Karena yang Satu Ini, Main Final Fantasy 15 Bikin Kalian Inget Game Klasiknya!

Final-Fantasy-15-3

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu!

Deretan Trailer Final Fantasy XV Ini Bikin Kalian Jadi Ga Sabar Menunggu! Final Fantasy XV Guide, Final Fantasy XV cheat, download Final Fantasy XV
Baca Juga

Final Fantasy 15 menjadi salah satu game yang paling ditunggu gamer. Game ini pun juga yang paling menyibukkan Square Enix nyaris satu dekade ini sejak tahun 2006, sampai membuat mereka harus menerima dicap sebagai developer PHP, karena tidak juga memberi kepastian kapan game ini bakal dirilis. Dan pada akhir Maret 2016 lalu, melalui event Unpacked mereka memastikan kapan game Final Fantasy dengan masa pengembangan terpanjang ini bakal dirilis, 30 September 2016 mendatang untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Jika kalian setia mengikuti ulasan Duniaku mengenai Final Fantasy 15, pasti tidak pernah melewatkan apa saja yang bisa diharapkan dari game ambisius ini, yang juga mendapatkan versi anime dan CG movie-nya sendiri karena universe ceritanya yang cukup panjang.

Final-Fantasy-XV-14

Terakhir kami sudah mengulas juga mengenai para karakter yang ikut andil memeriahkan versi CG movie Kingsglaive, seperti apa realistisnya dunia fantasi game ini, detail umur dan profil para karakter utamanya, serta informasi mengenai episode kedua versi animenya. Selain itu, selama E3 2016 lalu, Square Enix juga banyak membeberkan detail baru mengenai gameplay salah satu Final Fantasy yang paling ditunggu ini, yang semuanya kami kompilasikan dalam beberapa artikel Final Fantasy 15 (ini bagian keduanya), dihiasi screenshot terbaru yang menjelaskan setiap fiturnya yang baru dirilis kemarin. Setelah sebelumnya kami menyinggung mengenai tampilnya Titan Astral dan juga kebebasan ritme permainan, ulasan yang satu ini lebih terfokus pada sistem pertarungannya.

Final-Fantasy-XV-8

Ssssttt, Kalian Bisa Dapatkan Paket Ultimate Final Fantasy XV Hanya dengan Rp. 30,000!

Ssssttt, Kalian Bisa Dapatkan Paket Ultimate Final Fantasy XV Hanya dengan Rp. 30,000! Download Final Fantasy XV Guide, Final Fantasy XV Cheat, video FFXV
Baca Juga

Selama setengah tahun belakangan, kami sudah mendapatkan petunjuk akan beberapa hal baru yang diterapkan Square Enix untuk gameplay pertarungannya. Seperti di luar pertarungan Square Enix bakal menerapkan semacam warp point untuk membantu karakter langsung teleport ke lokasi yang tinggi. Fitur ini yang kemudian dipatenkan sebagai Shift ini berkaitan dengan sistem pertarungannya (Shift akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya), dengan menempatkan beberapa warp point, karakter bisa bertarung sampai di udara melawan musuh yang terbang, atau boss yang ukurannya jauh lebih besar dari mereka. Mereka yang memainkan demo Platinum yang dirilis beberapa waktu lalu pasti sudah mengenali seperti apa mekanis Shift ini.

Final-Fantasy-15-1

Kemudian masih berhubungan dengan sistem battle-nya, kalian bebas berganti mode pertarungan selama permainan, untuk mengakomodir tipikal pemain yang lebih suka pertarungan frontal penuh strategi, atau gaya bertarung yang santai dalam menyerang. Dengan demikian kalian bisa nyaman dengan gaya bertarung sendiri. Selama presentasi E3 2016 lalu, sang sutradara Hajime Tabata juga mematenkan mode permainan “santai” ini, yang disebut sebagai Wait Mode.

Final-Fantasy-15-2

Wait Mode bisa diaktifkan atau dimatikan kapan saja melalui menu Option. Sejenak mode ini memberi kalian waktu berpikir dan memutuskan apa langkah selanjutnya dengan batasan waktu tunggu Wait Gauge. Selama mode ini, kalian bebas menarget musuh, mengarahkan rapalan sihir, memilih ability rekanmu dan banyak lagi opsi lainnya. Hadirnya Wait Mode yang mengingatkan kembali pada Active Time Battle-nya Final Fantasy klasik ini jelas mempermudah, sekaligus membuka peluang strategi baru untuk gameplay-nya yang memang sudah sangat sarat aksi ini.

Final-Fantasy-XV-26

Satu Lagi Cewek Cantik Seksi Bertambah, Pasti Buat Kalian Pengen Mainin FF15!

Satu Cewek Cantik Seksi Brtambah, Pasti Buat Kalian Pengen Mainin FF15! Guide Final Fantasy XV, guide FFXV, guide F15, video FF15, video Final Fantasy 15
Baca Juga

Dalam dunia Final Fantasy 15 kalian juga akan mengenal adanya dua disiplin ilmu sihir, elemental magic dan ring magic. Ring magic baru bisa digunakan setelah mencapai titik tertentu di tengah cerita, serta hanya oleh pemegang royal ring milik Lucis, yang diwariskan kepada keturunannya. Disebutkan salah satu jenisnya adalah Light magic.

Elemental magic terdiri dari Fire, Blizzard, dan Thunder. Salah satu contohnya sihir api yang dilancarkan Noctis pada Magitek di atas. Serangannya memiliki efek yang bervariasi, berdasarkan kondisi cuaca dan lingkungan. Misalnya, obyek tertentu, termasuk padang rumput, bisa terbakar ketika karakter menggunakan sihir Fire. Kuat, namun dengan efek area yang berisiko juga membakar rekan kalian sendiri. Ketika menggunakan Thunder selama hujan, maka efek kerusakan dan jangkauannya bertambah. Atau jika kalian melancarkan Blizzard di dekat area berair, maka genangan tersebut membeku, berimbas pada gerakan monster (dan karakter tentunya) melambat ketika berada di atas es. Bahkan monster bisa membeku dan tewas jika berada di dalam air membeku.

Salah satu screenshot barunya memperlihatkan Noctis bertarung melawan Magitek Armor... ada hubungan apa dengan Final Fantasy VI?
Salah satu screenshot barunya memperlihatkan Noctis bertarung melawan Magitek Armor… ada hubungan apa dengan Final Fantasy VI?

Elemental magic digambarkan sebagai item. Bukan semacam sihir berbasis item Final Fantasy jadul yang bebas dibeli di toko penyihir, namun Elements eksis pada banyak lokasi di dunia, dan merupakan jenis tenaga dalam dunia Final Fantasy 15 yang bisa kalian kumpulkan, untuk membuat sihir dan menyimpannya sebagai bagian penting inventory. Mereka kemudian juga bisa dipasang sebagai item bersama senjata, dan digunakan selama bertarung.

Jangan sembarangan main api di sini...
Jangan sembarangan main api di sini…

Selain “Luna Maya”, Ini Karakter yang Meriahkan Film Kingsglaive: Final Fantasy XV

Square Enix mulai membocorkan karakter-karakter yang bakal muncul di film Kingsglaive: Final Fantasy XV. Semuanya tak kalah keren dengan Noctis loh!
Baca Juga

Tujuan mengenalkan sistem sihir baru dalam Final Fantasy 15 ini adalah untuk mendorong kalian jenis sihir tertentu di lokasi yang berbeda, dan melihat atau menemukan apa efeknya. Juga disinggung jika sihir Toad kembali di sini, dan musuh bisa saja mengubah Noctis menjadi katak. Bisa ngebayangin, bagaimana jika seorang pangeran ganteng seperti Noctis menjadi seekor katak…

squar enix di tgs 2015

Berhubungan dengan sihir, selama presentasi E3 2016 Tabata juga menjelaskan sebuah sistem yang disebut Magic Synthesis. Kalian bisa mengkustomisasi dan mengatur ability yang akan mereka gunakan. Misalnya, mengkustom rapalan sihir api untuk memberikannya juga efek memulihkan HP. Menggunakan sistem kustomisasi ini, kalian bisa memadukan efek sihir diantara ketiga elemen utama dalam game, Fire, Blizzard, dan Thunder.

Lihat kembali presentasi Tabata untuk sistem Wait Mode dan kustomisasi sihir Final Fantasy 15 melalui video di bawah.

Jika malas melihat presentasi panjangnya, langsung ke bagian yang menjelaskan Wait Mode-nya di bawah:

Jangan ketinggalan dengan informasi mengenai FF XV, buka kembali ulasan kami sebelumnya:


SHARE
Previous articleIndiesche Partij, Pergerakan Gamedev Indonesia yang Siap Ramaikan Event Konsumen!
Next articleIni Kerennya Battle FFXV, Bertarung Menggunakan Fuma Shuriken-nya Sasuke Uchiha
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.