Pertarungan Alien Lawan Avenger dalam XCOM 2 Kini Beralih ke PS4 dan Xbox One!

XCOM-2-E3-2016-1

Awalnya dikonfirmasikan hanya untuk PC Windows, Linux dan OS X dan sudah dirilis sejak 5 Februari 2016 lalu, akhirnya kini menjelang ajang Electronic Entertainment Expo (E3 2016) pada 14-16 Juni 2016 besok, kita mendapatkan kabar dari 2K Games dan Firaxis Games selaku pengembang, jika X-COM 2 bakal dirilis juga untuk konsol, tepatnya PlayStation 4 dan Xbox One. Tanggal rilisnya pun juga sudah dipastikan, 6 September 2016 mendatang di Amerika Utara, dan 9 September untuk versi globalnya. 2K Games juga telah membuka sesi pemesanan awalnya, yang salah staunya berupa bundle “Resistance Warrior Pack,” yang dilengkapi opsi kustomisasi tambahan untuk prajurit anti-alien kalian, seperti kostum, penutup kepala, dan juga hiasan war paint di bagian wajah karakter, sekaligus juga “Survivor of the Old War,” rekruitan baru dari XCOM yang akan muncul di dalam barak Avenger.

XCOM-2-E3-2016-2

Selain itu, juga akan ada “Digital Deluxe Edition” yang bisa dipesan dalam waktu dekat ini, yang dilengkapi dengan “Reinforcement Pack,” sebuah koleksi tiga konten DLC. Jika versi standarnya bisa dibeli dengan harga sekitar Rp530 ribuan, untuk bundle fan service tersebut belum diungkapkan berapa harganya. Berikut detail isi ketiga konten DLC-nya.

  • Anarchy’s Children – Konten bertema pemberontakan ini berisi lebih dari 100 kustomisasi eksotis baru untuk keseluruhan armor prajurit XCOM kalian. Murni kosmetik dan tidak memiliki efek khusus bagi mereka. Konten ini langsung tersedia ketika gamenya dirilis.
  • Alien Hunters – Mengubah para prajurit XCOM menjadi pasukan pemburu alien elit, dengan senjata dan armor yang lebih canggih untuk menghadapi alien baru yang akan memburu pasukan kalian di sepanjang campaign. Selain itu juga disisipkan tambahan konten kosmetik untuk para prajurit dan unit Avenger kalian, termasuk di sana misi epik dimana Central Officer Bradford, salah satu karakter dari prekuelnya, memimpin pasukan dan diarahkan seorang teman lama. Konten ini langsung tersedia ketika gamenya dirilis.
  • Shen’s Last Gift – Konten ini memberi kalian kelas prajurit baru dengan senjata upgradable yang unik, armor dan fitur kustomisasi yang berbeda, serta ada misi dan peta baru. Konten ini langsung tersedia ketika gamenya dirilis.

XCOM 2 – Console Announcement Trailer | PS4

Game ini mengambil setting 20 tahun setelah event yang terjadi dalam XCOM: Enemy Unknown, dimana saat itu umat manusia telah kalah dalam peperangan melawan ancaman alien, yang kini berhasil membentuk tatanan dunia baru. Bahkan organisasi XCOM kini dianggap tidak ada, namun sebagai organisasi perlawanan bawah tanah, harus menyerang kembali untuk mendapatkan kendali atas Bumi dan membebaskan manusia dari aturan alien. Dengan demikian kini perannya berbalik, kalian mengendalikan unit XCOM yang menyerang, dan para alien, mereka bertahan.

XCOM-2-E3-2016-4

Bumi Dikuasai Alien, Harapan Terakhir Pada Avenger Membangkitkan Pasukan XCOM 2!

Bakal banyak para prajurit Avenger yang tewas di sini! Dan kematian mereka bakal permanen!!
Baca Juga

Hanya saja karena keadaan Bumi yang telah dikuasai musuh, maka perjuangan XCOM juga sulit, dengan sumber daya yang terbatas, harus terus-menerus menghindari ancaman alien yang memburu markas bergerak mereka (pesawat besar dalam trailer di atas). Kalian mengendalikan komandan Avenger, bertarung melawan alien menggunakan kombinasi senjata api dan taktik stealth, seiring XCOM merekruit prajurit baru dan membangun jaringan perlawanan melawan alien, mengungkapkan rencana jahat alien, serta membebaskan umat manusia.

Gameplay XCOM 2 juga dipertahankan, masih turn-based tactic. Kalian mengendalikan komandan Avenger, markas bergerak XCOM. Dan kalian berperan penting memberi perintah pada pasukan di lapangan, bertarung melawan alien selama misi, sembari juga memberi perintah pada para engineer dan departemen research di markas Avenger untuk meneliti dan menciptakan gadget, senjata dan teknologi yang lebih baik yang bisa mendukung pasukan selama pertarungan.

XCOM-2-E3-2016-6

Kalian mendapatkan prajurit dengan merekruit selama permainan. Setiap class soldier memiliki skill tree dan ability mereka sendiri. Misalnya, class Grenadier bisa mengakses pelontar granat dan juga peledak, sedangkan Ranger dilengkapi senjata melee seperti pedang. Armor dan weapon bisa diteliti dan ditingkatkan kemampuannya selama di markas Avenger. Setiap lingkungan dalam misi bakal dipengaruhi kondisi dunia, sedangkan map-nya dusuguhkan secara random agar memberi kesan banyaknya variasi. Seperti medan dan bangunan yang kalian temui dari setiap permainan pasti berbeda.

XCOM-2-E3-2016-3

Ketika kalian memulai misi, pasukan tidak akan terdeteksi musuh. Kalian bisa menempatkan mereka di posisi yang tersembunyi, agar mereka bisa merencanakan dengan baik bagaimana perlawanan pada musuh, atau bahkan menyerang tiba-tiba. Dan karena fokusnya juga stealth, kalian bukan hanya bisa menyelesaikan misi secara frontal dan ramai, namun juga diam-diam, tanpa menimbulkan banyak keributan. Musuh yang berhasil dilumpuhkan bisa dijarah perlengkapannya untuk mendapatkan weapon, upgrade part dan beragam artifak lainnya.

Selain tipikal senjata jarak jauh dan jarak dekat, kalian bisa juga meng-hack persenjataan musuh, seperti menara penembak, dan menggunakannya berbalik untuk menyerang musuh. Kemudian juga membawa satu elemen XCOM: Enemy Unknown, prajurit kalian bisa terbunuh di tengah misi, permanen, namun tubuh mereka bisa dibawa kembali ke extraction agar masih bisa menyimpan equipment. Namun jika prajurit tersebut kalian perlukan, tidak ada cara selain meninggalkan dulu misi tersebut. Serupa dengan masalah tersebut, jika prajurit kalian terluka parah, dan diperboolehkan meninggalkan misi, kalian perlu membawa prajurit ke extraction dimana mereka bakal dipulihkan.

XCOM-2-E3-2016-5

Dari Cuma Bikin Mod, Gamer Ini Digandeng Firaxis untuk Kembangkan XCOM 2!

Kamu suka bikin mod game-game kesayanganmu? Teruskan hobimu, karena siapa tahu ada developer yang tertarik dan merekrutmu seperti kisah yang satu ini!
Baca Juga

Dibandingkan prekuelnya, dan karena keadaan Bumi saat ini, maka akan ada lebih banyak misi yang ritmenya cepat. Pertarungan XCOM 2 sendiri juga dibuat lebih cepat dari sebelumnya, seperti dengan adanya misi meminta kalian menyerang satu titik, dan kemudian sesegera miuungkin kabur. Struktur misinya juga berbeda dibandingkan game XCOM sebelumnya, karena untuk pertama kalinya dalam XCOM 2, kalian juga ditugasi menyelesaikan objective kedua.

Kemudian mengenai kustomisasi, XCOM 2 masih melanjutkan fitur tersebut dari XCOM: Enemy Unknown, dimana prajurit bisa dikustomisasi kepribadian dan nama mereka, kemudian jenis kelamin, dan kebangsaan mereka, demikian juga seragam atau kostum prajurit tersebut bisa diubah. Itu untuk prajurit kalian, sedangkan untuk alien, Firaxis Games juga memberikan lebih banyak tipe musuh untuk sekuelnya  ini.


SHARE
Previous articleInilah Lima Hacker Paling Berbahaya dalam Sejarah!
Next articlePertandingan Sepak Bola antara Selebriti Korea VS Timnas Indonesia akan Segera Digelar di Bekasi
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.