Mighty No.9 Mengecewakan, Inafune: Lebih Baik daripada Tidak Ada!

Mighty No.9

Game yang sempat fenomenal di Kickstarter, Mighty No.9 akhirnya dirilis. Akan tetapi banyak gamer yang kecewa. Lho kenapa?

Mighty No.9 pernah menjadi salah satu proyek game fenomenal saat dikampanyekan di Kickstarter tahun 2013 lalu. Datang dari kreator Mega Man, Mighty No.9 sukses meraup pendapatan kurang lebih US $4 juta dari para backer (pendukung) di Kickstarter. Awalnya dijadwalkan rilis pada tahun 2015, game ini mengalami sejumlah penundaan hingga akhirnya baru resmi dirilis pada 22 Juni 2016 ini.

Apakah dengan beberapa kali penundaan ini membuat Mighty No.9 tampil sempurna dan memuaskan para backer dan juga gamer secara keseluruhan? Ternyata tidak!

Mighty No.9 Steam

Dari segi platform perilisannya pun sudah membuat beberapa gamer kecewa. Game ini rencananya memang dirilis untuk multiplatform secara serentak, akan tetapi sayangnya untuk Mac, Linux dan Xbox 360 perilisannya ditunda untuk sementara waktu. Meskipun Comcept selaku pengembang sudah menawarkan versi Windows PC di Steam sebagai kompensasi penundaan ini, namun tetap ini mengecewakan gamer (khususnya backer Kickstarter game ini) yang memiliki tiga platform tersebut.

Setelah mengecewakan karena penundaan rilis beberapa versi, hal mengecewakan lain kembali dirasakan gamer dan backer yang sudah memainkan game ini. Kali ini lebih fatal lagi, karena gamer dan backer kecewa karena gameplay yang ditawarkan jauuuuh dari janji Comcept selama berkampanye di Kickstarter sebelumnya. Banyak gamer yang menganggap game ini sangat jauh dari Mega Man, padahal game ini sempat digadang-gadang bakal menjadi penerus spiritual game 2D side scrolling legendaris tersebut. Tidak perlu jauh-jauh, beberapa komentar di Steam pun sudah menggambarkan betapa kecewanya gamer terhadap game ini.

Mighty No.9 Steam

Mighty No.9 Steam

Mighty No.9 Steam

Mighty No.9 Steam

Kekecewaan terhadap gameplay ini sebenarnya sudah tercium sejak Comcept merilis trailer gameplay dari game ini sebulan lalu. Mirip dengan apa yang dialami oleh Call of Duty: Infinity Warfare, trailer Mighty No.9 lebih banyak mendapatkan dislike dibandingkan like. Perbandingannya sangat timpang, sekitar 4.400 like dibandingkan 34.000 dislike!

Bukan cuma dari segi gameplay saja yang melenceng jauh dari apa yang sudah dijanjikan. Beberapa backer seperti dikutip dari forum di Steam mengungkapkan bahwa mereka tidak mendapatkan kode DLC sesuai yang dijanjikan selama kampanye Kickstarter. Comcept awalnya menjanjikan para backer dengan 2 kode DLC saat game ini dirilis, satu kode untuk DLC Retro Hero Content dan satu lagi untuk DLC Ray. Namun nyatanya, para backer mendapatkan dua kode untuk DLC yang sama, Retro Hero Content saja. Beruntung untuk masalah ini, Deep Silver sebagai publisher cukup tanggap dan meresponnya lewat Twitter.

Bagaimana tanggapan dari Keiji Inafune sendiri? “Kenyataannya adalah mereka (tim pengembang) sudah mengerahkan segalanya untuk membuat game ini,” ungkap Inafune dalam sebuah livestream saat perilisan game ini. “Tetapi jika semuanya berjalan dengan baik, akan ada sekuel dari game ini. Meskipun tidak sempurna, tentu lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Itulah opini saya,” ungkap Inafune santai.

Bagaimana menurutmu? Bagi yang sudah membeli atau memainkan Mighty No.9, apakah kamu sependapat dengan mayoritas gamer yang menganggap game ini mengecewakan?

Sumber: Steam/Polygon


SHARE
Previous articleBerusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight
Next articleTernyata Outlast II Tidak Seseram Game Pertamanya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.