Ini Kerennya Battle FFXV, Bertarung Menggunakan Fuma Shuriken-nya Sasuke Uchiha

Final-Fantasy-XV-16
Menggunakan Shift, kalian bisa lemparkan senjata ke arah musuh dan langsung menyerang / mendekat pada mereka.

Karena yang Satu Ini, Main Final Fantasy 15 Bikin Kalian Inget Game Klasiknya!

Ternyata Final Fantasy XV masih mau berpaling ke masa lalu, dan fitur barunya ini bakal membuatmu jadi inget game klasiknya!
Baca Juga

Final Fantasy 15 menjadi salah satu game yang paling ditunggu gamer. Game ini pun juga yang paling menyibukkan Square Enix nyaris satu dekade ini sejak tahun 2006, sampai membuat mereka harus menerima dicap sebagai developer PHP, karena tidak juga memberi kepastian kapan game ini bakal dirilis. Dan pada akhir Maret 2016 lalu, melalui event Unpacked mereka memastikan kapan game Final Fantasy dengan masa pengembangan terpanjang ini bakal dirilis, 30 September 2016 mendatang untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Jika kalian setia mengikuti ulasan Duniaku mengenai Final Fantasy 15, pasti tidak pernah melewatkan apa saja yang bisa diharapkan dari game ambisius ini, yang juga mendapatkan versi anime dan CG movie-nya sendiri karena universe ceritanya yang cukup panjang.

Final-Fantasy-XV-17
Shift bisa digunakan juga untuk kabur dari pertarungan, cari tempat yang aman.

Final Fantasy XV Memberi Kalian Kebebasan, Bisa To-The-Point, atau Main Lebih Lama

Selain detail pertarungan melawan raksasa TItan, Square Enix membeberkan informasi mengenai ritme permainan dalam Final Fantasy XV.
Baca Juga

Terakhir kami sudah mengulas juga mengenai para karakter yang ikut andil memeriahkan versi CG movie Kingsglaive, seperti apa realistisnya dunia fantasi game ini, detail umur dan profil para karakter utamanya, serta informasi mengenai episode kedua versi animenya. Selain itu, selama E3 2016 lalu, Square Enix juga banyak membeberkan detail baru mengenai gameplay salah satu Final Fantasy yang paling ditunggu ini, yang semuanya kami kompilasikan dalam beberapa artikel Final Fantasy 15 (ini bagian ketiganya), dihiasi screenshot terbaru yang menjelaskan setiap fiturnya yang baru dirilis kemarin. Setelah sebelumnya kami menyinggung mengenai tampilnya Titan Astral dan juga kebebasan ritme permainan, kemudian detail mengenai Wait Mode yang membuat pertarungannya jadi klasik banget, maka kali ini kami perlihatkan lebih detail seperti apa mekanis Shift yang dimiliki Noctis, dan juga senjata yang akan dia gunakan.

Battle / Shift

Final-Fantasy-XV-21

Anggota keluarga kerajaan Lucis mewarisi sebuah ability yang hanya dimiliki anggota keluarga mereka saja. Ability yang disebut Shift ini memungkinkan mereka bergerak dengan cara warping, atau berpindah tempat dengan cepat. Walaupun ability ini bebas kalian lakukan selama pertarungan, namun tetap saja membutuhkan MP.

Map Shift

Selama pertarungan, kalian bisa melempar senjata dan langsung berpindah tempat ke titik dimana senjata tersebut mendarat. Tidak semua tempat, atau obyek bisa dijadikan lokasi pijakan Shift ini, hanya yang ditandai dengan ikon saja, kemudian Shift bisa dilancarkan langsung dengan hanya menekan tombol. Kalian bisa menggunakan Shift untuk berlindung dari serangan musuh di tempat yang tinggi, sekaligus juga mencari aman jika terdesak dan memulihkan HP serta MP.

FFXV

Shift Break

Noctis juga bisa melakukan Shift ke arah musuh yang dikunci targetnya, dan langsung menyerang mereka.

Final-Fantasy-XV-15


Mekanis Pertarungan yang Ga Ribet


Final-Fantasy-XV-24

5 Hal Inilah yang Membuat Noctis Mirip Sasuke Uchiha

Setelah kalah dari Naruto dan gagal menjadi Hokage, Sasuke Uchiha justru menjadi pangeran kerajaan... Ini buktinya jika karakter Final Fantasy XV, Noctis, tidak lain adalah Sasuke dari serial Naruto.
Baca Juga

Seperti yang sudah kerap didemokan Square Enix sebelumnya, pertarungan Final Fantasy 15 ini memang bernuansa action, lebih terkesan Kingdom Hearts-nya, kecuali kalian aktifkan Wait Mode. Karakter otomatis akan menyerang dengan satu tekanan tombol, atau bisa juga menahannya. Karakter juga bebas gonta-ganti senjata di tengah pertarungan. Mereka akan terus menyerang jika kalian tetap menekan dan menahan tombol serangan.

Terkait berganti senjata, sebelum pertarungan kalian bisa mengatur senjata apa saja yang siap untuk digunakan, sehingga bisa dengan mudah bisa diganti hanya dengan menekan tombol d-pad. Mengganti senjata krusial di tengah pertarungan, karena ada musuh yang lebih efektif diserang dengan senjata tertentu. Beberapa tipe senjata yang diungkapkan kemarin oleh Square Enix diantaranya sebagai berikut:

One-handed Sword

Final-Fantasy-XV-14

Ringan dan memberi gerakan yang cepat pada karakter, sehingga serangan bisa terus dirangkai untuk menekan musuh. Mudah diginakan, dan dibuat khusus untuk menunjang manuver.

Great Sword

Final-Fantasy-XV-13

Bertolak belakang dengan one-handed sword, yang satu ini besar dan berat. Berimbas pada gerakan karakter yang melambat, meskipun dengan sekali ayun beberapa musuh bisa dijangkau dengan damage yang besar.

Dagger

Final-Fantasy-XV-12

Kalian yang suka menyerang dengan dua senjata di tangan dengan kecepata tinggi bisa mencoba yang satu ini. Meskipun damage-nya terkecil dibandingkan senjata lainnya, namun gerakan karakter juga makin gesit dengan senjata ini dibandingkan lainnya.

Spear

Final-Fantasy-XV-28Memang ada Dragoon dalam Final Fantasy 15 ini, namun sayangnya dia berada di sisi musuh. Kalian bisa seakan-akan menjadi Dragoon dengan senjata ini. Bentuknya yang panjang memberi daya jangkauan yang baik. Serangan Shift Break juga membuat karakter seperti seorang dengan job legendaris Final Fantasy, seorang Dragoon.

Shield

Final-Fantasy-XV-27

Ini menjadi pelengkap one-handed sword. Memungkinkan karakter mendapat pertahanan lebih dari serangan musuh, sekaligus berguna untuk menembus kuda-kuda musuh.

Magic

Final-Fantasy-XV-26

Seperti yang kami ulas sebelumnya, sihir seperti Fire dianggap sebagai item, atau senjata dalam Final Fantasy 15. Ya, sedikit keluar dari pakem serial ini memang. Kalian melancarkannya dengan melemparkan senjata berbentuk bola sihir ke arah musuh untuk mendapatkan serangan elemen yang diinginkan.

Phantom Sword / Shuriken

Final-Fantasy-XV-25

Ini senjata yang sempat bikin heboh dan menjadikan Noctis mirip Sasuke Uchiha dari serial anime Naruto Shippuden. Kalian bisa menggunakan shuriken berukuran besar yang digenggam dengan dua tangan, dan senjata ini juga bisa digunakan untuk menyerang dari jarak jauh. Sayangnya, itu membutuhkan MP

Jangan ketinggalan dengan informasi mengenai FF XV, buka kembali ulasan kami sebelumnya:


SHARE
Previous articleKarena yang Satu Ini, Main Final Fantasy 15 Bikin Kalian Inget Game Klasiknya!
Next articleSatu Kesalahan Fatal yang Tidak Akan Terulang dalam Guardians of the Galaxy Vol.2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.