Dukung Developer Indie, EA Perkenalkan Program EA Originals!

EA Originals

Kamu developer indie dan punya game menarik yang tengah dikembangkan? Siapkan dengan baik, karena EA memiliki program EA Originals yang bisa membantumu selama pengembangan, perilisan hingga pemasaran game-mu nantinya!

Selama menggelar konferensi pers E3 2016 tadi pagi (13 Juni 2016) WIB, EA bukan hanya mengkonfirmasikan detail untuk game-game AAA yang tengah mereka kembangkan. Perkembangan developer indie yang pesat di dunia membuat EA akhirnya ikut “melirik” dan mengkonfirmasikan satu program khusus yang diberi nama EA Originals! Apa sih sebenarnya program EA Originals ini?

Singkatnya, EA Originals adalah sebuah program dimana EA akan menggandeng developer indie dan membimbing mereka selama pengembangan game hingga game-nya jadi dan dirilis ke pasaran. Ada tiga hal yang menjadi fokus EA dalam program ini, dan ketiga-tiganya sudah dijabarkan oleh Patrick Söderlund, Executive Vice President dari EA Studios. Pertama, EA Originals akan fokus untuk menghadirkan sebuah pengalaman game yang unik, baru, inovatif. Jadi, game indie yang ingin bekerja sama dengan EA melalui program ini harus benar-benar beda dari game yang sudah ada sekarang ini.

EA Originals

Kedua, melalui program ini EA ingin mendukung developer kecil dan membantu mereka dalam mengembangkan game. Setiap tahun, EA akan mencari beberapa game untuk digandeng dan dibimbing selama proses pengembangan, hingga proses publishing dan marketingnya. Dan ketiga adalah masalah funding. Yap, developer indie yang mendapatkan kesempatan dalam program ini akan mendapatkan pendanaan dari EA. EA menganggap ini sebagai investasi akan lahirnya properti intelektual (IP) baru dari developer indie tersebut. Meskipun mendapatkan pendanaan dari EA, namun IP tersebut masih akan menjadi milik sang developer.

EA Originals

EA pun memperkenalkan satu game perdana yang lahir dari EA Originals ini, yaitu sebuah game action platformer berjudul Fe yang dikembangkan oleh developer asal Swedia, Zoink Games. Fe mengisahkan sesosok kurcaci yang tidak tahu apa yang harus dia lakukan di dunia. Namun dia mendapatkan bantuan dari tanaman dan hewan di sekitarnya untuk menemukan tujuan hidupnya. Kamu bisa menyimak trailer perdana dari Fe di bawah ini.

Sayangnya, EA masih belum mengkonfirmasikan apa syarat-syarat dari developer indie jika ingin bergabung dengan program ini dan juga bagaimana caranya. Melihat apa yang dilakukan EA ini tentu kita berharap langkah ini nantinya juga akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan besar dunia lainnya.

Sumber: EA