Mengenal Lebih Jauh Sepak Bola Islandia Lewat 5 Fakta Berikut Ini

iceland vs englandPiala Eropa 2016 kembali memunculkan kejutan. Tak tanggung-tanggung, kejutan ini diberikan oleh negara kecil bernama Islandia yang di luar akal sehat mampu mempecundangi Inggris yang katanya adalah negara penemu olahraga sepak bola. Tentunya banyak yang mengira Inggris akan dengan mudah memenangkan pertandingan. Dilihat dari susunan skuat dan sejarah pun Inggris memang layak diunggulkan. Namun seperti sebuah pepatah “bola itu bundar”, tak ada yang mustahil di sepakbola dan Islandia mampu membuktikannya.

Kalau kamu penasaran dan ingin mengenal lebih jauh tentang sepak bola Islandia, berikut Duniaku rangkum beberapa fakta unik negara Islandia yang wajib kamu tahu.

1

Negara Terkecil yang Berpartisipasi di Piala Eropa 2016


islandiaUntuk pertama kalinya, Islandia mampu lolos ke sebuah turnamen besar sekelas Piala Eropa. Debutnya di Piala Eropa 2016, menjadikan mereka sebagai negara dengan luas terkecil yang pernah berpartisipasi di Piala Eropa. Meskipun luasnya hanya 39.769 mi2 namun tidak menyurutkan semangat anak asuh Heimir Hallgrímsson dalam bertanding.


2

Hanya Memiliki Jumlah Penduduk 331 Ribu Orang


penduduk islandiaDengan luas negara hanya 39.769 mi2, menjadikan penduduk Islandia tidak terlalu banyak. Menurut catatan Bank Dunia pada tahun 2013, penduduk negara Nordik ini hanya berjumlah 323.002 orang. Jika ingin membandingkan, Kota Jakarta saja memiliki jumlah penduduk sebanyak 9,6 juta orang. Artinya jumlah penduduk Jakarta 30 kali dari jumlah penduduk Islandia. Namun dengan sumber daya yang terbatas tersebut, mereka bisa mencari 22 pemian sepak bola handal yang mampu mengalahkan negara Inggris yang diperkuat bintang-bintang kelas dunia.


3

Nama Belakangnya Berakhiran Son


islandia skuadJika kamu memperhatikan nama para pemain Islandia di Piala Eropa 2016, pasti akan menyadari kalau hampir semua nama pemain berakhiran Son. Ini dikarenakan di sana nama belakangnya menggunakan nama yang sama dengan orang tuanya kemudian ditambah imbuhan Son. Misalnya seperti Gylfi Sigurdsson yang nama belakangnya diambil dari nama depan sang ayah Sigurdur Adalsteinsson, lalu ditambahkan Son.


4

Suporter yang Fanatik


suporter islandiaSalah satu faktor kenapa Islandia mampu tampil baik pada Piala Eropa 2016 mungkin karena dukungan para suporter yang spartan. Setiap kali tim mereka bertanding, para suporter yang menggunakan warna biru khas Jersey negaranya tiada henti menyanyikan yel-yel untuk menyemangati Eidur Gudjohnsen dkk. Salah satu yang paling diingat tentu saja selebrasi para pemain dan suporternya pasca pertandingan melawan Inggris.


5

Mampu Mengalahkan Negara-Negara Kuat


islandia menang lawan belandaSebenarnya Islandia memiliki catatan bagus dalam beberapa pertandingan terakhir. Bahkan negara-negara besar dan punya sejarah panjang di dunia sepak bola pun bisa mereka kalahkan. Sebut saja Republik Ceko, Turki dan Belanda yang dikalahkan di babak kualifikasi Piala Eropa. Dan yang paling terkini tentu saja kemenangan heroik ketika mengalahkan Timnas Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Nah sekarang kamu sudah tahu lebih banyak dong mengenani negara Islandia. Dan bukan tak mungkin setelah mampu mengalahkan Timnas Inggris, negara Nordik ini bisa melangkah jauh dan bahkan menjadi juara Piala Eropa edisi kali ini.


SHARE
Previous articleStreet Fighter V Makin HOT, Kini Karakter Bisa Bertarung Hanya Pakai Bikini!
Next articleGunakan Nama Sebagai ID, Gamer Bernama Jihad Ini Di-Banned PSN
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca