5 Film Horor Indonesia Ini Bikin The Conjuring Enggak Ada Apa-Apanya

film horor indonesia

Review The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist – Siap Menjerit dari Menit Pertama

Bukan untuk kalian yang cemen, film The Conjuring 2 siap "menghajarmu" dari menit pertama!
Baca Juga

Pada masanya film horor Indonesia sempat menjadi salah satu genre paling disukai masyarakat. Para sineas Indonesia berlomba-lomba untuk menciptakan film horor dengan kualitas yang menyeraman. Tak hanya didukung oleh akting yang hebat, jalan ceritanya pun diambil dari mitos-mitos  mistis yang ada di sekitar sehingga penonton dapat merasakan kisah horor yang disajikan. Bahkan ketika itu film horor Indonesia mampu mengimbangi film-film horor buatan Hollywood dari segi kualitas dan kuantitas.

Nah andai kamu penyuka genre film ini, enggak ada salahnya untuk menonton 5 film horor Indonesia yang enggak kalah seram dengan The Conjuring:

1

Jelangkung


film horor indonesiaMengusung tema ritual mistis kuno yang disebut Jelangkung, film ini sangat sukses menarik penikmat film horor Indonesia. Meskipun lewat biaya produksi yang seadanya, namun film Jelangkung mampu memberikan sensasi berbeda dibanding film-film horor lainnya. Dengan total penonton mencapai 5,7 penonton, membuat film yang dirilis tahun 2001 ini sebagai film horor tersukses. Tak heran Film Jelangkung dibuatkan sekuel berjudul Tusuk Jelangkung dan Jelangkung 3.


2

Kuntilanak


film horor indonesiaMengisahkan Samantha (Jullia Estele) yang tinggal di rumah kost angker karena sering terjadi penampakan setan kuntilanak di balik sebuah pohon besar. Banyak hal aneh yang menimpa Samantha, usut punya usut ternyata Samantha memiliki wangsit untuk memanggil Kuntilanak dan takdir itulah yang membawa dirinya ke tempat tersebut. Film besutan Rizal Mantovani ini layak disebut salah satu film horor Indonesia terbaik, terbukti film Kuntilanak sempat mendapat penghargaan Best Scary Scene dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards (MIMA) tahun 2007.


3

Sundel Bolong


Film Sundel Bolong merupakan film horor Indonesia yang tayang perdana tahun 1981. Dibintangi oleh ratu film horor Indonesia yakni Suzanna dan Barry Prima, film ini patut disebut sebagai yang terbaik di eranya. Berkat film ini lah, mitos setan sundel bolong semakin terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.


4

Malam Satu Suro


Sama halnya dengan Sundel Bolong, film Malam Satu Suro juga merupakan film yang dibintangi oleh Suzanna. Dan tentu saja sebagai ratu film horor Indonesia, Suzanna mampu memberikan dimensi berbeda dalam setiap film yang ia bintangi. Uniknya film ini tidak mengambil sudut pandang sang hantu sebagai tokoh antagonis melainkan tokoh protagonis. Film garapan Sisworo Gautama Putra ini layak ditonton bagi orang-orang yang bernyali.


5

Pocong 2


film horor indonesiaFilm horor Indonesia yang dibintangi beberapa artis kenamaan seperti Ringgo Agus Rahman dan Revalina S. Temat nyatanya mampu masuk sebagai film horor yang cukup diperhitungkan. Kemunculan penampakan pocong yang tak terduga dengan tingkat keseraman level tinggi, sanggup membuat kamu yang sedang menonton meloncat dari kursi.

kelima film horor tadi membuktikan jika film horor Indonesia juga tidak kalah seram dibandingkan film-film horor luar negeri seperti The Conjuring. Meskipun sekarang ini film bergenre horor buatan Indonesia sedang mengalami keterpurukan, tapi semoga di kemudian hari kejayaan film-film horor Indonesia mampu kembali menguasai jagat perfilman tanah air. Setuju?