Finding Dory Pecahkan Rekor Pendapatan Film Animasi!

Finding Dory Rekor Box Office - Dory

Sekali lagi, Disney mendulang sukses. Finding Dory pecahkan rekor pendapatan film animasi, mengalahkan Shrek dan bahkan film Pixar lain!

Sekarang, rekor Pixar tidak secemerlang dulu. Studio yang sempat terkenal bisa rutin menghasilkan film bagus ini sudah membuat beberapa kesalahan. Sebut saja Good Dinosaur, yang sepertinya tidak terlalu bagus karena intervensi berlebihan pihak Disney. Atau Cars dan sekuel-sekuelnya, yang sejak awal lebih terasa sebagai upaya menarik uang merchandise ketimbang membuat film bermutu.

Karenanya, sempat ada pandangan pesimis soal Finding Dory. Mampuhkan Pixar menemukan sihir yang dulu membuat Finding Nemo begitu sukses? Ataukah sekuel ini sama-sama akan berakhir biasa saja, seperti Cars? Atau justru lebih bagus lagi, seperti Toy Story 2 dulu?

Jawabannya: Finding Dory lebih mendekati Toy Story ketimbang Cars.

Trailer Perdana Finding Dory - Dory 2

Trailer Ice Age: Collision Course – Dunia Ice Age akan Kiamat?

Akankah dunia animasi Ice Age berakhir karena kesalahan Scrat, si tupai purba?
Baca Juga

Seperti yang bisa kamu lihat di Box Office Mojo, Finding Dory sukses meraup 136 juta dolar di pasar Amerika Serikat. Itu sangat jauh melampaui Finding Nemo, yang di tahun 2003 lalu “hanya” bisa meraih 70 juta dolar lebih. Pendapatan ini juga cukup untuk membuat Finding Dory pecahkan rekor box office film animasi, mengungguli Shrek yang sempat berjaya di sana. Bila digabung dengan pendapatan internasional, berdasarkan data terbaru, maka seharusnya Finding Dory sudah meraih 186 juta dolar.

Salah satu faktor yang membuat Finding Dory bisa begitu sukses sepertinya adalah respon penonton terhadap film ini. 95% kritikus Amerika yang pendapatnya dihitung di situs Rotten Tomatoes menganggap film ini bagus. Hanya 9 dari 170 review yang berbeda pendapat.

Angka 95% ini mungkin kalah bila dibanding angka fantastis 99% yang diraih Finding Nemo dulu. Tapi tetap saja… 95% review bagus itu adalah sesuatu yang sangat langka di Rotten Tomatoes. Terutama untuk film yang direview ratusan kritikus. Angka seperti ini biasanya hanya untuk film spektakuler seperti The Avengers atau film-film kualitas peraih piala Oscar.

Ini berarti seri Finding dari Pixar ini juga adalah satu dari sedikit judul yang semua filmnya berada di atas 90%. Bahkan film legendaris seperti seri The Dark Knight pun tak bisa sekonsisten itu.

Trailer Perdana Finding Dory - Title

Itu baru tanggapan kritikus. Bagaimana dengan respons dari penonton yang sudah menyaksikan filmnya? Kalau untuk itu, kamu harus konsultasi ke situs Cinemascore yang mencatat tanggapan penonton bioskop terhadap suatu film. Dan tanggapan penonton menurut Cinemascore ternyata sangat kuat, yakni “A.” Dengan kata lain, Finding Dory seharusnya bisa memuaskan penggemar lama sekaligus menarik perhatian penonton baru.

Jadi penasaran untuk menyaksikan film Finding Dory? Seharusnya film ini masih tayang di bioskop-bioskop Indonesia kok. Tapi sekedar info untuk yang baru ingin nonton: jangan langsung pergi setelah filmnya habis. Secara tak terduga, Finding Dory ternyata punya adegan pasca credit. Penasaran seperti apa? Kamu harus lihat sendiri.

 


SHARE
Previous articleAktor Star Trek Anton Yelchin Meninggal Dunia
Next articleDi Game F1 2016 Ini, Kamu Bisa Membalap Sebagai Rio Haryanto!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.