Xbox Play Anywhere, Cukup Beli Game Sekali Bisa Main di Xbox One dan PC!

Xbox Play Anywhere

Cukup beli satu game, kamu bisa main di dua platform berbeda dengan Xbox Play Anywhere ini!

Dari sekian banyak informasi yang dibeberkan Microsoft dalam konferensi pers E3 2016 mereka, mungkin detail dari Xbox Play Anywhere ini adalah salah satu yang paling menarik. Yap, Xbox Play Anywhere adalah sebuah fitur baru dari Xbox yang memungkinkanmu bermain game Xbox One bukan cuma di konsolnya saja, melainkan juga di PC tanpa perlu membeli kopi game-nya lagi!

Bagaimana bisa? Contohnya kamu ingin membeli kopi game Gears of War 4 di Xbox One. Nah, suatu saat kamu ingin melanjutkan permainan di PC Windows 10 yang ada di kantormu. Nah, Xbox Play Anywhere ini memungkinkanmu melakukan hal tersebut, tanpa kamu harus membeli kopi game Gears of War 4 lagi di PC. Singkatnya, cukup membeli satu kopi game (baik versi Xbox One maupun Windows 10), kamu sudah bisa memainkannya di dua platform berbeda.

Program ini terdengar sedikit mirip dengan fungsi Cross Buy yang pernah dikonfirmasikan oleh Sony. Bukan cuma bisa bermain di dua platform berbeda, melainkan kamu bisa melakukan sharing save data antar dua platform tersebut. Jadi kamu bisa menyimpan permainanmu di Xbox One, lantas melanjutkan progress-nya di PC Windows 10 saat kamu sedang tidak berada di rumah. Bukan cuma progress-nya saja, achievement pun juga bisa diakses di dua platform tersebut.

Gears of War 4 akan menjadi game pertama yang akan mendukung fitur Xbox Play Anywhere ini. Selain Gears of War 4, Microsoft mengkonfirmasikan delapan game lain yang juga mendapatkan fitur ini antara lain:

  • Dead Rising 4
  • Sea of Thieves
  • Forza Horizon 3
  • Scalebound
  • State of Decay 2
  • Halo Wars 2
  • Recore
  • Crackdown 3
Xbox Play Anywhere
Gears of War 4

Tentu saja, daftar di atas akan terus bertambah di waktu mendatang. Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah game mendukung fitur Xbox Play Anywhere ini? Tenang saja, karena Microsoft akan memberikan tanda khusus di setiap game yang mendukung fitur ini. Oiya, jika kamu membeli DLC game yang mendukung Xbox Play Anywhere ini, kamu juga bisa menggunakan dan memainkannya di Xbox One dan PC. Cukup hanya sekali beli saja! Tapi ingat, kamu tidak bisa memainkan game di dua platform tersebut secara bersamaan.

Xbox Play Anywhere ini hanya diimplementasikan untuk game yang dijual secara digital, baik di Xbox Store, Windows Store atau menggunakan kode yang kamu dapat ketika membeli di retailer. Tidak berlaku untuk game yang kamu beli secara fisik. Untuk informasi lebih jelas mengenai fitur ini, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resminya.

Sumber: Xbox