Cafe Jamban yang Menawarkan Sensasi Makan dari WC Jongkok. Berani Mencoba?

cafe jamban

Di era modern seperti sekarang, di mana persaingan semakin ketat membuat orang-orang dituntut harus selalu kreatif dan inovatif dalam melakukan sesuatu. Namun apa jadinya jika ide kreatif dan inovatif itu malah mendapatkan sambutan negatif dari banyak orang. Seperti yang terjadi beberapa hari belakangan ini, netizen dihebohkan oleh sebuah cafe yang ngusung konsep aneh dan unik yakni cafe Jamban.

Hidangan yang terdapat di cafe ini memang sama dengan cafe-cafe biasanya, namun yang membedakan adalah konsep yang disajikan. Sama seperti namaya, cafe ini menciptakan suasana toilet sebagai tema utamanya. Alih-alih menggunakan piring dan gelas, para pengunjung akan disuguhkan beragam makanan dan minuman yang disajikan dengan kloset jongkok. Bangku yang disediakan Cafe Jamban pun tidak seperti cafe biasanya, karena pengunjung akan mendapatkan toilet duduk sebagai bangkunya.

Kemunculan Cafe Jamban mulai mendapatkan perhatian netizen ketika akun facebook KICK ANDY SHOW membagikan posting beserta foto tentang cafe tersebut. Sontak saja dalam waktu sekejap, ratusan komentar bermunculan menanggapi cafe yang ngusung konsep unik dan nyentrik tersebut. Seperti biasanya, Mayoritas netizen menyuarakan nada-nada negatif terkait cafe yang terletak di kota Semarang tersebut.

“Udah kebayang duluan seperti wc mampet ga manusiawi kalo menurut saya. Itu tempat buang hajat bukan tempat makanan kalo anak balita di ajak makan di situ dan ketika pulang ke rumah melihat tempat makan nya ada di toilet dan membawa makanan nya ke toilet dan memasukan nya ke toilet apa yang terjadi ? balita dalam fase meniru apa yang dia lihat. hati hati aja,” ujar akun Fifit Khansa Naya.

“Baru kali ini saya kehilangan respek dg acara KICK ANDY SHOW. mengangkat tema yang bagi beberapa orang mungkin memaklumi, tapi bagi saya (maaf) ‘Kurang Pantas’,” sebut akun Shilo Budiyanto.

cafe jamban 1

Namun di balik tanggapan negatif dari netizen, ternyata ada tujuan mulia dari pendirian Cafe Jamban. Menurut Budi Laksono, selaku pendiri cafe ini mengungkapkan bahwa Cafe Jamban adalah bagian dari gerakan WC4ALL di Jawa Tengah. WC4ALL merupakan gerakan sosial yang mengupayakan pembangunan jamban untuk warga — kerap disebut jambanisasi. Program itu dikerjakan Yayasan Wahana Bakti Sejahtera, yang dimotori Budi. Dimaksudkan dengan pendirian cafe ini, mampu mendorong masyarakat lebih peduli terhadap pembangunan jamban yang ada di daerah-daerah pelosok.

Budi pun menegaskan bahwa Cafe Jamban miliknya dijamin bersih dan steril. “Cafe di sini makanan dijamin steril. Tidak seperti makanan di sekitar kita yang ditinggal lalat dan debu,” tulis akun Facebook Budi Laksono (6 Mei 2016).

Sebanarnya cafe jamban bukanlah cafe berkonsep toilet pertama yang pernah ada. Di Moskow, Rusia ada sebuah cafe bernama Crazy Toilet Cafe yang ngusung tema serupa.

Kamu sendiri apakah berani mencoba untuk makan di Cafe Jamban tersebut?


SHARE
Previous articleTahukah Kamu? Nemo dan Ikan-Ikan Finding Dory Ternyata dari Indonesia!
Next articleVideo Baru Fantastic Beasts ini Perlihatkan Sekolah Sihir Amerika!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca