Ternyata Ada Kisah Horor Nyata di Balik The Conjuring 2!

Kisah Nyata The Conjuring 2 - 1

Seperti film sebelumnya, benar-benar ada kisah horor nyata di balik The Conjuring 2. Apakah kejadiannya benar-benar mirip dengan yang ada di film?

Dalam The Conjuring 2, pasangan Warren menghadapi fenomena misterius yang menimpa sebuah keluarga di Inggris. Kalau kamu belum tahu, pasangan Warren memang paranormal nyata yang benar-benar ada. Kasus yang menimpa keluarga Perron di Conjuring pertama pun memang berdasarkan kasus yang mereka hadapi.

Makannya tak heran kalau ada kisah horor nyata di balik The Conjuring 2. Bahkan bisa dibilang, kasus Enfield Poltergeist ini lebih terkenal lagi ketimbang kejadian yang menimpa keluarga Perron di film pertama. Yang sudah menonton filmnya bahkan mungkin masih ingat kalau di akhir film ditunjukkan foto-foto kejadian aslinya, juga rekaman suara hantu.

The Enfield Poltergeist at 284 Green Street, in Enfield, England from 1977 to 1980
The Enfield Poltergeist
at 284 Green Street, in Enfield, England from 1977 to 1980

Di tahun 1977, Peggy Hodgson memanggil polisi ke rumahnya. Dua anaknya melaporkan kalau perabotan di rumah bergerak sendiri, dan ada suara ketukan terdengar di dinding. Dalam penyelidikan, seorang polisi melihat ada kursi yang bergerak sendiri. Si polisi, WPC Carolyn Heeps, sampai mengisi affidavit, surat sumpah, yang menegaskan temuannya ini.

Masalah pun tak berakhir sampai di sana. Salah satu masalah yang diderita oleh keluarga Hodgson adalah saat Janet Hodgson, seorang anak berusia 11 tahun, menjadi medium suara arwah bernama Bill. Dan percaya tidak percaya, fenomena suara Bill ini memang terekam. Kamu bisa mendengarkan rekaman aslinya lewat tautan di bawah.

Ternyata Ada Kisah Horor Nyata di Balik The Conjuring 2!

Seperti film sebelumnya, The Conjuring 2 pun dibuat berdasarkan kisah nyata. Seperti apakah kejadian sesungguhnya? Ini dia penjelasannya, lengkap dengan rekaman suara salah satu arwah!

Abaikan

Bill Wilkins mengakui kalau dia menjadi buta dan mengalami pendarahan. Dia mati saat tertidur di kursi di sudut ruangan. Terry Wilkins, putra dari Bill, lalu mengakui kalau ayahnya memang wafat seperti itu. Jadi kalaupun keluarga Hodgson hanya mengarang untuk mencari sensasi, maka mereka pasti benar-benar sangat rajin untuk menggali info sampai sedemikian rupa.

Janet Hodgson lalu mengatakan kalau suara Bill sepertinya tidak benar-benar berasal dari dirinya. Bill bukan merasukinya, melainkan berbicara dari belakang tubuhnya. Dalam satu kesempatan, mulut Janet diisi air dan ditutup. Meski begitu, suara Bill tetap dapat terdengar.

Enfield Poltergeist - Conjuring 2

6 Film Horor Pendek yang Enggak Kalah Seram dari The Conjuring 2

ada baiknya kamu jug menonton beberapa film horor pendek berdurasi kurang dari 8 menit ini yang tidak kalah seram dengan The Conjuring
Baca Juga

Yang lebih buruk lagi, Bill bukan arwah yang memiliki tujuan jelas, seperti menuntut balas ke pihak tertentu. Bahkan Bill pun mengakui dia meneror keluarga Hodgson hanya karena dia ingin. Karena tujuannya yang tidak jelas, mengusir Bill pun jadi sangat sulit.

Namun, di dunia nyata pun sepertinya sumber kisah horor nyata di balik The Conjuring 2 ini tidak mungkin berasal dari Bill seorang. Aktivitas paranormal yang terjadi sangat beragam, hingga mengganggu tetangga keluarga Hodgson juga. Ada tetangga yang mengaku dilempari barang, atau anaknya ditemukan tidur dalam posisi ganjil.

Di awal-awal gangguan, Peggy mencoba meminta bantuan tetangga laki-lakinya. Namun bahkan pria itu pun melarikan diri begitu melihat mainan dan perabot mulai melayang di sekeliling rumah. Pria itu akhirnya tidak mau kembali lagi.

Seperti kebanyakan aktivitas paranormal, gangguan yang diderita keluarga Hodgson ditanggapi skeptis oleh sejumlah orang. Namun banyak juga yang masih percaya kalau Enfield Poltergeist adalah bukti nyata tentang keberadaan fenomena supernatural di dunia nyata.

Enfield Poltergeist - Real House

Inilah salah satu foto terbaru dari rumah lama keluarga Hodgson, yang terletak di Green Street nomor 284, Enfield, Inggris. Di dunia nyata, masalah Enfield Poltergeist mulai surut dari sana setelah akhirnya Peggy Hodgson meminta bantuan pendeta lokal untuk membersihkan rumahnya di tahun 1978. Setelah Peggy meninggal dunia, anak-anaknya pun pergi dari rumah itu.

Tapi masalahnya ternyata tak berhenti di sana. Ritual dari pendeta mungkin berhasil mengurangi intensitas aktivitas paranormal di rumah keluarga Hodgson, tapi masih ada arwah yang membuat ulah di sana. Keluarga yang menempati rumah ini setelah keluarga Hodgson hanya bertahan sebulan sebelum memutuskan pindah.

Ada yang bilang kalau Enfield Poltergeist hanya rekayasa. Ada juga yang sepenuh hati percaya kalau kejadian horor nyata di balik The Conjuring 2 ini memang asli. Apakah kamu ingin mencari sendiri rumahnya, untuk memastikan?


SHARE
Previous articleTekken 7 Rilis Global Januari 2017, PlayStation dan Xbox Dapatkan Fitur Eksklusif
Next articlePenantian 9 Tahun Berakhir, Ini Dia Jadwal Rilis RESMI The Last Guardian!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.