Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!

Siapa saja sih kira-kira hacker paling berbahaya dalam sejarah dunia? Inilah lima nama yang harus kamu kenali!

Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!

Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!

Sumber: [outbound_link text="Null-Byte" link="http://null-byte.wonderhowto.com/how-to/advice-from-real-hacker-protect-yourself-from-being-hacked-0157218/"]

Siapa saja sih kira-kira hacker paling berbahaya dalam sejarah dunia? Inilah lima nama yang harus kamu kenali!


[page_break no="1" title="Kevin Mitnick"]


Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!Aktivitas Kevin Mitnick terjadi di sejak akhir tahun 70an hingga 90an, sebelum internet modern. Dia mulai melakukan peretasan sejak umur 13, yang memungkinkan dia menumpang bus di banyak area Los Angeles. Dia lalu membobol jaringan sejumlah perusahaan besar seperti IBM, Nokia, dan Motorolla. Tak heran kalau dia adalah salah satu hacker paling dicari sepanjang sejarah.

Namun setelah bebas dan dinyatakan bersih, Mitnick justru beralih menjadi konsultan keamanan untuk FBI dan berbagai perusahaan besar. Kamu bisa melihat gambaran usaha baru Mitnick ini di situs resmi [outbound_link text="Mitnick Security" link="https://www.mitnicksecurity.com/"].

Karena Mitnick sudah tobat, bahkan beralih menjadi musuh hacker, jangan melakukan tindakan bodoh seperti meminta bantuannya meretas situs. Kamu hanya akan cari masalah.

Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!

Mitnick juga cukup berpengaruh, hingga ada karakter dari game Vampire the Masquerade: Bloodlines yang memiliki namanya. Tentunya, Mitnick vampir ini pun hacker.

Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!


[page_break no="2" title="Gary McKinnon"]


Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah![read_more id="254825"]

Nama selanjutnya di daftar hacker paling berbahaya dalam sejarah ini adalah Gary McKinnon. Pencapaian terbesarnya begitu menakjubkan, hingga hampir terasa seperti berasal dari film-film remaja. Untuk membuktikan eksistensi UFO, McKinnon membobol 97 jaringan militer Amerika sepanjang tahun 2001-2002.

McKinnon sepertinya tidak menemukan yang ia cari, namun ia mendapati kalau jaringan tersebut terlalu mudah dibobol. Dia bahkan sempat meninggalkan pesan yang mengomentari betapa buruknya keamanan jaringan militer Amerika.

Berasal dari Inggris, McKinnon harus diekstradisi ke Amerika untuk diadili atas kejahatannya. Namun Inggris menolak ekstradisi, dan akhirnya tidak menghakimi peretas yang satu ini.

Seperti disampaikan [outbound_link text="BBC" link="http://www.bbc.com/news/technology-28524909"], sekarang McKinnon pun menjalani usaha legal. Ia menjadi konsultan SEO untuk membantu meningkatkan popularitas sebuah situs di mesin pencari.


[page_break no="3" title="Robert Tappan Morris"]


Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!Bila pendapat Morris bisa dipercaya, maka pelaku dari salah satu serangan paling parah dalam sejarah internet melakukan aksinya tanpa sengaja. Robert Morris adalah pencipta dari [outbound_link text="Morris worm" link="https://en.wikipedia.org/wiki/Morris_worm"], salah satu worm pertama di dunia. Morris sebenarnya menciptakan worm ini untuk mengukur besar internet. Bukan sesuatu yang mustahil di tahun 1988. Namun Morris memprogram worm ini terlalu bandel.

Bila mengikuti program awalnya, maka worm ini tak akan menempati komputer yang sama lebih dari sekali. Namun nyatanya, worm ini bisa menumpuk di satu komputer dan membuat proses kerjanya jadi luar biasa lamban. Dalam lima belas jam saja, worm ini sudah dapat menginfeksi dua ribu komputer. Jumlah yang sangat banyak di era itu.


[page_break no="4" title="Owen Walker"]


Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!Dididik home-school sejak umur 13 tahun tidak menghalangi Owen menjadi salah satu hacker paling berbahaya dalam sejarah. Sosok yang satu ini menggunakan waktunya untuk belajar sendiri tentang pemrograman dan enkripsi. Ia kemudian menjadi pemimpin dari organisasi peretas internasional, yang berhasil menyebabkan kerugian senilai 26 juta dolar sepanjang karirnya.

Seperti Kevin Mitnick, Owen sekarang menjadi konsultan keamanan jaringan.


[page_break no="5" title="Adrian Lamo"]


Inilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!Nama terakhir di daftar hacker paling berbahaya ini adalah Adrian Lamo. Dijuluki Homeless Hacker, saat masih aktif, target-target utama Lamo adalah situs besar seperti New York Times, Yahoo!, hingga Microsoft. Ia juga yang bertanggung jawab atas tertangkapnya Bradley Manning (sekarang Chelsea Manning), salah satu sumber dari WikiLeaks.

Di tahun 2002, dalam satu kesempatan Adrian diminta untuk menunjukkan kemampuannya saat ia tampil di NBC Nightly News. Adrian menjawab tantangan itu dengan masuk ke jaringan internal NBC, membuktikan kalau kemampuannya masih tajam walau saat itu seharusnya ia sudah tidak aktif.


Itulah lima nama hacker paling berbahaya di dunia. Ada lagi nama yang belum muncul di daftar ini? Silakan sampaikan di komentar!

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU