Dampak Negatif Kacamata VR yang Wajib Kamu Ketahui

Kacamata-VR-murah-1

Teknologi Virtual Reality pada kacamata VR memang asik dan seru, namun jika digunakan secara berlebihan, maka dampak negatif kacamata VR pun mengintai.

Ga Pake Mahal, Ini Dia Pilihan Kacamata VR Murah dengan Harga di Bawah Rp500 Ribu

Saat ini kacamata VR murah banyak ditemui dipasaran, mulai dari yang berbahan kardus hingga berbahan premium dengan harga yang fantastis.
Baca Juga

Sebelum membahas dampak negatif kacamata VR ada baiknya untuk mengenal fungsi dan manfaat yang bisa didapat dari teknologi ini. Virtual Reality merupakan teknologi yang dikembangkan agar bisa berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Alat yang digunakan berupa headgear yang berbentuk kacamata dan tersambung dengan komputer.

Saat ini virtual reality berkembang berupa headgear dengan smartphone sebagai platform atau layar. Dalam perkembangannya juga bermunculan berbagai fitur tambahan seperti  sensor yang mendeteksi pergerakan mata dan treadmills yang khusus digunakan untuk medeteksi pergerakan pengguna, sehingga pengguna dapat bergerak secara bebas di dunia virtual.

Berkat hadirnya fitur sensor pergerakan mata dan treadmills pada kacamata virtual menyebabkan beberapa vendor game mencoba untuk membuat berbagai permainan yang menggunakan teknologi ini. Alasannya, VR membantu para gamer untuk mengeksplorasi permainannya lebih dalam jika dibandingkan komputer dan konsol lainnya.

Beberapa fungsi kacamata virtual reality adalah sebagai berikut:

  • Menonton video 3D
  • Bermain game, tentunya dengan tambahan kontroler eksternal
  • Foto 360
  • Keliling dunia dengan Google Earth.

Tentusaja banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan kacamata VR, diantaranya adalah:

  • Berinteraksi dalam dunia virtual dengan tampilan 3D, sehingga lingkungan tampak sangat nyata
  • Menonton film 3D layaknya di bioskop
  • Bermain game, seakan-akan di dunia nyata
  • Terbang, menembak atau mengeluarkan api dari tangan (tergantung dari game yang dimainkan)
  • Wisata virtual melalui Google Earth.

dampak negatif kacamata VR

Kacamata VR memang menggiurkan, bayangkan jika kita dapat melakukan banyak hal hanya dengan sebuah kacamata, namun sebuah teknologi tentunya memiliki nilai positif-negatifnya. Berikut adalah dampak negatif kacamata VR:

  • Berdasarkan banyak manfaat yang didapat, pengguna akan kecanduan dunia yang diciptakan teknologi VR dibandingkan dunia nyata
  • Saking asiknya, pengguna akan menghabiskan banyak waktu untuk bermain
  • Penggunaan yang terlalu lama dapat mengganggu kesehatan mata
  • Munculnya penyakit Cybersickness. Penyakit ini diderita akibat penggunaan smartphone atau gadget yang berlebihan. Gejala dari penyakit ini adalah pusing, mual, serta mengganggu keseimbangan saat menggunakan gawai. Penyakit ini terjadi saat kita melihat pergerakan layar, namun pergerakan tersebut tidak dirasakan, khususnya saat bermain game balap atau menggulung permukaan layar dengan cepat. Menurut Thomas Stroffregen, yaitu seorang profesor di Universitas Minessota yang melakukan studi Cybersickness menyebutkan bahwa semakin realistis tampilan gambar, maka semakin mudah terserang Cybersicknes
  • Terkadang, pengguna masih merasakan sensasi dunia virtual walaupun sudah berada di dunia nyata.

Teknologi VR memang memiliki banyak dampak bagi setiap orang, maka ada baiknya untuk menggunakan teknologi ini dengan baik dan benar, dan yang terpenting, tidak berlebihan selama menggunakannya.


SHARE
Previous articleMelihat Perubahan Besar Marvel Cinematic Universe Semenjak Film Pertamanya
Next articleNyawa Jinbe Dipertaruhkan di One Piece 830!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.