang Masa Kini! Gambar Persona 5, Foto Persona 5, Persona 5 Terbaru, Persona Terbaru, Persona 5 Release Date, Download Persona 5
Baca Juga

Persona 5 mengisahkan petualangan sekelompok anak muda yang menyebut diri mereka Phantom Thieves. Dari namanya, memang mengesankan karakter kalian di sini adalah pencuri. Namun sebelumnya telah disebutkan jika konsep ceritanya terfokus pada “mencuri hati,” yang dilakukan dengan cara memasuki hati seseorang secara diam-diam layaknya seorang pencuri. Disebut “Heart’s Phantom Thieves,” kelompok karakter kalian memperingatkan pada target untuk mengakui kejahatan mereka dan berubah, dan mereka bertindak untuk mencuri “hati yang jahat” dari “para orang dewasa yang jahat” untuk mengubah dunia yang mereka anggap telah bobrok.

Kehidupan Pelajar Persona-5-Terbaru-1

Persona-5-4

Fokusnya terletak pada diri sang protagonis, pelajar SMU tahun kedua, yang kehilangan komunikasi dengan kehidupan sebelumnya. Karena mulai Musim Semi (atau saat tahun ajaran baru di Jepang) dia belajar di sekolah yang baru, Shujin Academy, dan bertemu dengan banyak teman-teman baru pula. Dia kini menetap di sebuah kedai kopi yang dimiliki kenalan orang tuanya, dan nantinya kafe ini menjadi semacam markas karakter dan teman-temannya.

Petunjuk ada fitur hubungan sosial antar karakternya...

Kalian bisa chat dengan karakter lainnya di dalam game.

Di tengah lingkungan sekolah dia akan menjumpai banyak kejadian, dan merasakan keseharian sekolah SMU melalui mata seorang murid. Sistem kalender (terlihat jelas pada sisi kiri-atas pada beberapa screenshot) serta perubahan cuaca dari prekuelnya juga kembali di sini. Kemudian munculnya menu Cooperation dalam salah satu adegan, atau bisa kalian lihat pada screenshot di atas, kalian bisa mengakses aplikasi chat melalui smartphone, mengindikasikan itu adalah pengganti sistem Social Link dari prekuelnya, yang melibatkan aktivitas saling berinteraksi dengan teman untuk membina hubungan dekat dengan mereka.

Persona-5-8

Kehidupan Pelajar Persona-5-Terbaru-2

Persona-5-Terbaru-7Persona-5-Terbaru-8

Musuh tidak harus dihadapi...

Dungeon-nya random, namun ada setting khusus yang memang fix, serta ada gimmick dimana karakter bisa menerapkan kemampuannya dalam mencuri.


SHARE
Previous articlePersona 5 Dirilis Tepat di Hari Valentine! Jaga Hati Kalian, Jangan Sampai Tergoda!
Next articleHowl of the Ravager, DLC Celestian Tales yang Jadi Prekuel Game Utamanya!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.